Apa itu Phising? Jenis, Ciri dan Cara Menghindari Phising

Share:
Apa itu Phising? Jenis, Ciri dan Cara Menghindari Phising


Apa itu Phising?


Phising adalah suatu cara atau metode dengan melakukan penipuan atau modus mengelabui dan membohongi korban agar si korban mengalami kerugian. Metode Phising bisa dilakukan dengan mengambil data pribadi dari si korban. Data-data yang dicuri biasanya adalah data pribadi berupa nama, alamat, informasi akun lewat id, username dan password, bahkan hingga ke data finansial seperti nomor kartu kredit. 

Sementara bentuk phising ini banyak ragamnya,bisa melalui email, web, spear serta whaling phising. Ciri khusus dari modus phising ini adalah email yang digunakan biasanya memakai domain gratis. Pelaku menyamar sebagai institusi atau seseorang yang bisa kamu percayai kemudian membujuk korbannya dengan iming-iming imbalan atau hadiah2.



Jenis-Jenis Phising

Dibawah ini adalah penjelasan dari jenis-jenis atau bentuk phising:


Email Phising

Phising jenis ini memakai email sebagai media untuk mengelabui korbannya. Caranya, Email gadungan ini dibuat semirip mungkin dengan email aslinya suatu instansi atau lembaga dan dikirimkan secara masif.


Spear Phising

Bila email phising melakukan penyebaran email gadungan secara masif, maka spear phishing mengirimkan email hanya kepada target tertentu saja. Spear Phising hanya bisa dilakukan apabila informasi si korban sudah dikantongi pelaku.


Web Phising

Phishing jenis ini menggunakan website sebagai media menipu korbannya. Jadi modusnya, pelaku akan membuat sebuah website yang nampak sama dalam segi tampilan maupun nama domain dari website resminya. Phising ini disebut juga sebagai Domain spoofing.


Whaling

Cara kerja Phising ini mirip dengan jenis Spear Phising dimana pelaku menargetkan satu orang yang berwenang atau berkedudukan tinggi pada suatu organisasi atau institusi secara spesifik, sehingga keuntungan dari akses yang didapat akan semakin banyak.



Ciri-Ciri Phising

Rata-rata memakai domain email yang gratis seperti @gmail.com atau @yahoo.com. Email berisi sebuah file yang bisa diunduh atau berisi link yang mengarahkan kamu menuju website yang aneh. Pelaku akan meminta korbannya untuk membalas pesan dengan id dan password dengan alasan verifikasi. Pelaku umumnya akan menyamar sebagai orang atau layanan yang kamu percayai. Membujuk korban dengan iming-iming imbalan atau hadiah



Cara Menghindari Phising

Dibawah ini akan kita bahas bagaimana caranya agar kamu tidak menjadi korban dari Phising tersebut:

⦿ Menjaga keamanan email.
⦿ Teliti saat menerima email, seperti nama pengirim email, isi email, dan file atau link yang tercantum di dalam email.
⦿ aktifkan two-factor authentication untuk meningkatkan keamanan akun.
⦿ lebih berhati-hati dan teliti dalam membuka website, seperti memeriksa URL dari website dan jangan membuka link sembarangan.
⦿ waspadalah bila kamu dimintai mengirimkan data-data pribadi mu.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik