Apa itu Enkripsi?, Jenis dan Keuntungan Menggunakan Enkripsi

Share:
Apa itu Enkripsi?, Jenis dan Keuntungan Menggunakan Enkripsi
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Saat sedang membuka aplikasi pesan berbasis online, pasti kamu akan menemukan kata enkripsi. Bingung dan ga tau arti dari kata enkripsi tersebut, mari ikuti penjelasan apa itu enkripsi, jenis dan kelebihan enkripsi.



Apa itu Enkripsi?

Enkripsi atau dalam bahasa Inggris nya Encryption adalah suatu proses untuk membuat susunan secara acak dari teks yang dapat terbaca oleh manusia (human-readable plaintext) menjadi teks yang hanya bisa dimengerti dan terbaca oleh sistem saja dan tidak bisa terbaca oleh manusia (incomprehensible text). Teks yang dihasilkan enkripsi disebut juga sebagai ciphertext.

Enkripsi biasa digunakan untuk pengamanan data yang berbentuk pesan atau informasi. Tujuan nya adalah agar terjaga keamanannya dan mencegah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab mengetahui isi dari pesan yang kamu kirimkan. Apabila ada pihak lain yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengetahui isi pesan kamu, maka yang tampil didepan mereka hanyalah teks acak yang sulit dan tidak bisa dimengerti.

Jangan khawatir, hal ini hanya berlaku untuk pihak yang tidak bertanggung jawab saja, sementara lawan bicaramu tetap akan melihat teks tersebut persis seperti yang kamu kirimkan. Sebelum terkirim, teks kamu tersebut akan melalui sebuah proses yang disebut dekripsi atau decrypt. Proses ini juga yang mengubah teks acak kembali menjadi teks biasa atau plaintext. Dekripsi hanya terjadi jika kamu/ orang memiliki akses untuk melihat data yang ter-enkripsi.



Jenis-jenis Enkripsi

Ada dua jenis enkripsi, yaitu symmetric encryption dan asymmetric encryption: 


Symmetric Encryption

Dikenal juga sebagai secret key encryption, enkripsi jenis ini cuma memakai satu kunci /key saja jadi baik si pengirim maupun penerima pesan mempunyai kunci yang sama persis atau identik.

Artinya si pengirim maupun sistem wajib memberikan kuncinya pada siapa pun yang mempunyai hak untuk mendeskripsikan pesan tersebut. Caesar, Blowfish serta AES (Advanced Encryption Standard) adalah Contoh algoritma yang selalu dipakai oleh enkripsi simetrik.


Asymmetric Encryption

Jenis kedua ini juga disebut sebagai public key encryption. Bila jenis simetrik hanya memakai satu kunci, maka asymmetric memakai dua buah kunci/key yang berbeda namun tetap terhubung. Key ini dikenal juga sebagai public key dan private key.

Keduanya mempunyai peranan yang berbeda-beda, bila public key berperan melakukan enkripsi maka private key berperan sebagai pen-dekripsi. Kedua kunci tersebut dibuat secara berpasangan. Baik pengirim maupun penerima informasi keduanya sama-sama menyimpan satu private key pada masing-masing aplikasi nya. Algoritma Rivest-Shamir-Adleman atau RSA dipakai pada enkripsi asimetris ini. End to end encryption juga merupakan sebutan lain enkripsi jenis ini.



Keuntungan Menggunakan Encryption

Enkripsi sangat penting untuk diterapkan pada setiap aplikasi yang memiliki banyak data sensitif. Enkripsi adalah teknik yang sudah ada sejak dulu dan sampai saat ini tetap digunakan sebagai metode pengaman data agar pencuri data tidak dapat memahami informasi yang ada di dalamnya. Jadi jangankan hacker, operator database sekalipun mungkin tidak tahu apa arti dari setiap data yang dienkripsi tersebut.

Inilah keuntungan enkripsi, yaitu saat seorang hacker berhasil mengambil data dari database aplikasi, mereka memiliki pekerjaan baru, yaitu mendekripsikan data yang telah didapatkan. Semakin sulit enkripsi yang diterapkan, maka semakin sulit hacker untuk mendapatkan informasi rahasia tersebut.



Ok sekian artikel kali ini tentang apa itu enkripsi, jenis dan keuntungan menggunakan enkripsi. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanya di kolom komentar di bawah ini atau tanya langsung di fanspage sahretech. Terima kasih dan sampai jumpa.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik