Apa itu Blog?, Berikut sejarah dan Perkembangannnya di Indonesia

Share:
Apa itu Blog?, Berikut sejarah dan Perkembangannnya di Indonesia
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Kamu sebagai kids jaman now, pasti sudah sangat familiar dengan dunia blog kan ? Saat kamu ingin mendapatkan informasi tentang sesuatu lalu kamu memasukkan keyword pada mesin pencarian Google , maka kamu akan diarahkan ke sekian banyak blog yang membahas tentang informasi tersebut. Semua kemudahan memperoleh informasi ini adalah berkat adanya blog. Lantas, kapan sih blog mulai muncul ? Dan bagaimana sejarah blog bisa berkembang hingga saat ini ?


Pengertian Blog

Menurut pengertian dari Wikipedia, blog ternyata merupakan kependekan dari web log. Sedangkan pengertian blog sendiri adalah sebuah aplikasi web yang berbentuk tulisan dan dikenal sebagai posting , posting atau tulisan inilah yang kemudian ditampilkan di sebuah halaman web. Hampir semua situs blog bisa dimasuki atau diakses pengguna internet dengan bantuan dari mesin penelusuran.


Sejarah Blog

Awal kemunculan blog dimulai pada tahun 1994, dan saat itu nama resminya belum seperti sekarang. Berawal dari seorang Justin Hall yang membuat jurnal pribadi lalu memperkenalkan blog ke internet . Meski tampilan nya sangat sederhana dan hanya menggunakan background putih, namun jurnal ini tetap dimuat secara online pada situs bernama Links.net. Dikemudian hari, Justin Hall diberi gelar atau julukan sebagai The Founding father of personal Blogger.

Selanjutnya di tahun 1997, Jorn Barger memperkenalkan "weblog" yang merupakan penyebutan untuk aktivitas logging to the web. Beliau menjadi orang pertama yang memperkenalkan konsep kronologi weblog berdasarkan waktu postingannya.

Lalu di tahun 1999, Peter Merholz mempopulerkan kata blog yang menurutnya lebih enak diucapkan daripada weblog. Di tahun ini juga variasi blog seperti Xanga, Blogger dan liveJournal mulai bermunculan.

Sejarah dan Perkembangan Blog
Wordpress Editor



Blog mengalami perkembangan secara signifikan pada tahun 2003 karena berbarengan dengan diakuisisinya Blog milik Pyra Labs oleh Google. Di tahun ini juga lahir pesaing Blogger yaitu WordPress, hingga saat ini keduanya tetap eksis di dunia blog.

Namun seiring berjalannya waktu, ternyata perkembangan wordpress lebih unggul dan berhasil merajai dunia blog, setidaknya hampir 50% blogger dunia menggunakan layanan wordpress ini. Sedangkan Blogger hanya memiliki 2% pengguna atau penulis blog saja.

Wordpress juga mengembangkan platformnya dengan layanan yang menguntungkan dan lebih menjanjikan contohnya website basic sampai layanan toko online.


Sejarah Blog di Indonesia

Tidak hanya di dunia, Indonesia juga mengalami demam blog sejalan dengan pesatnya teknologi dan jaringan internet. Pada mulanya, sekitar tahun 1998-2001, mayoritas penulis, menulis blog menggunakan tema jurnal pribadi. Mereka menggunakan tools yang berasal dari liveJournal.com serta blogger.com. mereka juga pada saat itu terkumpul pada mesin penelusuran man.or.id , namun sekarang mesin pencarian ini sudah tidak beroperasi lagi.

Di tahun 2001-2002 , komunitas blogger mulai marak di Indonesia. Jumlah blogger pun meningkat sangat pesat. Setidaknya ada beberapa komunitas yang cukup populer seperti, blogbugs, angkringan di jogjakarta, bbv.or.id dari Bandung serta tukanglenong Jakarta.

Tools yang mereka pakai biasanya adalah blogger.com, MT dan pMachine. Namun isi dari blog mereka rata-rata masih di seputaran jurnal pribadi saja. Setelah 2004 dan hingga sekarang, tema blog mulai mengalami pergeseran, bila dulu temanya adalah jurnal pribadi, sekarang tema umum menjadi yang lebih banyak diminati pengguna internet.

Kemungkinan besar karena penguasaan teknologi lebih modern dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tools dari wordpress dan blogspot menjadi yang lebih banyak dipakai para blogger jaman sekarang.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik