Kerja Lebih Maksimal Dengan Teknik Podomoro

Share:
Kerja Lebih Maksimal Dengan Teknik Podomoro
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Podomoro technique merupakan salah satu sistem manajemen waktu terpopuler dimasa sekarang, teknik ini ditemukan oleh seorang mahasiswa bernama Francesco Cirillo di tahun 1980. Walaupun sangat populer namun belum tentu cocok dan bisa digunakan oleh semua orang.



Pengertian Podomoro Technique

Podomoro yang berarti tomat dalam bahasa Italia ini, merupakan teknik manajemen waktu yang menawarkan tugas kerja dengan fokus yang maksimal. Membagi durasi waktu untuk mengerjakan sebuah tugas yang disebut dengan window task atau "jendela kerja", dengan interval 25 menit sekali merupakan konsep dari teknik Podomoro ini.

Podomoro Technique
sumber: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/



Intinya, Podomoro teknik mewajibkan kamu agar tetap fokus pada jendela kerja tersebut. Kamu juga harus mengambil short break setelah menyelesaikan satu sesi atau setelah jatah waktu jendela kerja habis. Jeda antara waktu istirahat dan waktu fokus yang dipilih tergantung dari kebutuhan kerja kamu ya. Tapi dengan catatan, waktu fokus tidak boleh lebih pendek dari waktu istirahat.

Podomoro Cycle
sumber: https://alifeofproductivity.com/pomodoro




Meningkatkan Produktivitas Dengan Pomodoro Technique

Cara meningkatkan produktivitas dengan teknik Podomoro adalah sebagai berikut:
  1. Pilih proyek yang ingin kamu selesaikan.
  2. Atur pengatur waktu dengan sebuah timer, jam, atau handphone kamu.
  3. Pilih durasi sesuai kebutuhan mu. Biasanya teknik pomodoro berdurasi 25 atau 30 menit.
  4. Nyalakan timer kamu dan mulailah bekerja.
  5. Bila timer menyala dan berbunyi, ambil short break selama 2 sampai 3 menit.
  6. Setelah selesai break, ulangi semua proses mulai dari awal.
  7. Untuk setiap 4 sesi, ambillah waktu istirahat yang agak lebih lama sekitar 10 – 15 menit.
  8. Catat setiap sesi dengan tanda centang atau X di buku catatan kamu.
Durasi waktu sebetulnya bisa dibuat lebih pendek atau lebih panjang dari durasi umum Podomoro. Disesuaikan dengan kebutuhan mu sendiri. Bila pekerjaan yang sedang kamu kerjakan memerlukan tingkat fokus yang tinggi, maka kamu bisa mencoba durasi 60 menit dan 15 menit durasi break disetiap sesinya.

Teknik Podomoro ini sangat tepat digunakan pada seseorang yang gampang terkena distraksi saat sedang melakukan sebuah tugas. Selain itu, dengan menggunakan teknik ini kamu bisa mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan mu.



Manfaat Pomodoro Technique

Manfaat dari pengaplikasian teknik Podomoro ini adalah:
  1. More focus — Kamu bisa lebih fokus bekerja dan belajar dalam interval waktu yang telah ditentukan dengan timer Podomoro.
  2. Productivity boost — dengan menetapkan rentang waktu yang telah ditentukan, tanpa kamu sadari, kamu telah bekerja secara lebih efektif dan cepat. Sehingga produktivitas kamu meningkatkan.
  3. Limited distraction — teknik pomodoro mewajibkan kamu agar menyisihkan segala distraksi yang ada dalam rentang waktu tersebut.
  4. Faster work — umumnya pekerjaan yang dilakukan melalui teknik pomodoro akan terselesaikan dengan lebih cepat dan efektif.



Aplikasi Podomoro Terbaik

1. Forest: stay focused

Memiliki tema yang sesuai dengan namanya yaitu hutan , saat memakai aplikasi ini kamu akan menanam sebatang pohon yang akan terus tumbuh seiring dengan waktu fokus yang telah ditetapkan. Oleh aplikasi ini, kamu akan dipaksa agar tetap fokus pada pekerjaan yang dikerjakan dengan cara menghilangkan banyak distraksi dari aplikasi lain di ponsel kamu. 

Bila keadaan memaksa mu harus membuka aplikasi lain saat sedang bekerja maka pohon yang tumbuh tadi secara perlahan akan mati dan kamu akan dinyatakan gagal dalam sesi ini. Dan sebaliknya, semakin kamu fokus dan berhasil di semua sesi maka hutanmu akan semakin lebat dan rindang.


2. Focus to do: Podomoro timer & to do list

Aplikasi ini menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang membutuhkan aplikasi manajemen waktu dan to-do list organizer. Menggunakan aplikasi ini, kamu akan mendapatkan timer Pomodoro sekaligus akan diberikan to-do list untuk mengatur waktu sehari-hari. 

Kamu juga akan diberikan laporan yang terperinci tentang semua aktivitas yang sudah terselesaikan beserta waktu yang terpakai. Aplikasi ini memakai data cloud backup sehingga kamu juga bisa melakukan sinkronisasi aplikasi ke beberapa device mu.


Ok, sekian pembahasan kita kali ini tentang cara kerja lebih maksimal, dengan teknik podomoro. Semoga bermanfaat. Share tulisan ini jika bermanfaat, silahkan berikan komentar kalian di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik