Biografi Jack Ma, Pendiri Alibaba, E-Commerce Terbesar di China

Share:
Biografi Jack Ma, Si Pendiri E-Commerce Terbesar di China

Hanya dalam waktu semalam saja, Jack Ma berhasil mendapat pengakuan sebagai orang paling kaya dan menduduki peringkat satu di negeri tirai bambu China. Jadi wajar saja bila kemudian ungkapan From zero to hero kita sematkan pada seorang Jack Ma ini. 

Dulunya, Jack Ma hanyalah seorang yang berprofesi sebagai guru bahasa Inggris saja di negeri China tersebut. Namun sekarang, Jack Ma tidak hanya berpredikat sebagai orang terkaya nomor satu di negeri tirai bambu itu melainkan juga berhasil menduduki peringkat ke 26 dalam urutan orang terkaya di dunia. Semua berkat dari hasil usahanya yaitu Alibaba.com yang sukses meraih keuntungan dalam penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO). 

Pada awalnya, sebelum memutuskan untuk menjadi guru Jack Ma sudah berkali-kali gagal dalam melamar pekerjaan. Total sudah 30 perusahaan yang Ia lamar, namun tak satupun ada yang mau mempekerjakan nya. Bahkan saat melamar menjadi karyawan KFC, dari 24 pelamar Ia menjadi satu-satunya pelamar yang ditolak lamarannya. Karena hal inilah, akhirnya Ia mengubah haluan menjadi guru bahasa Inggris. Karena Jack Ma selain menggunakan bahasa Mandarin juga menguasai bahasa Inggris dengan fasih. 


Kehidupan Jack Ma Pendiri Alibaba.com

Di kenal juga sebagai Ma Yun, Jack Ma lahir pada tanggal 15 Oktober 1964 tepatnya di Hangzhou, provinsi Zhejiang. Pada tahun 1980an itu, Jack Ma tumbuh dilingkungan penduduk yang sederhana dan banyak mengalami permasalahan karena saat itu negara China baru saja membuka diri terhadap bangsa barat. 

Sejak menginjak usia sekolah, Ma kerap ditolak diberbagai sekolahan. Saat ingin masuk SD pun, Ma ditolak hanya karena nilai ujian matematika nya yang dinilai buruk. Untung nya Ma tetap bertahan dan mampu melaluinya, saat usia 12 tahun hingga 20 tahun, Ma mengayuh sepedanya selama 40 menit untuk dapat sampai ke hotel tempat Ia belajar bahasa Inggris.

jack ma motivasi
JD Lasica from Pleasanton, CA, US, CC BY 2.0, via Wikimedia Commons


Karena sudah 8 tahun bergaul dengan turis asing, dan sering mendengarkan cerita- cerita mereka yang sangat bertentangan dengan yang dipelajari Ma disekolah maupun dari buku, pandangan hidup Ma pun berubah. Ia merasa memiliki pikiran yang lebih global dibanding dengan mayoritas penduduk China lainnya. 

Pada tahun 1995, untuk pertama kalinya Ma menggunakan internet dan mencari kata 'beer' dan 'China'. Namun hasilnya nihil, Ia tidak mendapatkan informasi yang dia butuhkan. Karena rasa penasarannya itu, Ma dan seorang temannya kemudian menciptakan laman website untuk jasa terjemahan bahasa China. Dalam waktu beberapa jam saja, Jack banyak menerima email yang bisa dibilang cukup bermanfaat baginya untuk membangun situs tersebut. 


Mendirikan Alibaba.com

Karena faktor kejadian ini, 4 tahun kemudian berdirilah Alibaba Group. Perusahaan Alibaba adalah retailer online terbesar di China dan menduduki peringkat dua dunia setelah Wal-Mart. Siapa yang menyangka, Jack Ma yang dulunya hanyalah seorang guru bahasa Inggris, berhasil mendirikan salah satu perusahaan online terbesar saat ini. Kamu bisa mengunjungi situs resminya di alibaba.com

Profil Jack Ma
sumber: alibaba.com



Alibaba.com, sebagai situs pertamanya adalah tempat pertama yang menjadi penghubung antara eksportir China dengan pembeli luar negeri. Alibaba Group juga mampu menarik minat investor dengan cepat. Bahkan sekarang Alibaba menargetkan untuk mengalahkan situs jual beli online eBay yang bermarkas di Amerika Serikat. Karena kerja keras dan kegigihannya, Taobao Marketplace dan Tmall.com yang merupakan dua situs milik Alibaba ini sekarang sukses mendominasi sistem portal pengiriman China. Ternyata seorang Jack Ma yang tidak memiliki pengetahuan sedikit pun di bidang teknologi serta komputerisasi bisa sukses menjadi pendiri Alibaba Group yang merupakan retailer online terbesar di China. Dan karena kesuksesan bisnisnya tersebut, mantan guru bahasa Inggris ini bisa menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia. 

Lazada adalah salah satu anak perusahaan alibaba di Indonesia. Lazada sudah menjadi pemain lama dan cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Lazada juga hadir di sejumlah negara asia dan menjadi marketplace yang cukup diminati, menyusul beberapa e-commerce lain seperti shopee. Alibaba membeli mengakuisisi lazada pada tahun 2016 dan menggelontorkan dana sebesar 1 millar dollar atau sekitar 14 triliun rupiah.

'Crazy Jack' adalah julukan yang diberikan pengusaha lain kepada Jack Ma karena ide-ide bisnisnya yang super gila dan fantastis. Bahkan tidak seorang pun yang menyangka Jack bisa mewujudkan seluruh ide bisnisnya tersebut. Jack jarang sekali berbicara mengenai kehebatan perusahaan nya. Dia lebih sering membahas mengenai keberhasilan Alibaba dalam menciptakan lapangan kerja, melayani dan membantu banyak konsumen serta masyarakat.

Saat Ma berkunjung ke Sillicon Valley, AS dan melihat bangunan super megah serta mobil-mobil yang berseliweran di jalan, Ia seperti menemukan semangat juangnya untuk menjadi seorang pria sukses.


IPO Alibaba.com dan menjadi milyarder nomor satu di China

Jack Ma telah bergelar miliarder terkaya di China sejak Agustus 2014. Namun kekayaan nya diprediksi akan melonjak saat pelepasan saham perdananya di AS. Dan benar saja, setelah IPO di gelar Alibaba pada bursa saham New York akhir pekan lalu mencetak angka fantastis hingga 38 persen dan menciptakan rekor dunia. Harta Ma bertambah hingga mencapai US$ 26,5 miliar.

anak perusahaan alibaba
N509FZ, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons


Selain menjadi orang terkaya di China, Ma juga menduduki peringkat ke-23 di deretan miliarder dunia. Bahkan Miliarder lain memprediksi bahwa ini hanyalah permulaan saja, harga saham Alibaba yang terus melesat akan menghasilkan pundi-pundi uang yang lebih banyak ke kantong Jack Ma. Karena kepercayaan diri dan semangat yang tinggi inilah yang akhirnya bisa merubah nasib pria muda yang selalu ditolak perusahaan menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia.


ok sekian artikel kita kali ini tentang biografi jack ma si pendiri alibaba. Semoga bermanfaat dan menjadi motivasi bagi kita semua. Sekian, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

#jack ma quotes #jack ma alibaba #jack ma adalah #jack ma motivasi #perusahaan alibaba bergerak di bidang apa #perusahaan alibaba memproduksi apa #profil perusahaan alibaba #porduk alibaba

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik