Tips Membuat Video Animasi dan Rekomendasi Aplikasi Pembuat Animasi

Share:
Tips Membuat Video Animasi dan Rekomendasi Aplikasi Pembuat Animasi
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Untuk sekedar mengisi waktu luang atau menyalurkan hobi, membuat video animasi bisa menjadi pilihan yang tepat. Video animasi bisa sebagai sarana menampilkan konten menarik di channel YouTube seorang Youtuber. Video animasi juga sangat bagus dipakai sebagai sarana branding dan untuk mendongkrak keperluan konversi penjualan bisnis.

Layaknya sebuah iklan di televisi, tampilan audio visual dari video animasi yang sangat menarik akan secara otomatis melekat di ingatan audiens. Video animasi pembelajaran adalah salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar anak-anak dengan video animasi lucu dan interaktif. Selain video animasi pembelajaran, kalian dapat menggunakan video animasi presentasi untuk menggaet pelanggan potensial agar lebih tertarik.



Pengertian Video Animasi

Gambar bergerak yang berasal dari berbagai kumpulan objek dan disusun secara khusus sehingga akan bergerak sesuai alur semestinya dalam hitungan waktu adalah pengertian dari video animasi itu sendiri. Sementara jenis objek nya sendiri bisa berupa gambar manusia, gambar hewan, tulisan teks, bangunan atau gedung dan lainnya. 

Video animasi juga bisa diartikan sebagai hasil dari pengolahan gambar tangan menjadi gambar yang bergerak secara komputerisasi. Contohnya proses pembuatan tayangan kartun jaman dulu yang menggunakan gambar tangan berlembar-lembar sebelum akhirnya menjadi satu video utuh. 





Cara Membuat Video Animasi

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu terapkan dalam menciptakan sebuah video animasi, yakni sebagai berikut:

1. Susunlah naskah. Kamu harus menentukan apa saja tujuan pembuatan video tersebut, target penonton, pesan yang hendak disampaikan, urutan video, tata bahasa, panjang naskah sampai reaksi apa yang kamu harapkan.

2. Buatlah storyboard, tujuannya untuk memvisualisasikan ide cerita dari naskah-naskah buatan.

3. Pilihlah jenis video animasi yang diinginkan. Apakah berupa animasi 2D, 3D, motion graphics, stop motion, animasi whiteboard, tipografi atau infografik.

4. Buatlah voice over sesuai naskah. Usahakan buatlah voice over terlebih dahulu sebelum animasinya. Hal ini agar nantinya apabila ada kesalahan akan jauh lebih gampang untuk menggantinya dalam bentuk animasi ketimbang voice over.

5. Buatlah video animasi. Kamu bisa memakai sejumlah aplikasi video animasi dengan bantuan perlengkapan komputer khusus.

6. Sisipkan background musik agar terasa lebih menarik. Pastikan efek musik yang diberikan sesuai dengan tema.



Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Animasi

Dibawah ini akan kita bahas beberapa software membuat video animasi yang mungkin juga sudah sangat akrab dengan kegemaran mu dalam meng-kreasikan sesuatu yang bersifat visual. Kamu bisa menciptakan beragam video animasi, seperti video animasi pembelajaran, video animasi presentasi, atau membuat video animasi lucu untuk dijual dan ditonton banyak orang.


1. Pencil2D Animation

Software yang dikenal sangat ramah kepada pemula ini ditujukan untuk menciptakan video animasi 2D di PC atau laptop.


2. Synfig Studio

Synfig Studio ini selain memiliki tampilan user interface yang selalu up-to-date juga memiliki mekanisme yang sangat mudah digunakan untuk membuat video animasi secara praktis.


3. Blender

Blender dibuat khusus untuk menciptakan video animasi dalam bentuk 3D. Dan merupakan aplikasi membuat video animasi gratis pilihan terbaik dengan pilihan fitur mutakhir.


4. Stick Nodes

Stick Nodes adalah aplikasi yang menawarkan banyak fitur menarik buat kamu yang ingin menciptakan video animasi terbaik. Terutama bila ingin menciptakan animasi menggunakan karakter Stickman.


5. FlipaClip

Software ini ditujukan khusus buat kamu para pengguna smartphone yang ingin berkreasi dengan membuat video dalam bentuk animasi. Fitur-fitur yang ditawarkan FlipaClip juga tidak kalah saing dari aplikasi serupa khusus PC.



Tips Membuat Video Animasi

Supaya kamu bisa menghasilkan kreasi video animasi terbaik dan berkualitas, sebaiknya kamu memahami dulu beberapa tips pembuatannya berikut ini:


1. Perhatikan Dasar Animasi Tradisional

Untuk menciptakan sebuah video animasi yang berkualitas, sebaiknya kamu mempelajari secara cermat bagaimana dasar animasi tradisional. Yang merupakan dasar animasi tradisional di antaranya adalah pembuatan naskah, storyboard, ilustrasi, model karakter, sketsa animasi dan gambar frame kunci.

Lalu selanjutnya melakukan pemeriksaan alur gerakan, melengkapi gerakan antara frame kunci, memeriksa alur, merapikan gambar hingga memproses animasi. Setelah hal ini kamu terapkan, dijamin video animasi buatan mu akan sangat bagus.


2. Lakukan Eksperimen

Yang dimaksud dengan eksperimen disini adalah mencoba membuat berbagai macam animasi terlebih dahulu. Contohnya stop motion, animasi gif, menggunakan pojok halaman buku, menggunakan PC, memakai bantuan aplikasi PC dan smartphone hingga mencoba machinima.


3. Tingkatkan Kualitas Animasi

Tips yang terakhir adalah kamu harus terus mencoba meningkatkan kualitas kreasi animasi mu. Berusahalah agar fokus pada bagian ekspresi wajah, penceritaan, sentuhan metode squash and stretch, kolaborasi teori warna, komposisi, bentuk perspektif, 3D, anatomi hingga mengikuti kursus-kursus.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik