Pentingnya Password Manager di Era Internet Saat ini, dan Beberapa Rekomendasi Aplikasi Password Manager

Share:
Pentingnya Password Manager di Era Internet Saat ini, dan Beberapa Rekomendasi Aplikasi Password Manager


Pengertian Password Manager

Sebuah software atau add-ons yang bisa kamu pakai untuk membuat serta menyimpan akun-akun yang kamu miliki adalah pengertian dari Password Manager. Password yg dipakai secara berulang-ulang namun tidak mengandung kombinasi simbol lain akan membuat akun kamu rentan mengalami kejahatan cyber.

Agar terhindar dari Password cracker, kamu harus memiliki Password yang kuat dan minim resiko. Inilah fungsi dari Password Manager, yaitu untuk mengelola semua password akun kamu hingga membuatkan password yang kuat. Kamu tidak perlu bersusah payah untuk mengingat semua password mu, karena software ini umumnya sudah tersedia pada perangkat PC maupun mobie



Keuntungan memakai password manager

⦿ Membuat password yang paling kuat dengan menggunakan kombinasi huruf kapital, kecil, simbol dan angka.

⦿ Penyimpanan password bersifat pribadi dan hanya bisa diakses oleh pemilik master password.

⦿ Tidak sulit untuk melakukan maintenance password karena ada notifikasi peringatan kalau website telah diretas atau password kamu lemah.

⦿ Meningkatkan keamanan akun kamu karena kadang password dengan kombinasi susah terbaca oleh cracker.

⦿ Selain menyimpan password, software ini bisa menyimpan notes rahasia.

⦿ Mempunyai banyak metode untuk login ke akun yang passwordnya tersimpan.

⦿ Satu software namun bisa dipakai di berbagai perangkat dan bahkan ada yang bisa diakses secara offline.



Password Manager terbaik untuk Mengamankan Akun

Saat ini, kejahatan cyber semakin meningkat, jadi tidak ada salahnya bila kamu meningkatkan keamanan akun kamu menggunakan software pengelola password. Berikut ini adalah daftar beberapa password manager terbaik:


1. Lastpass

LastPass tidak sekedar tool untuk menyimpan password saja namun juga bisa dipakai sebagai penyimpan note rahasia. Salah satu fitur unggulan dari Lastpass adalah dark web monitoring. Kamu tau kan bahwa dark web adalah sarangnya para penjahat cyber. Bagaimana bila seandainya data pribadi kamu terlanjur menyebar di dark web dan diperjualbelikan? Dengan adanya fitur dark web monitoring maka kamu akan mendapatkan peringatan agar mengganti data yang riskan tersebut.

LastPass
LastPass



2. 1Password

1Password merupakan software yang cocok untuk kamu yang mencari sebuah software pengelola password yang simpel dan ringkas. Selain mengamankan password kamu, 1Password juga akan memberikan kesempatan kepada kamu untuk menambah lapisan keamanan vaultnya dengan memakai 2 factor authentication. Nilai plusnya lagi, 1Password bisa digunakan oleh berbagai OS seperti Windows, Android, macOS, iOS, bahkan Linux.

1Password
1Password



3. True Key by Intel Security

Kamu akan memperoleh beberapa kemudahan bila memakai True key by Intel security, seperti mengimpor password yang sempat disimpan oleh browser, bisa dipakai tanpa master password namun tetap aman. Dan ini adalah keunggulan dari software ini. Sementara untuk sinkronisasinya, True Key bisa dipakai di beberapa perangkat seperti Windows, macOS, Android dan iOS.

TrueKey
TrueKey



4. Bitwarden

Bitwarden menyediakan tiga jenis paket yaitu gratis, premium, dan family. Versi berbayar ini memberikan hasil analisis dan laporan tentang vault kamu dan 2FA yang lebih canggih. Namun Bitwarden juga memiliki paket gratis yang bisa dipakai untuk menyimpan dan membuat password. Sama halnya dengan software lainnya, Bitwarden juga sangat mudah dipakai karena tampilannya yang user-friendly.

Bitwarden
Bitwarden




5. Dashlane

Untuk bisa menggunakan fitur pada software Dashline ini, kamu harus mengeluarkan sejumlah uang yang lumayan banyak. Namun jumlah uang yang kamu investasikan akan sebanding dengan keamanan akun-akun yang dikelola. Didesain agar mudah digunakan penggunanya, Dashline mematok harga mulai dari 3.99 USD.

Dashlane
Dashlane



Ok sekian artikel kali ini tentang Pentingnya Password Manager di Era Internet Saat ini, dan Beberapa Rekomendasi Aplikasi Password Manager. Semoga bermanfaat. Silahkan kasih comment, dan share ke teman-teman kalian yang membutuhkan. Sekian dan sampai jumpa.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik