7 Aplikasi Ujian Online Terbaik yang Layak Dicoba

Share:
7 Aplikasi Ujian Online Terbaik yang Layak Dicoba

Halo semuanya, kembali sahretech. Pandemi COVID 19 memaksa kegiatan pembelajaran dilakukan secara online. Baik Guru maupun Dosen diharuskan untuk mampu menguasai aplikasi pembelajaran online . Termasuk untuk melaksanakan ujian. Agar mampu menciptakan pembelajaran yang nyaman dan efektif, digitalisasi menjadi jalan keluar yang dirasa paling tepat yaitu dengan aplikasi ujian online.

Membahas tentang masalah ujian online, saat ini banyak sekali bermunculan aplikasi ujian online gratis maupun berbayar dengan berbagai fitur menarik yang layak direkomendasikan.

Tapi ternyata sebagian besar pengajar belum mampu menggunakan dan memahami bagaimana aplikasi online tersebut. Dikarenakan aplikasi ini berbeda dengan aplikasi pembelajaran online atau video conference yang sudah biasa mereka gunakan dalam kegiatan belajar mengajar seperti Zoom, Google meet, Skype dll . Sehingga mau tidak mau beberapa pengajar harus merelakan diri untuk ikut diklat agar bisa belajar cara menggunakan aplikasi ujian online.



7 Aplikasi Ujian Online Terbaik


1. Google Form

Google Form menjadi aplikasi ujian berbasis web gratis pertama yang kami rekomendasikan karena dianggap sebagai aplikasi terbaik diantara yang lainnya. Salah satu alasannya karena aplikasi ini dapat terhubung langsung dengan aplikasi google Classroom, yang juga merupakan aplikasi pembelajaran milik Google. 

Google Form
Google Form

Selain gratis aplikasi ini juga bebas untuk kamu gunakan, kamu tinggal menyesuaikan saja dengan materi soal ujian online yang kamu buat. Kamu bisa membuat soal dalam berbagai bentuk seperti pilihan ganda, essay panjang maupun pendek. Kamu juga bisa menggunakan Google Form ini untuk membuat survey dan angket yang bertujuan mengetahui efektivitas penyampaian materi. Agar bisa mengakses nya kamu cukup membuka halaman website  tapi tentunya kamu harus login akun Gmail dahulu.


2. Quizizz

Quizizz merupakan aplikasi yang dibuat lebih menarik dibanding yang lain. Fitur Quizizz menjadi lebih menarik karena visual. Quizizz memiliki tampilan yang lebih  berwarna, animasi-animasi yang menarik bahkan background musik juga bisa ditambahkan pada aplikasi ini sehingga siswa lebih tertarik dan tidak cepat bosan saat menghadapi ujian.

Quizizz
Quizizz



3. ProProfs

Aplikasi ujian secara online berikutnya adalah ProProfs Quizzes. Yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya pemberian sertifikat atau piagam sesuai skor yang dicapai bila siswa sudah selesai mengerjakan soal-soal ujian online nya. Namun kekurangan ProProfs ini terletak pada jumlah siswa yang bisa menggunakannya yaitu dibatasi 10 orang siswa saja bila ingin tetap gratis menggunakan nya. Dan bila ingin lebih harus di upgrade ke layanan berbayar nya. 

ProProfs
ProProfs



4. Quia Web

Aplikasi Quia Web ini menyediakan kelas gratis 30 hari  untuk ujian onlinenya. Selain memiliki fitur 16 tipe aktivitas pembelajaran dan 10 jenis tipe kuis, kamu juga bisa menggunakan fitur kalender online, upload foto, video juga klip suara sehingga ujian online terasa lebih menarik dan menyenangkan. 


5. ThatQuiz

Aplikasi yang satu ini telah menyediakan soal-soal ujiannya dan kamu tinggal menggunakan nya saja. Tersedia dua tipe soal yang bisa kamu kerjakan yaitu soal pilihan ganda dan uraian atau essai . Tapi jangan berharap lebih, karena ternyata soal-soal yang tersedia hanya terbatas pada matematika ( pecahan, geometri, konsep dan integer) kosa kata berbahasa Inggris, Spanyol, Perancis dan Jerman, geografi ( benua Amerika, Afrika, Eropa serta Asia) dan Ilmu Sains.

ThatQuiz
ThatQuiz



6. TCExam

 Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis karena bersifat open source. Namun untuk menggunakan nya kamu harus menginstal sendiri melalui server hosting yang dimiliki. Selanjutnya GitHub akan memberikan kamu file untuk panduan instalasinya. Penting diingat pastikan kamu telah mempunyai layanan hosting atau VPS server yang kuat.

TCExam
TCExam



7. Edbase

Bener ga sih membuat soal - soal ujian di Aplikasi yang mempunyai tagline "cara termudah untuk membuat ujian online" ini  memang benar-benar mudah seperti slogan nya.

Aplikasi Edbase adalah perangkat terbaik pilihan para guru, sekolah maupun perusahaan untuk urusan membuat ujian online.Karena tampilan antar muka milik Edbase ini  sangat menarik, sehingga memberikan 55% waktu lebih banyak untuk menjawab pertanyaan. Ditambah dengan sistem ujian yang menarik yakni bisa memakai multimedia dan grafis sehingga menjadi lebih interaktif.

Edbase
Edbase



Sekian artikel kali ini tentang 7 Rekomendasi Aplikasi Ujian Online Terbaik. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin didiskusikan silahkan tanya langsung di kolom komentar atau tanya langsung di fanspage sahretech. Sekian dan terima kasih.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik