Untung Besar, Dari Mana Saja Sumber Pendapatan Google?

Share:
Untung Besar, Dari Mana Saja Sumber Pendapatan Google
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Alphatbet sebagai induk perusahaan Google telah membukukan pendapatan sebesar 65,1 miliar dollar Amerika atau sekitar 925 triliun pada kuartal ketiga tahun 2021. Jumlah ini naik sebanyak 41% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Jika dilihat dari pendapatannya setiap tahun, google selalu membukukan keuntungan. Tapi ada hal yang menarik untuk diketahui. Yaitu darimana saja sebenarnya pendapatan google?. Ayo ikuti pembahasannya berikut ini.

Google memiliki banyak sekali layanan yang tesebar di internet. Seperti youtube, gmail, google maps, google search, play store dan masih banyak layanan lainnya. Namun yang membuat banyak orang bingung adalah bagaimana google bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah, padahal kita tahu bahwa hampir semua layanannya bisa dinikmati secara gratis.
 
Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Membuat Web SPA Tanpa Reload dengan Vue Router & Laravel read more
📰 2. Apa itu Vuetify?, dan Bagaimana Cara Menggunakannya pada Vue Js read more
📰 3. Cara Mudah Menggunakan Vue Router read more



1. Google Ads

Google Ads adalah salah satu layanan periklanan yang dimiliki oleh google. Para pengiklan dapat membidik audien sesuai dengan keinginan mereka agar target penjualan dapat tercapai. 

Iklan google ini dapat dengan mudah kita temui di berbagai layanan milik Google. Seperti Google Search misalnya. Saat kita mencari sesuatu maka dua pencarian pertama biasanya adalah iklan. Layanan ini nyatanya cukup ampuh untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat, karena semua orang mencari informasi dan membaca di Internet.

Google Ads
Google Ads

 


2. Adsense

Layanan Google yang satu ini memungkinkan siapa saja mendapatkan pendapatan melalui konten yang mereka buat. Pemilik website atau blogger dapat menempelkan iklan di website mereka, dan pembuat konten video dapat menghasilkan uang dari video yang ditonton oleh masyarakat di internet.

Jadi tidak mengherankan jika kalian masuk ke salah satu situs, lalu terdapat banner di dalam situs tersebut, banner-banner ini biasanya menyesuaikan dengan hal yang sedang kalian cari. Banner-banner ini juga biasanya bertuliskan ads by Google untuk menunjukan kalo iklan ini berasal dari Google.

Baik iklan di youtube ataupun iklan di website, Google sama-sama mendapatkan keuntungan darinya. Semakin banyak pemilik website dan konten kreator youtube yang mendaftarkan konten mereka ke Adsense, maka semakin besar pula pendapatan Google.

Google Adsense
Google Adsense

 


3. Admob

Selain Adsense, Google juga memiliki layanan monetize bernama Admob. Admob ini ditujukan untuk platform mobile. Cara kerjanya sama seperti adsense, dimana pemilik aplikasi android dapat menempelkan iklan di aplikasi mereka dan mendapatkan keuntungan dari aplikasi tersebut.


4. Freemium

Selain jasa periklanan, Google juga mendapatkan keuntungan dari layanan tambahan yang mereka jual. Layanan tambahan ini seperti penambahan kapasitas Google drive, akses ke aplikasi premium, Google analytics, youtube music dan lain sebagainya.


5. Layanan Bisnis Google Cloud

Google Cloud adalah kumpulan layanan komputasi awan yang disediakan oleh Google. Google Cloud berjalan pada infrastruktur yang sama seperti Google Search, YouTube, Gmail dan Platform Google lainnya. 

Namun Google cloud memberikan akses khusus seperti pengelolaan data, hosting, VPS, database, kustomisasi domain, penambahan kapasitas penyimpanan, akses ke alat manajemen dan layanan lainnya yang mana hal ini tidak didapatkan oleh pengguna umum. Google cloud sangat cocok digunakan oleh perusahaan untuk mendukung penyimpanan data yang besar, server yang stabil dan tools yang lengkap.


5. Perangkat Elektronik

Selain layanan digital, Google juga menjual berbagai perangkat elektronik yang tentunya smart dan sudah terintegrasi dengan berbagai layanan google lainnya. Diantara produk elektronik yang dijual Google seperti: Google Pixel, Goolge Nest Hub, Chromecast, Google Pixel Go dan Google Nest.

Dari berbagai pintu masuk penghasilan Google di atas memang jaringan periklanan seperti Google Ads dan Google Adsense menyumbang banyak pemasukan untuk Google. Tercatat pada kuartal ketiga tahun 2021, Google search masih menjadi penyumbang pendapatan terbesar, yaitu 37, 9 miliar atau setara 58,2% dari total pendapatan Google.

Google Pixel
Google Pixel




Ok sekian artikel kali ini tentang dari mana saja pendapatan google. Semoga bermanfaat, jangan lupa share dan comment, jika ada yang ingin tanya tentang coding bisa tanya langsung di fanspage sahretech. Sekian dan sampai jumpa.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik