Pengertian Surface Web, Deep Web, dan Dark Web yang Banyak Orang Tidak Tahu

Share:
Pengertian Surface Web, Deep Web, dan Dark Web yang Banyak Orang Tidak Tahu
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Sejak kemunculan website 30 tahun yang lalu, website telah memberikan banyak dampak bagi kehidupan manusia saat ini. Lebih dari setengah populasi dunia menggunakan internet untuk mencari dan membaca informasi melalui media yang disebut dengan website. Tapi tahukah kalian, bahwa web itu terbagi menjadi tiga bagian, yaitu surface web,deep web, dan dark web. Istilah-istilah tersebut akan kita bahas bersama pada artikel kali ini.


Surface web, deep web, dan dark web 
  Illustrasi bagian-bagian web, Foto: Ranjithsiji, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons



Apa itu Surface Web

Sesuai dengan namanya, surface web adalah segala sesuatu yang mudah bagi kalian untuk mengakses dan melihatnya di internet. Surface web adalah konten-konten positif yang bisa kalian lihat dan cari melalui google search, facebook, youtube, instagram dan media sosial terkenal lainnya. Jadi memang benar-benar sesuai dengan namanya, yaitu web yang terletak di permukaan. Surface web adalah bagian dari web yang diindeks oleh mesin pencari dan terbuka untuk umum.


Apa itu Deep Web

Deep web adalah kumpulan website yang tidak terindeks oleh mesin pencari. jadi konten-konten di dalamnya tersembunyi dan hanya diakses oleh orang-orang tertentu saja. Meski rahasia, konten-konten di dalam deep web legal dan tidak bertentangan dengan hukum. Istilah ini memang jarang didengar oleh orang awam, namun saya yakin kalian sering melakukannya. Aktivitas di dalam deep web seperti menyimpan data di google drive, chating, berkirim email, transaksi data keuangan, dan aktvitas lainnya yang tidak dapat dipublikasikan ke public. Deep web dan surface web adalah hal yang positif di dalam internet, meski terbatas tapi kalian tetap bisa mengakses deep web dengan browser dan jaringan pada umumnya.


Apa itu Dark Web

Sesuai dengan namanya, dark web adalah sisi tergelap yang ada di internet. Tidak terindeks mesin pencari dan berisi konten-konten negatif. Di dalam dark web kalian bisa menemukan penjual narkoba, jual beli barang ilegal, penjualan organ tubuh, penjualan data hasil peretasan, seks, pembunuhan, pembantaian, penjualan senjata, terorisme, dan hal-hal negatif lainnya yang tidak dapat diakses secara bebas. Bahkan kalian juga tidak dapat mengakses dark web dengan jaringan dan browser biasa.


Jika kalian mencoba mengakses dark web dengan provider jaringan pada umumnya, biasanya provider internet akan otomatis mengalihkan kalian ke laman positif. Selain konten-kontennya yang ilegal, mengakses dark web secara langsung juga sangat berbahaya bagi komputer yang kalian gunakan, karena dark web berisikan banyak virus dan rentan dalam pencurian data pribadi.


Kesimpulan

1. Surface web adalah bagian yang bisa diakses oleh siapapun secara umum, legal dan tidak tersembunyi.

2. Deep web adalah bagian rahasia di dalam internet tapi bukan berarti buruk, deep web tidak diindeks oleh mesin pencari karena data di dalamnya tidak untuk diakses oleh publik seperti pesan email, chating, data transaksi, dsb.

3. Sedangkan dark web adalah hal yang benar-benar berbeda dari surface web dan deep web, yaitu berisikan konten illegal yang tidak mudah diakses oleh orang pada umumnya.


Ok, sekian artikel kita kali ini mengenai pengertian surface web, deep web, dan dark web. Semoga bermanfaat, dan memberikan informasi yang bermanfaat. Jika ada yang ingin didiskusikan silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah ini. Sekian dan sampai jumpa.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik