Pengertian OTP, Fungsi, Cara Kerja, dan Modus Penipuan OTP

Share:
Pengertian OTP, Fungsi, Cara Kerja, dan Modus Penipuan OTP
Halo semuanya, kemabali lagi di sahretech. Kamu tau ga sih kalau disetiap kamu akan bertransaksi online pasti kamu akan menerima SMS kode OTP atau one - time - password yang sifatnya rahasia dan tidak boleh diketahui oleh orang lain. Kira-kira apa ya alasan dibalik penting dan rahasia nya sebuah OTP ? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.



Pengertian OTP

One time password atau yang familiar disebut OTP adalah sebuah kode atau sandi verifikasi berbentuk angka atau karakter yang kita dapatkan melalui SMS maupun email dan hanya bisa digunakan sekali saja dan waktu penggunaannya pun tidak lebih dari 2 sampai 5 menit.

Umumnya OTP itu berjumlah 6 angka dan digunakan saat kamu melakukan proses transaksi bank atau autentikasi data login, tapi sekarang OTP juga biasa digunakan saat kamu melakukan proses verifikasi transaksi e commerce atau marketplace dan beberapa aplikasi lainnya untuk menghindari kebocaran dan pencurian data.

kode OTP merupakan bagian dari two factor authentication(2fa), atau keamanan berlapis yang mampu memberikan lapisan proteksi lebih kuat untuk menjaga data kamu lebih aman. Supaya kamu lebih paham lagi, dibawah ini akan kita ringkas karakteristik sebuah Kode OTP, yaitu:

    ⦿ OTP digunakan untuk sekali pakai.
    ⦿ Kode OTP biasanya berisi anga atau karakter acak.
    ⦿ Kode OTP biasanya hanya bisa digunakan dalam waktu yang sangat singkat.
    ⦿ Kode OTP biasanya digunakan untuk proteksi transaksi online.
    ⦿ Kode OTP biasanya dikirim melalui SMS, telpon, atau email.


Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Membuat Web SPA Tanpa Reload dengan Vue Router & Laravel read more
📰 2. Apa itu Vuetify?, dan Bagaimana Cara Menggunakannya pada Vue Js read more
📰 3. Cara Mudah Menggunakan Vue Router read more



Cara kerja OTP

Ketika kamu ingin melakukan transaksi online dari sebuah aplikasi yang telah mendukung fitur OTP. Aplikasi secara otomatis akan segera mengirimkan kode OTP dinomor ataupun email yang telah kamu daftarkan sebelumnya. 

Kamu hanya perlu memasukkan kode tersebut ke aplikasi untuk diautentikasi. Proses ini biasanya hanya memakan waktu hanya beberapa menit saja, bahkan terkadang proses pengiriman OTP tidak sampai satu menit. Kode OTP sangat rahasia, jangan sampai memberikan kode OTP kepada orang lain. Beberapa kasus peretasan terjadi karena memberikan kode OTP kepada orang yang tidak dikenal.

Pengertian OTP
OTP



Modus Penipuan OTP

Modus mereka biasanya ingin memberikan hadiah melalui email atau nomor telpon yang kita miliki. Mereka akan menghubungi kita dan mengatakan kepada kita bahwa kita memenangkan hadiah dari perusahaan tertentu, lalu mekera akan mengatakan "mohon tunggu sebentar, kami akan proses hadiahnya". Saat mereka mengatakan seperti itu, mereka sedang meminta kode OTP dari sebuah apliaksi yang biasa kita gunakan. 

Lalu mereka akan menghubungi kita kembali dan mengatakan "ok prosesnya hampir selesai, anda hanya perlu menyebutkan kode OTP yang kami kirimkan melaluai nomor telpon anda". Lalu kode OTP itu benar masuk, tapi kalian harus ingat!, bahwa kode OTP itu bukan dikirimkan oleh mereka(penipu), jika mereka meminta kode OTP, maka jangan kirim ulang kepada mereka. Karena jika ini terjadi maka mereka akan langsung dapat mengakses aplikasi yang biasa kita gunakan.

Penipuan seperti ini banyak terjadi, dan kebanyakan sukses menipu penggunanya. Alasannya adalah karena banyak orang belum mengerti bagaimana sistem OTP bekerja, dan pengguna awam juga sangat mudah tertipu karena modusnya cukup meyakinkan dan profesional.


Alasan Dibalik Rahasianya OTP

Tentu saja alasannya adalah untuk menghindari OTP fraud atau kejahatan pembajakan kode rahasia dan penyalahgunaan akun. Berdasarkan informasi dari Kominfo, pelaku kejahatan pembajakan kode OTP akan mengambil alih OTP korban untuk tujuan mengekploitasi uang elektronik maupun uang di m-banking si korban dan menyalahgunakannya data serta informasi yang ada pada akun korban tersebut. Dengan alasan ini, kamu jadi mengerti kan bahwa penting sekali untuk tahu cara tepat melindungi data kita dari kejahatan OTP fraud. Mari kita bahas bagaimana cara melindungi kode OTP maupun data kamu.


1. waspada dan teliti

Karena sifatnya yang sangat rahasia, kamu tidak boleh memberikan kode OTP kepada siapapun termasuk pihak bank itu sendiri. Bahkan bila kamu mendapatkan telepon dari bank dan meminta kode OTP kamu, sebaiknya kamu memastikan telepon itu benar-benar dari sumber yang bisa bertanggung jawab. Kamu bisa mengetahuinya dengan memperhatikan caller ID telepon tersebut, karena lembaga atau perusahaan resmi manapun tidak pernah menghubungi seseorang lewat nomor pribadi. Lagi pula bank atau aplikasi biasanya tidak membutuhkan kode OTP kamu.


2. Pakailah koneksi yang aman saat bertransaksi

Koneksi internet yang mudah diretas bisa menjadi penyebab bocornya kode OTP kamu. Karena biasanya para hacker memakai koneksi internet yang tersedia di ruang publik untuk mencuri data dan masuk ke perangkat kamu. Jadi sebaiknya kamu tidak sembarangan menggunakan internet umum terlebih untuk kebutuhan transaksi online dan aplikasi mobile banking.


3. Segera Blokir aplikasi dan kartu

Bila kode OTP kamu terlanjur jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab, segeralah blokir aplikasi dan kartu yang meminta verifikasi kode OTP kamu tersebut agar pencurian dan penyalahgunaan data kamu bisa dihindari. Karena biasanya ATM serta kartu kredit memiliki fitur blokir pada aplikasi mobilenya. Kamu cukup membuka pengaturan dan blokir kartu kamu untuk sementara waktu.

Seandainya aplikasi yang kamu pakai tidak memiliki fitur blokir, cepat-cepat lah hubungi customer service untuk mem-blokir dari sistem.


Sekian artikel kali ini tentang pengertian OTP, Fungsi, cara kerja, dan modus penipuan OTP. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin didiskusikan, silahkan tinggalkan pesan kalian di bawah ini atau tanya langsung di fanspage sahretech. Sekian dan terima kasih. 😁

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik