Mengenal Siapa Pendiri Google, Sejarah dan Fakta Menarik Google

Share:
Mengenal Siapa Pendiri Google, Sejarah dan Fakta Menarik Google
Bagi kamu yang terbiasa berselancar di internet, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan si mesin pencarian paling populer dan paling banyak digunakan, ya siapa lagi kalau bukan Google. Apapun informasi yang kamu butuhkan , seolah sudah tersedia di Google dan bisa kamu peroleh dalam waktu yang relatif singkat namun tetap relevan.

Google juga acap kali menyajikan hasil pencarian terkait dari kata kunci utama yang dimasukkan. Pastinya hal ini akan membantu kamu mendapatkan referensi lebih sehubungan dengan informasi yang kamu cari. Tapi, pernah ga sih kamu berpikiran dan penasaran siapa sebenarnya pendiri Google ? Dan bagaimana proses pembuatan serta perkembangannya sampai sekarang ini ?

Supaya kamu ga penasaran dan juga bisa menambah wawasan, kamu artikel kali ini akan membahas tentang sejarah pendiri Google. Mari kita simak.


Siapa Para Pendiri Google?

Jangan kira Google sejak awal sudah menjadi salah satu mesin pencari paling populer di dunia ya. Karena pada kenyataannya, google juga memerlukan waktu yang lama untuk bisa terus berkembang. Google merupakan bukti keberhasilan dari sebuah kerja keras, jiwa wirausaha yang tinggi dan juga rejeki serta keberuntungan pemiliknya pasti.

Sergey Brin & Larry Page
Joi Ito from Inbamura, Japan, CC BY 2.0, via Wikimedia Commons



Google didirikan oleh dua orang laki-laki brilian yaitu Larry page dan Sergey Brin. Saat itu, keduanya berstatus sebagai mahasiswa Pascasarjana doktoral di Kampus Stanford university California, Amerika serikat.

Keduanya bertemu pada tahun 1995 silam dan merupakan cikal bakal berdirinya Google di kemudian hari. Setahun setelahnya, yaitu tahun 1996, Larry page dan Sergey Brin sepakat untuk bekerjasama dan membangun sebuah mesin pencari pertama yang dinamai Back Rub. Pemberian nama ini didapat dari sebuah algoritme yang mana algoritma tersebut membentuk sebuah peringkat berdasarkan banyaknya jumlah backlink dari sebuah halaman atau website.

Larry dan Sergey pertama kali dan selama setahun membuat mesin pencari ini dengan memanfaatkan server yang tersedia di Stanford university. Semakin bertambahnya waktu, tepatnya September 1997 nama mesin pencari tersebut diganti kemudian didaftarkan menjadi Google.com dan secara resmi pula tahun 1997 menjadi awal berdirinya Google.

Pada tahun 1998, tepat setahun Google resmi terdaftar, Larry mulai meluncurkan buletin bulanan. Buletin yang berisi berbagai informasi tentang perusahaan yang ia miliki ini bernama Google Friend Newsletter. Pada akhirnya, buletin ini menjadi salah satu yang menyebabkan ketenaran Google mulai meningkat.

Di awal kemunculannya, Larry dan Sergey mendapatkan suntikan dana investasi yang berasal dari perusahaan Sun Microsystem senilai 13 miliar rupiah atau sekitar US$ 100 ribu. Namun keduanya saat itu masih fokus menciptakan sebuah mesin pencari saja. Lambat laun, Google kemudian menjelma menjadi perusahaan besar dan mempunyai bermacam-macam produk. Saat ini, ada sebagian besar produk Google tersebut yang bisa kita nikmati secara gratis.


Perkembangan Google yang Perlu Diketahui

Perkembangan yang dialami Google termasuk cukup signifikan. Google mulai melakukan ekspansi bisnis dengan memproduksi aneka layanan yang beragam serta mengakuisisi produk lain. Termasuk menawarkan software online. Ada beberapa produk terkait yang ditawarkan oleh google seperti email, google form , google Drive termasuk Google + yang notabene merupakan paket berisi aplikasi tugas dan kantor.

Google Product
All Google Product



Tak hanya sampai disitu, google juga merambah ke bidang lain untuk ekspansinya. Contohnya dengan menyediakan Chrome sebagai browser yang menjelajahi dunia internet. Disediakan pula Snap seed yang merupakan aplikasi mengedit foto sehingga menjadi pelopor dari pengembangan sistem operasi untuk notebook yang dinamai Chromebook. Ada perkembangan menarik lainnya pada Google yaitu terdapat produksi hardware komunikasi.

Sekarang, Google juga memiliki kerja sama dengan produsen elektronik berskala besar untuk meluncurkan perangkat baru bernama Nexus. Google juga mengakuisisi perusahaan Motorola Mobilty pada tahun 2012 lalu. Sampai saat ini, google terus menerus melakukan pengembangan diberbagai macam bidang. Untuk penelusuran informasi itu sendiri, Google sudah berhasil memproses penelusuran lebih dari 1 miliar, angka yang fantastis bukan?


Fakta Menarik Lain Terkait Google

Dibalik keberhasilannya sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia, ternyata Google masih menyimpan banyak fakta menarik lainnya yang tidak kita sangka- sangka. Fakta ini pula mungkin bisa dijadikan sudut pandang dari sisi lain untuk menilai kinerja perusahaan ini. Berikut fakta-fakta nya :

1. Google ternyata menggunakan sistem operasi Android yang dibeli dari seorang Andy Rubin yang menciptakan sistem android tersebut bersama rekan-rekannya. Dulu, di tahun 2004 Andy Rubin pernah menawarkan sistem tersebut kepada Samsung, namun ditolak karena Samsung beranggapan Android tidak mempunyai potensi yang baik.

2. Di tahun 1998, disebuah acara bernama Burning man festival, Google Doodle muncul untuk pertama kalinya dan berhasil menjadi ikon menarik serta sukses menjadi media berkampanye atau peringatan pada isu-isu terbaru yang terjadi di seluruh dunia.

4. Saat baru pertama kali muncul sebagai mesin pencari, kapasitas pemrosesan informasi google hanya sekitar 30 hingga 50 halaman saja, namun kini google bisa memproses jutaan halaman hanya dalam hitungan detik saja.

5. Lebih dari 450 ribu server yang dimilik Google tersebar hampir di seluruh dunia yang membuat kecepatan akses google menjadi begitu tinggi.

6. Bila kamu melihat tampilan google yang terkesan sangat sederhana bahkan cenderung minimalis itu karena dulu Sergey tidak memiliki pengetahuan banyak terkait HTML.


Sekian artikel kali ini tentang Siapa Pendiri Google?, Perkembangan dan Fakta Menarik Google. Semoga bermanfaat. Jika ada yang perlu didiskusikan, silahkan tanya langsung di kolom komentar atau tanya langsung di fanspage sahretech. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik