Tidak Selamanya Manis, Inilah 5 Dampak Buruk dari Kemajuan Teknologi

Share:
Tidak Selamanya Manis, 5 Dampak Buruk dari Kemajuan Teknologi
Halo semuanya. kembali lagi di sahretech. Kamu ngerasa gak sih kalau sesuatu yang dulunya terasa begitu rumit namun sekarang menjadi lebih mudah dan praktis? Ini adalah sisi positif dari sebuah kemajuan teknologi. Dan sebagian besar orang pasti merasa sangat terbantu dengan kemudahan- kemudahan yang dihasilkan oleh teknologi.

Tapi apakah kamu pernah berpikir bahwa dibalik suatu kemajuan teknologi ternyata ada efek negatif atau buruk terhadap seseorang?. Dibawah ini akan kita bahas beberapa dampak buruk dari kemajuan teknologi agar kamu bisa lebih waspada dan tidak terkena dampak yang lebih besar lagi.


1. Kurang Bergerak = Obesitas

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi yang mempermudah aktivitas seseorang bisa membuat orang tersebut menjadi lebih jarang bergerak. Belum lagi karena kemajuan teknologi membuat waktu pengerjaan sesuatu menjadi lebih cepat selesai, sehingga kesempatan seseorang untuk bersantai juga menjadi lebih banyak.

Yang awalnya tubuh harus lebih banyak bergerak menjadi jarang sekali bergerak. Minimnya pergerakan tubuh inilah yang membuat resiko seseorang mengidap obesitas menjadi lebih besar.


2. Generasi Serba Instan

Kemudahan yang ditawarkan teknologi ternyata juga bisa merubah sikap dan sifat seseorang. Sebelum mengenal teknologi, mereka adalah orang yang rajin dan aktif serta pekerja keras . Namun setelah hadirnya teknologi mereka menjadi terbiasa dengan segala sesuatu yang serba instan. Mereka menggunakan teknologi agar bisa meraih sesuatu secara cepat tanpa harus banyak proses dan usaha. Akibatnya bila keinginan mereka tidak sesuai dengan ekspektasi, kemungkinan besar mereka akan merasa gagal dan stress.


3. Hal-hal yang Berbau "Tradisional" Mulai Tergeser

Orang-orang yang biasa berkutat dengan teknologi biasanya beranggapan bahwa sesuatu yang terkesan tradisional adalah kuno dan ketinggalan zaman. Padahal, umumnya sesuatu yang tradisional itu cenderung lebih aman karena tidak tersentuh teknologi apapun.


4. Minimnya Lowongan Pekerjaan

Dengan adanya kemajuan teknologi, usaha-usaha akan lebih diuntungkan karena proses produksi menjadi lebih cepat dengan bantuan mesin, namun penggunaan tenaga manusia menjadi lebih sedikit pula. Segala sesuatu yang harusnya dikerjakan oleh manusia menjadi tergantikan oleh penggunaan mesin, akibatnya lowongan pekerjaan semakin minim dan pengangguran bertambah banyak.


5. Penyalahgunaan Teknologi Semakin Besar

Teknologi bisa di ibaratkan seperti pisau bermata dua. Satu sisi menguntungkan bagi banyak orang sementara disisi lain apabila berada ditangan yang tidak tepat maka akan berdampak buruk.

Kemajuan teknologi yang disalahgunakan akan sangat membahayakan tidak hanya bagi si pengguna sendiri melainkan pada orang lain bahkan lingkungan sekitar dan bisa berakibat fatal.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik