Solusi Error MySQL shutdown unexpectedly

Share:
Solusi Error MySQL shutdown unexpectedly

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas solusi dari masalah MySQL yang tiba-tiba shutdown saat dihidupkan. Ayo ikuti selengkapnya di bawah ini.


Apakah kalian pernah punya masalah error MySQL shutdown unexpectedly atau tiba-tiba mati sendiri saat dihidupkan?, atau kalian punya masalah seperti gambar yang ada di bawah ini.

MySQL Error
MySQL Error

Jangan panik!, dan jangan terburu-buru unistall Xampp kalian. Disini saya kasih solusi ampuh buat kalian yang sedang mencari cara memperbaikinya . Hal ini bisa terjadi karena ada data atau depedenci yang hilang. Kalo sudah ada data yang kurang, biasanya restart pun juga gak bakalan idup. Solusi yang bisa kita terapkan adalah membuat backup mysql.


Cara Memperbaiki Error MySQL Shutdown Unexpectedly

1. Masuk ke dalam folder xampp/mysql lalu ganti nama folder data menjadi data_old

2. Copy backup folder, dan ganti nama foldernya menjadi data

3. Lalu buka folder data_old, lalu copy semua database yang ada di dalamnya (kecuali mysql, performance_schema, dan phpmyadmin) dan paste ke dalam folder data

4. Selain database, copy juga file ibdata1 di dalam folder data_old, lalu pindahkan ke folder data

5. Start kembali MySQL kalian melalui control panel.

backup database mysql
Backup Database MySQL



Jika langkah-langkah di atas dijalankan dengan benar, maka seharusnya database bisa dijalankan dengan baik. Kenapa saya yakin, karena saya sering sekali mendapatkan error seperti itu. 😆.

Dan untuk mencegah hal serupa terjadi kembali, saya sarankan untuk mematikan mysql dan apachenya terlebih dahulu sebelum mematikan komputer atau laptop. Dan jangan sekali-kali mencoba menghapus Xammp, karena itu bukan solusi yang tepat dan sayang klo isi databasenya udah banyak.


Ok, sekian solusi error MySQL shutdown unexpectedly. Semoga bermnfaat, jika ada kendala langsung tanyakan di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa share dan comment. Sekian dan sampai jumpa.


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik