6 Orang India yang Berhasil Memimpin Perusahaan Besar Teknologi Dunia

Share:
6 Orang India yang Berhasil Memimpin Perusahaan Besar Teknologi Dunia
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Jika kalian sering menonton video tutorial pemrograman atau video yang berkaitan dengan teknologi di IT dalam bahasa Inggris maka kalian akan sering menjumpai video dari orang-orang India.

Dengan ciri khas logat bahasa Inggris mereka, nyatanya kemampuan mereka di bidang teknologi tidak dapat diremehkan. Faktanya banyak orang India yang sukes memimpin perushaan teknologi, bahkan perusahaan teknologi kelas dunia.

Pada kesempatan ini, saya akan membahas 6 orang India dengan kemampuan teknologi yang luar biasa berhasil memimpin perusahaan teknologi kelas dunia. Siapa sajakah mereka?, ayo ikuti pembahasannya berikut ini.
 
Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Membuat Web SPA Tanpa Reload dengan Vue Router & Laravel read more
📰 2. Apa itu Vuetify?, dan Bagaimana Cara Menggunakannya pada Vue Js read more
📰 3. Cara Mudah Menggunakan Vue Router read more


1. CEO Twitter, Parag Agrawal

Parag Agrawal CEO Twitter
Parag Agrawal, (Foto: twitter)


Parag Agrawal adalah mantan Chief Technology Office di Twitter yang menggantikan kepemimpinan Jack Dorsey di Twitter sejak tahun 2017 lalu. Naiknya Agrawal menjadi CEO baru Twitter jelas menambah daftar pemimpin perusahaan teknologi besar dunia dari India.

Agrawal lahir pada tahun 1984 di Mumbai, India. Dirinya bergabung ke perusahaan Twitter sejak tahun 2011. Agrawal adalah alumni dari Bombay Institute of Technology di India. Lalu ia melanjutkan pendidikan S2 dan S3-nya di Stanford University, Amerika.


2. CEO Alphabet dan Google, Sundar Pichai

Sundar Pichai CEO Alphabet 
       Sundar Pichai, Foto: Eesan1969, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Selanjutnya ada nama Sundar Pichai. Kali ini tidak tanggung-tanggung pria asal India ini dipercaya memimpin perusahaan sebesar Google. Sergey Brin dan Larry Page telah mempercayai Sundar Picai sejak tahun 2015 untuk memimpin perusahaan.

Lalu pada bulan Desember 2019. Pendiri Google, yaitu Larry Page resmi mengundurkan diri dan menunjuk Sundar Picai sebagai CEO baru Alphabet. Alphabet adalah induk perusahaan Google yang didirikan pada tahun 2015.

Sundar Pichai lahir pada tanggal 10 Juni 1972 di Madras, India. Ia berhasil meraih gelar MBA-nya di Stanford University, Amerika. Sundar Picai sendiri bergabung ke perusahaan Google sejak tahun 2004. Sebelum menjadi pemimpin di Google, Picai memang sering memegang jabatan penting seperti manajer produk perangkat lunak Google, seperti Google Chrome, Google Drive, Gmail, GMaps, dan lainnya.


3. CEO Microsoft, Satya Nadella

Satya Nadella CEO of Microsoft 
          Satya Nadella, Foto: Brian Smale and Microsoft, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons


Selanjtunya ada Satya Nadella, Nadella adalah orang kepercayaan Microsoft, dirinya telah memimpin Microsoft sejak tahun 2014 menggantikan Steve Ballmer yang telah memimpin Microsoft selama 15 tahun.

Satya Nadella lahir di Hyderabad(Telangana), India. Ia lahir pada tanggal 19 Agustus 1967. Nadella mendapatkan gelar masternya dari University of Wisconsin dan mendapatkan gelar MBA dari University of Chicago, Amerika Serikat. Nadella telah menjadi keluarga besar Micrososft sejak tahun 1992. Sebelum menjadi pemimpin perusahaan atau CEO, Nadella menjabat sebagai Cloud and Development Enterprise dan juga Senior vice President Research and Development untuk produk Microsoft.


4. CEO Adobe, Shantanu Narayen

Shantanu Narayen 
 Shantanu Narayen, Foto: Jolie O'Dell, CC BY 2.0, via Wikimedia Commons


Shantanu Narayen telah menjabat sebagai CEO Adobe sejak 2007, menggantikan Bruce Chisen selama 7 tahun terakhir. Pria kelahiran 27 Mei 1963 ini lahir di kota yang sama dengan Nadella, yaitu Hyberabad, India. Ia meraih gelar BA dari University of Osmania, India. Dan meraih gelar Master dari Bowling Green State University, AS, dan MBA dari University of California, Berkeley. Narayen sendiri telah bergabung dengan Adobe sejak tahun 1998. Saat itu, beliau menjabat sebagai Senior Vice President Product Development dan sempat menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) pada tahun 2005.


5. CEO IBM, Arvind Krishna

CEO of IBM
Arvind Krishna, Foto: twitter.com


Arvind Krishna dipilih sebagai CEO IBM untuk tahun 2020 untuk menggantikan Ginny Rometty. Rometti sendiri adalah CEO IBM yang telah menjabat selama delapan tahun terakhir. Lahir pada tahun 1962 di Godavari, India bagian barat, ia lulus S1 dari Kanpur Institute of Technology, India dan memperoleh gelar PhD dari University of Illinois, AS. Dia bergabung dengan IBM sejak tahun 1990. Selama ini Krishna telah memegang berbagai posisi kunci di perusahaan teknologi IBM. Seperti SVP Cloud and Cognitive Software.


6. CEO Vimeo, Anjali Sud

Anjali Sud telah menjadi CEO tepercaya platform berbagi video populer Vimeo sejak tahun 2017. Wanita ini sebenarnya lahir pada 13 Agustus 1983 di Detroit, AS. Namun, dia keturunan India karena orang tuanya adalah imigran Amerika Serikat dari India. Anjali meraih gelar S1 dari University of Pennsylvania (Wharton School), AS dan MBA dari Harvard Business School, AS. Anjali bergabung dengan Vimeo pada tahun 2014, menjabat sebagai General Manager of Marketing Vimeo.


Ok sekian artikel kita kali ini tentang 6 Orang India yang Berhasil Memimpin Perusahaan Besar Teknologi Dunia. Semoga bermanfaat, jangan lupa share dan comment. Ada yang perlu didiskusikan silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini. Sekian dan Sampai jumpa.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik