Cara Mudah Install dan Menggunakan SQLite di Laravel

Share:
Cara Mudah Install dan Menggunakan SQLite di Laravel
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Kali ini saya akan berbagi tutorial cara menggunakan SQLite di laravel. Bagaimana caranya?, ayo ikuti pembahasannya di bawah ini.



Laravel dibuat dengan sangat powerful, laravel telah menyediakan berbagai macam driver DBMS untuk memudahkan pengembangan aplikasi. Diantara driver yang disediakan ada MySQL, PostgreSQL, dan SQLite. Dan dari ketiganya, SQLite-lah yang paling sederhana dan cukup ringan untuk digunakan. Mungkin kalian biasa menggunakan SQLite untuk kebutuhan app mobile, tapi sebenarnya SQLite juga dapat digunakan untuk aplikasi berbasis web.

SQLite memiliki beberapa keunggulan, yaitu: tidak perlu menginstall DBMS secara terpisah seperti MySQL atau PostgresSQL. Dengan begitu juga, maka data yang disimpan otomatis tersimpan di dalam direktori aplikasi laravel kita. SQLite juga sangat ringan, mudah digunakan, dan sederhana.

SQLite biasanya digunakan untuk aplikasi demo, atau aplikasi uji coba. Selain itu, karena SQLite berbasis bahasa SQL, maka hampir semua perintah dan syntaxnya tidak jauh berbeda, dan tentunya kalian tidak perlu beradaptasi lagi. SQLite juga bisa kalian gunakan untuk aplikasi ringan seperti to-do-list. Atau aplikasi pustaka data yang tidak begitu kompleks.



Install SQLite di Komputer Lokal

Untuk menginstall SQLite di ubuntu silahkan jalanakan perintah di bawah ini.

sudo apt install sqlite3 php-sqlite3

Dan jika kalian adalah pengguna windows, maka kalian tidak perlu menginstall SQLite di sistem operasi windows kalian masing-masing.



Cara Menggunakan SQLite di Laravel

1. Saya asumsikan kalian semua sudah men-download project laravel. Jadi langkah-langkah instalasi tidak perlu saya jelaskan lagi.

2. Buka folder database lalu buat file baru dengan nama database.sqlite. Atau kalian bisa menjalankan perintah di bawah ini untuk membuat file. Tidak perlu kita isi, karena isinya akan kita migrate nanti.

touch database/database.sqlite


3. Buka file .env. Lalu ganti setting databasenya seperti script di bawah ini. Disini kita merubah driver koneksinya dan menghapus nama databasenya.

DB_CONNECTION=sqlite
DB_HOST=127.0.0.1
DB_PORT=3306
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=


4. Setelah melakukan perubahan, jangan lupa untuk menjalankan perintah di bawah ini. Perintah di bawah ini berfungsi untuk membuat setting database menjadi yang terbaru.

php artisan config:cache



5. Ok, setting database SQLite sudah selesai. Gimana cukup mudah kan?. Nah selanjtunya kalian tinggal jalankan perintah di bawah ini, untuk membuat beberapa tabel baru di dalam file database.sqlite

php artisan migrate

Jika outputnya seperti gambar di bawah ini, maka tandanya kalian sudah berhasil mengkoneksikan database SQLite.

Laravel migrate
Migrasi Tabel



Cara Melihat Tampilan SQLlite di VsCode.

Untuk melihat tabel, strukturnya, dan isi di dalam tabel tersebut kita bisa menggunakan extension yang bernama SQLite Viewer di visual studio code. Silahkan install terlebih dahulu. Lalu jika sudah, buka saja file database.sql yang kalian buat sebelumnya. Maka tampilannya seperti ini.

SQLite Viewer Extension
Tampilan SQLite



Ok sekian tutorial kali ini, tentang cara instalasi dan menggunakan SQLite di laravel. Semoga bermanfaat. Jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini atau bisa tanya langsung di fanspage sahretech. Sekian dan sampai jumpa.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik