Cara Menampilkan Layar Smartphone di PC dengan Mudah

Share:
Cara Menampilkan Layar Smartphone di PC dengan Mudah
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara menampilkan layar smartphone pada PC atau laptop kalian. Penasaran?, ayo ikuti pembahasannya di bawah ini.


SCRCPY

Memproyeksikan atau menampilkan layar smartphone di PC atau laptop disebut dengan mirroring. Salah satu aplikasi yang akan kita gunakan adalah Scrcpy. Scrcpy adalah alat mirroring layar Android open-source gratis yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol Android di PC(melalui USB dan nirkabel), bahkan tanpa menginstal aplikasi apa pun.

Alat ini didukung oleh Windows, macOS, dan Linux. Fitur terbesar Scrcpy adalah tingkat latensinya yang rendah yaitu 35 dan 70ms. Scrcpy sepenuhnya gratis, termasuk semua fitur yang diperlukan seperti berbagi file, mengubah resolusi, merekam layar, mengklik tangkapan layar, dan banyak lagi. Karena Scrcpy tidak perlu diinstal, Scrcpy juga merupakan salah satu aplikasi mirror teraman untuk Android.

Bagi para android dan IOS developer aplikasi ini bisa jadi alternatif untuk menggantikan emulator di PC atau laptop kalian. Fiturnya yang ringan dan latensinya yang rendah membuat pengembangan aplikasi android dan IOS menjadi lebih mudah.

Cara Menggunakan Scrcpy

1. Silahkan download dan install ADB(android device bridge) terlebih dahulu di link berikut ini link

2. Download aplikasi Scrcpy di link berikut ini link, lalu ekstrak file.

3. Hidupkan pengaturan USB debugging pada opsi pengembang di perangkat android kalian.

Cara Mirroring Smartphone di PC
USB Debug Mode in Redmi Note 9


Mungkin setiap merk smartphone memiliki cara yang berbeda-beda untuk menghidupkan usb debugging. Kalian bisa mencari tahu cara melakukan USB debugging dengan mudah di internet sesuai dengan merk dan tipe smartphone yang kalian pakai. Pada tutorial kali ini saya menggunakan ponsel xiaomi redmi note 9.

4. Koneksikan perangkat ke PC kalian melalui kabel USB.

5. Izinkan USB Debugging confirmation pada smartphone kalian.

6. Masuk ke folder Scrcpy yang sudah kalian ekstrak, lalu jalankan aplikasi Scrcpy.

Mirroring Android di Laptop
Jalankan Aplikasi Scrcpy



7. Tunggu sejenak, maka PC kalian otomatis menampilkan layar smartphone

Screen Mirroring Android di PC
Hasil Akhir



Bagiamana cukup mudah bukan?, ok sekian tutorial kita kali ini tentang cara menampilkan layar smartphone di PC atau laptop. Semoga bermanfaat, jika ada kesulitan silahkan tanya langsung di kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik