Pengertian dan Perbedaan Malware, Virus dan Trojan

Share:
Pengertian dan Perbedaan Malware, Virus dan Trojan
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian dan perbedaan dari malware, virus dan trojan. Ayo ikuti pembahasannya berikut ini.


Saat ini hampir semua orang di dunia mengakses internet dan menggunakannya setiap hari. Hampir semua orang mengakses internet setiap waktu, menggunakannya untuk mencari hiburan atau bekerja. Banyak data penting tiap harinya bertebaran di internet. Tapi banyak orang juga tidak aware dengan data mereka yang ada di Internet. Padahal internet sendiri menjadi salah satu tempat penyebaran virus dan malware paling banyak saat ini.


Apa itu Malware?

Malware adalah singkatan dari malicious software(perangkat lunak jahat). Yaitu suatu software yang diciptakan dengan tujuan untuk merusak sistem atau mencuri data dari suatu komputer.

Malware dapat dibuat dengan bahasa apapun dan tidak sembarang orang bisa membuatnya. Mereka harus memiliki kemampuan pemrograman, mengerti tentang sistem dan keamanan sistem yang dituju. Jadi malware itu diciptakan atas kesadaran pembuatnya, tidak tercipta tanpa sengaja dan bermutasi seperti virus yang ada pada makhluk hidup.

Malware banyak tersebar di internet, alasannya karena lebih mudah mencari mangsa di internet daripada diedarkan melalui CD atau flashdisk. Jadi kalian harus berhati-hati saat berselancar di internet, dowloadlah perangkat lunak dari sumber terpercaya dan pastikan selalu menggunakan anti virus untuk mengetahui apakah software yang digunakan berbahaya atau tidak.

Selain malware, ada istilah lain yang mungkin membuat bingung banyak orang yaitu seperti virus dan trojan. Nah apasih pengertian virus dan trojan itu?


Apa itu Virus?

Sejatinya virus adalah bagian dari malware, yaitu program jahat yang ditujukan untuk merusak sistem komputer. Jadi apa bedanya dengan malware?. Sebenarnya malware itu adalah istilah besar dari semua kategori software jahat yang meliputi spyware, trojan, worm, ransomware, virus, dan jenis software jahat lainnya. Jadi mulai sekarang jangan bingung untuk membedakan antara malware dan virus.

Virus biasanya diciptakan untuk merusak dari pada mencuri data. Virus juga punya kemampuan untuk menggandakan diri, jadi semakin banyak virus, maka kinerja komputer akan semakin melambat. Selain itu, virus yang terus berkembang biak akan menyulitkan user untuk melakukan aktivitas yang ada di komputer mereka. Karena virus biasanya menutupi layar saat proses pengembang biakan.

Virus dapat berasal dari internet atau pertukaran data melalui media seperti flashdisk. Dan virus biasanya mulai berkembang saat seseorang meng-execute virus tersebut. Jadi berhati-hatilah untuk mendownload file dari internet atau menggunakan flashdisk orang lain tanpa di-scan terlebih dahulu.


Apa itu Trojan?

Trojan adalah bagian lain dari malware, trojan diciptakan untuk merusak sebuah sistem dan mendapatkan informasi dari sebuah sistem seperti log komputer, data transaksi, password dan data penting lainnya. Tidak seperti virus, trojan bergerak seperti siluman untuk mencuri data tanpa diketahui oleh penggunanya. Inilah kenapa malware jenis ini disebut dengan trojan.

Sama seperti tips mencegah malware pada umumnya, yaitu kalian harus berhati-hati mengunduh file yang berasal dari internet atau bertukar data melalui media seperti flashdisk. Dan jangan lupa untuk menggunakan antivirus agar saat malware masuk ke dalam komputer kalian, malware dapat terdeteksi sedini mungkin.


Ringakasan

Malware Virus Trojan
Malware adalah perangkat lunak jahat yang dibuat untuk merusak dan mencuri data komputer. Malware adalah induk kategori dari semua perangkat lunka perusak, seperti virus, trojan, worm, spyware, dan ransomware Virus adalah sub kategori malware, dibuat untuk merusak sistem komputer dan bukan untuk mencuri data. Virus memiliki kemampuan untuk menggandakan diri, semakin banyak virus yang menyebar maka semakin berat kinerja suatu komputer Trojan adlah sub kategori malware, dibuat untuk mencuri data komputer seperti log, history, password, data transaksi, dan data penting lainnya.



Ok mungkin itu saja artikel kali ini tentang pengertian dan perbedaan malware, virus dan trojan. Semoga dapat mencerahkan, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan tinggalkan pesan di bawah ini atau tanya langsung di fanspage sahretech. Sekian dan sampai jumpa.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik