Biografi Steve Jobs Pendiri Perusahaan Apple

Share:
Biografi Steve Jobs Pendiri Perusahaan Apple
Siapa sih yang tak mengenal tokoh bisnis dan penemu di Amerika Serikat yaitu Steven Paul Jobs atau yang populer dengan nama Steve Jobs ini. Pria kelahiran San Francisco, California, Amerika Serikat pada tanggal 24 Februari 1955 ini adalah salah satu founder perusahaan Apple Computer yang selanjutnya menjelma menjadi Apple Inc. Jobs merancang, mengembangkan serta memasarkan salah satu komputer pribadi pertama yakni seri Apple II didampingi oleh Steve Wozniak, Mike Markkula dan lain-lain.

Steve Jobs juga termasuk salah seorang yang pertama kali menyadari potensi pengomersialkan antarmuka pengguna grafis atau graphical user interface dan juga mouse yang awalnya dikembangkan di Palo Alto Research Center oleh PARC Xerox yang kemudian diterapkan pada Apple Macintosh.


Profil Singkat Steve Jobs


Nama Lengkap : Steve Paul Jobs

Lahir: 24 Februari 1955, San Fransisco, California Amerika, Serikat

Meninggal: 5 Oktober 2011, Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Ayah: Abdulfattah Jandali

Ibu: Joanne Carole Schieble

Ayah Angkat: Paul Reinhold Jobs

Ibu Angkat: Clara Hagopian Jobs

Nama Pasangan: Laurene Powell Jobs

Anak:

Lisa Brennan-Jobs

Reed Jobs

Eve Jobs

Erin Siena Jobs

Agama : Buddha




Biografi Steve Jobs

Beliau dilahirkan di San Francisco California Amerika Serikat tepatnya pada tanggal 24 Februari 1955. Ayah kandungnya bernama Abdulfattah Jandali dan merupakan seorang sarjana asal Suriah yang lalu menjadi profesor Ilmu politik. Sementara ibunya adalah Joanne Simpson seorang sarjana kebangsaan Amerika Serikat yang menjadi patalog bahasa wicara. Jobs juga memiliki seorang adik kandung, yakni novelis Mona Simpson.

Steve Jobs Headshot 2010-CROP (cropped 2)
Steve Jobs

Steve Jobs yang terlahir dengan nama Abdul Lateef Jandali, karena diadopsi oleh pasangan Reinhold serta Clara Jobs (nee Hagopian) asal Maintain View, California Amerika Serikat maka namanya pun kemudian dirubah menjadi Steven Paul. Di usianya yang masih balita, Steve kecil kemudian diajak orang tua angkatnya pindah ke Santa Clara Country atau Silicon Valley. Ditempat yang baru ini, pasangan Reinhold dan Clara kemudian mengadopsi seorang bayi perempuan bernama Patti.

Cupertino Junior High school dan Homestead High school di daerah Cupertino, California adalah tempat dimana Jobs menuntut ilmu. Jobs bahkan terdaftar di kelas elektronik yang terpopuler di sekolah tersebut. Di sekolah inilah, kemampuan Steve Jobs berkembang dengan pesat, Ia kemudian bertemu dengan Steve Wozniak yang ternyata juga mempunyai minat yang sama dengan Jobs dalam bidang elektronik.

Jobs dan Steve Wozniak memiliki pekerjaan part time sebagai pengajar di Hewlett Packard Company di Palo Alto, California yang dilakukannya setelah jam sekolah usai.

Jobs lulus dari homestead high school pada tahun 1972 dan masuk ke Reed college di Portland, Oregon. Namun Ia hanya bertahan satu semester saja karena drop out. Ia lalu melanjutkan audit kelas di Reed seperti kelas kaligrafi. Jobs pernah berkata"jika aku tidak menghadiri kuliah tunggal di perguruan tinggi itu, maka Mac tidak akan memiliki beragam huruf cetak ataupun huruf dengan spasi sejajar".

Jobs kembali ke California di tahun 1974, tepat di saat musim gugur. Lalu Ia dan Wonziak mulai menghadiri pertemuan Homebrew Computer Club disana. Jobs memilih pekerjaan sebagai teknisi di perusahaan pembuat permainan video populer, Atari. Tujuan utamanya bekerja disana semata-mata hanya untuk mengumpulkan uang untuk dipakai melakukan perjalanan spiritual ke India.

Bersama Daniel Kottke, rekannya di Reed college dulu Jobs melakukan perjalanan spiritualnya ke India. Jobs lalu menganut agama Buddha,saat pulang, kepalanya telah dicukur dan memakai pakaian tradisional India. Disaat itu, Jobs sedang melakukan eksperimen dengan obat psikedelik dan menyebut pengalaman LSD-nya sebagai"satu dari dua atau tiga hal terpenting yang pernah dilakukan dalam hidupnya. Steve Jobs lalu menikahi seorang wanita bernama Laurene Powell di tahun 1991 dan memiliki 4 orang anak.


Berdirinya Apple Computer

Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne ketiganya mendirikan perusahaan Apple dengan nama Apple Computer co di tahun 1976. Pendanaannya bersumber dari Mark Markkula Jr, seorang manajer pemasaran produk dan teknisi semi- pensiun Intel A.C.

Apple park cupertino 2019
Apple Park 2019

Steve Jobs dan Steve Wozniak, keduanya sudah berteman selama bertahun-tahun sebelum akhirnya sepakat mendirikan Apple secara bersama-sama. Pertemuan mereka terjadi di tahun 1971, saat itu teman mereka Bill Fernandez yang mengenalkan mereka masing-masing.

Meski baru berusia 16 tahun, namun Jobs berusaha membuat Wozniak yang kala itu telah berusia 21 tertarik untuk merakit komputer dan menjualnya. Ketika Apple terus berkembang dan meluas, eksekutif berpengalaman direkrut untuk membantu mengelola ekspansinya.

Apple I adalah komputer pertama yang diperkenalkan oleh Jobs dan Wozniak. Kemudian di tahun 1977, Apple II diperkenalkan oleh Jobs dan Wozniak ke publik. Dan setelah diperkenalkan, penjualan Apple II berkembang dengan pesat. Apple Computer co selanjutnya memperkenalkan Apple III di tahun 1980, namun respon publik tidak sebaik saat Apple II diperkenalkan.

Karena Apple Computer semakin berkembang, perusahaan lalu mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur jalannya perkembangan perusahaan. Di tahun 1983, untuk memimpin perusahaan Apple Computer, Steve Jobs memutuskan merekrut Jhon Sculley dari perusahaan Pepsi-cola.

Ditahun yang sama, Apple Lisa yang berteknologi canggih dan termasuk sangat maju diperkenalkan sebagai produk baru perusahaan mereka, namun ternyata Apple Lisa gagal di pasaran.

Perusahaan Apple ditahun 1984 kembali memperkenalkan produk komputer terbaru mereka yaitu Macintosh, komputer generasi pertama yang sukses dijual kepasaran dengan dilengkapi fitur antarmuka pengguna grafis. Mac sendiri dicetuskan pengembangannya oleh Jef Raskin dan tim. Mereka menggunakan teknologi yang tidak dikembangkan oelh Apple, seperti di Xerox's PARC. Jobs kemudian mengambil alih pengembangan Mac, dan membuat Apple menelantarkan Apple II. Mac sendiri masih terus mengembangkan produksinya bahkan hingga saat ini.

Namun seiring berjalannya waktu, Jobs menemukan banyak hal yang tidak sejalan antara dirinya dan Sculley. Ditambah dengan adanya penurunan penjualan di seluruh industri menjelang akhir tahun 1984 yang berakibat tidak harmonisnya hubungan keduanya. Di tahun 1985, Sculley mendepak Steve Jobs dari perusahaan Apple.


NeXT Computer Dan kembali Ke Apple

Setelah hengkang dari Apple, Jobs membangun NeXT Computer, sebuah perusahaan yang bergerak dalam pengembangan software komputer. Namun meskipun dilengkapi dengan teknologi yang tergolong sangat canggih di waktu itu, NeXT Computer nyatanya bernasib sama dengan Apple Lisa, kurang diminati pengguna dipasaran.

NeXT logo
Next Logo

Ditahun 1996, Apple mengakuisisi NeXT seharga USD 402 juta yang otomatis pula menarik kembali Jobs ke perusahaan yang dulu didirikannya tersebut.

Setelah kepergian Gil Amelio ditahun 1997, Jobs bersama rekan satu timnya kembali mengembangkan komputer dengan teknologi canggih yaitu Macintosh, hingga kini pun brand Apple Mac ini tetap terus dikembangkan.

Banyak sekali teknologi NeXT yang dipakai untuk pengembangan Apple, khusus nya NeXTSTEP yang berkembang menjadi Mac OS X setelah NeXT Computer dibeli oleh perusahaan Apple. Dengan bimbingan Jobs juga, penjualan menjadi meningkat setelah iMac diluncurkan. iMac sendiri adalah komputer pertama yang dijual secara komersial dengan mengutamakan penampilan.

Jobs akhirnya mengundurkan diri sebagai CEO Apple pada Agustus 2011, tetapi Jobs tetap akan menjabat sebagai ketua dewan di perusahaan tersebut. Pengumuman pengunduran diri Jobs ini membuat saham Apple Inc turun sebesar 5% dalam trade pasca penutupan. Penurunan ini relatif kecil, bila dibandingkan dengan kepentingan Jobs pada Apple.


Steve Jobs Meninggal Dunia

Dalam beberapa tahun, kondisi kesehatan jobs terus menurun. Jobs melakukan cuti medis terhitung Januari 2011. Namun akhirnya, setelah bergelut dengan penyakit kanker pankreasnya, pada 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal dunia tepatnya di California dalam usia 56 tahun. Pemakaman dilakukan secara tertutup dan sederhana pada 7 Oktober 2011.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi