Berkenalan dengan Martin Cooper, Si Penemu Telpon Genggam Pertama

Share:
Berkenalan dengan Martin Cooper, Si Penemu Telpon Genggam Pertama
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Saat ini, mayoritas masyarakat pasti setuju bila ada pernyataan bahwa handphone (hp) atau ponsel menjadi salah satu perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. 

Karena pada kenyataannya, baik tua maupun muda, karyawan ataupun pengangguran pasti membutuhkan hp. Lebih- lebih semakin berkembangnya teknologi, perangkat ini pun menjadi semakin canggih dan dilengkapi dengan fitur- fitur yang mempermudah aktivitas penggunanya. Tapi tahukah kamu siapa sosok penemu telepon genggam pertama di dunia ? Mari kita berkenalan dengan beliau lebih dekat .

Di tahun 1972-1973 adalah Martin Marty Cooper atau yang lebih familiar sebagai Martin Cooper, seorang veteran asal Amerika serikat menemukan ponsel untuk pertama kalinya. Di tahun-tahun itu, Cooper dengan anggota tim lainnya merancang dan membangun telepon genggam pertama.

Pria kelahiran Chicago, Illinois, America Serikat 26 Desember 1928 ini merupakan sarjana Teknik Elektro lulusan tahun 1950 dari Illinois institute of technology ( IIT) di Chicago.

Lulus kuliah, Cooper bergabung dengan Angkatan laut AS dan bertugas selama perang Korea berlangsung. Setelah perang usai, Beliau kemudian bergabung dengan sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan peralatan komunikasi yaitu Teletype Corporation di Amerika serikat.

Selanjutnya, di tahun 1954 Cooper bergabung dan memulai berbagai proyek komunikasi nirkabel seperti pembuatan lampu lalu lintas dan radio genggam polisi pertama di Motorola.

Karirnya melejit pesat, dan berhasil membuatnya menjabat sebagai wakil presiden serta direktur penelitian dan pengembangan untuk perusahaannya di tahun 1978 sampai tahun 1983.

Pada tahun 1957, disela-sela waktu bekerjanya, Cooper juga menempuh pendidikan S2 di Illinois institute of technology dan berhasil meraih gelar magister nya. Inilah awal mula Cooper mendapatkan tanggung jawab untuk pengembangan teknologi di perusahaannya.


Penemuan Ide Telepon Genggam

Lalu, Jhon F Mitchell, seorang kepala insinyur dari Motorola di tahun 1970-an memberinya tanggung jawab untuk berada di divisi Carphone atau telepon mobil.

Seiring dengan perkembangan yang terus menerus, Mitchell dan Cooper mulai berimajinasi tentang sebuah produk komunikasi yang kecil serta ringan untuk dijadikan sebagai alat komunikasi portabel.

Martin Cooper, GS200, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons



Mereka berdua menghabiskan waktu selama 90 hari di tahun 1972 untuk menciptakan prototipe pertama realisasi dari ide mereka tersebut. Dan prototipe yang tercipta inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal penemuan telepon genggam pertamanya.


Perkembangan Telepon Genggam

Di tahun 1973 tepatnya tanggal 17 Oktober, Cooper dan Mitchell mengajukan paten atas perkembangan penemuan ponsel pertamanya itu. Lalu pada tahun 1975 Paten yang terdaftar dengan nomor 3906166 itu telah berhasil mendapat persetujuan atas nama mereka.

Selanjutnya lahirlah sebuah produk bernama DynaTac atau Dynamic Adaptive Total Area Coverage dengan berat 1,1kg dan tinggi 23 cm. Dari segi berat dan ukuran jelas ponsel ini jauh lebih besar dari ukuran smartphone di jaman sekarang dan hanya mampu bertahan untuk komunikasi penggunanya selama 35 menit sebelum akhirnya baterainya habis.

Rico Shen, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons



Walaupun gosip yang beredar mengatakan bahwa ide brilian ini muncul setelah Cooper menonton salah satu karakter Star trek yaitu Kapten Kirk menggunakan sebuah alat komunikator. Namun isu itu ditepis oleh Cooper, seperti yang dilansir CBR. Cooper mengatakan bahwa Ia telah lebih dulu mengembangkan teknologi ponsel jauh sebelum Star trek booming pada sebuah wawancara di tahun 2015.

Sejarah lalu mencatatnya sebagai "Bapak Telepon Seluler atas penemuannya tersebut. Dari dekade ke dekade dengan beragam teknologi yang makin canggih, telepon genggam pun berevolusi.

Cooper kemudian memutuskan untuk hengkang dari Motorola dan membuat perusahaan sendiri dengan nama ArrayCom

dan mulai menciptakan alat komunikasi seluler yang lebih efisien. Pada tahun 1995, seiring dengan perkembangan yang terus berlanjut, Cooper menerima penghargaan inovasi teknologi komunikasi dari Wharton Infosys Business Transformation Award.

Berkat penemuan Martin Cooper inilah yang menjadi pionir berbagai smartphone canggih di dunia yang kemudian dilengkapi dengan bermacam fitur mutakhir, baik software ataupun hardware untuk menciptakan pengalaman dan kenyamanan lebih baik bagi para pemakainya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik