Apa itu Software Testing, Jenis dan Teknik Software Testing

Share:
Apa itu Software Testing, Jenis dan Teknik Software Testing
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas apa itu software testing. Bagi yang ingin belajar system development, software testing wajib untuk dipelajari. Penasaran?, ayo ikuti pembahasannya di bawah ini.



Software Testing

Pengujian perangkat lunak dapat diartikan sebagai proses verifikasi dan validasi bahwa perangkat lunak atau aplikasi bebas dari bug atau error, memenuhi persyaratan teknis sesuai arahan desain dan perancangan yang dibuat oleh analis, dan memenuhi kebutuhan pengguna secara efektif.

Proses pengujian perangkat lunak bertujuan tidak hanya untuk menemukan kesalahan pada perangkat lunak yang ada, tetapi juga untuk menemukan cara untuk meningkatkan performa perangkat lunak, agar lebih efektif dan efisien.

Software testing adalah bagian yang sangat penting dalam rangkaian pengembangan sistem. Alasannya karena sistem harus kuat, efektif, efisisen, sesuai kebutuhan dan tidak mudah diserang. Ini semua terkait dengan pengalaman pengguna. Jika pengguna tidak terbantu dan bahkan aplikasi sulit digunakan maka pengguna akan beralih ke aplikasi lain, hal ini tentu sangat merugikan bisnis.


Pengujian Perangkat Lunak Diklasifikasikan Menjadi 2 Jenis

1. Pengujian Manual: yaitu pengujian perangkat lunak tanpa menggunakan alat otomatis atau skrip apa pun. Dalam tipe ini, penguji berperan sebagai pengguna akhir dan menguji perangkat lunak untuk mengidentifikasi perilaku atau bug yang tidak diharapkan.

Penguji membuat rencana pengujian, kasus pengujian, atau skenario pengujian dan biasanya disusun pada sebuah task list. Task list ini akan dicoba satu persatu secara manual dan di-checklist jika sudah lolos uji coba. Pengujian manual juga mencakup pengujian eksplorasi, karena penguji menjelajahi perangkat lunak untuk mengidentifikasi kesalahan di dalamnya.

2. Pengujian Otomatis: Pengujian otomatis, adalah pengujian perangkat lunak dengan menggunakan bantuan tools atau scrip dalam pengujiannya. Meski otomatis, tahapan, kasus dan sekenario harus dipersiapkan terlebih dahulu. Automation Testing digunakan untuk menjalankan kembali skenario pengujian yang dilakukan secara manual, cepat, dan berulang.

Pengujian otomatisasi juga digunakan untuk menguji aplikasi dari sudut pandang beban dan kinerja. Ini meningkatkan cakupan pengujian, meningkatkan akurasi, dan menghemat waktu dan uang dibandingkan dengan pengujian manual.


Teknik Pengujian Perangkat Lunak Diklasifikasikan Menjadi 2 Kategori

1. Black Box Testing: Teknik pengujian di mana penguji tidak memiliki akses ke kode sumber perangkat lunak dan dilakukan pada antarmuka perangkat lunak tanpa memperhatikan struktur logika internal perangkat lunak. Singkatnya, black box testing adalah pengujian perangkat lunak secara langsung dengan mencoba dan melihat aplikasi yang digunakan. Contoh pengujian ini : mencoba mendaftar, mencoba login, mencoba mengisi data, dan aktivitas lainnya yang biasa dicoba oleh pengguna akhir.

2. White Box Testing: Teknik pengujian di mana penguji mengetahui cara kerja internal produk, memiliki akses ke kode sumbernya, dan dilakukan dengan memastikan bahwa semua operasi internal dilakukan sesuai dengan spesifikasi yang diketahui. White box testing akan memeriksa desain dan proses alur yang telah ditulis pada diagram sebelumnya. Ini bertujuan agar sistem yang dibangun sesuai dengan alur yang dibuat.

White box testing berbeda dengan black box testing, dimana black box testing tidak mengetahui script dan hanya mencoba aplikasi secara langsung layaknya pengguna akhir. White box testing juga bertujuan untuk memeriksa efisiensi dari script yang ditulis agar script lebih mudah dibaca dan di-maintenance. Contoh pengujian ini: Pengujian looping, pengujian validasi, pengujian terstruktur, pengujian skenario kasus, pengujian if else case, pengujian alur proses dari tahap ke tahap berikutnya.


ok sekian artikel kali ini tentang apa itu software testing, jenis dan teknik pada software testing. Semoga bermanfaat. Jika ada yang perlu didiskusikan silahkan tanya langsung di kolom komentar atau tanya di fanspage sahretech. Sekian dan terima kasih.  

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik