Cara Menampilkan User yang Online di Laravel

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial bagaimana cara mendapatkan user yang sedang online dan last seen pada laravel. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.

Pada tutorial kali ini kita akan mennggunakan laravel 8, meskipun begitu kalian tetap bisa menggunakan laravel versi 7 atau 6, yang penting kalian mengerti cara menggunakan laravel auth pada laravel versi 7 dan 6, sisanya sama saja. Untuk contoh akhir dari tutorial kali ini kalian bisa scroll ke bagian paling bawah.


1. Install Laravel

Install laravel terlebih dahulu dengan menjalankan perintah di bawah ini

composer create-project laravel/laravel get-online-user



2. Menambah Kolom Baru ke Tabel users dengan Migrations

Pastikan project laravel yang sedang kita kerjakan sudah terkoneksi dengan database di phpmyadmin. Untuk penjelasan bagaimana cara setting database di laravel bisa ikuti tutorialnya di link berikut ini https://www.sahretech.com/2020/08/mengenal-migration-dan-cara-menggunakan.html

2.1 Buat migration baru dengan menjalankan perintah di bawah ini.

php artisan make:migration add_new_column_last_seen

2.2 Selanjutnya buka migration yang baru kita buat di dalam folder database/migrations. Lalu isi dan samakan dengan script yang ada di bawah ini.


<?php use Illuminate\Database\Migrations\Migration; use Illuminate\Database\Schema\Blueprint; use Illuminate\Support\Facades\Schema; class AddNewColumnLastSeen extends Migration { /** * Run the migrations. * * @return void */ public function up() { Schema::table('users', function(Blueprint $table){ $table->timestamp('last_seen')->nullable(); }); } /** * Reverse the migrations. * * @return void */ public function down() { // } }


2.3 Selanjutnya jalankan perintah di bawah ini untuk menambahkan kolom baru ke dalam tabel users

php artisan migrate

2.4 Jika migration berhasil dijalankan maka otomatis akan ada kolom baru yang ditambahkan ke tabel users seperti gambar di bawah ini.

cara menampilkan user yang sedang online di laravel
Hasil Migrasi Tabel User




3. Menambahkan Fillable ke Model users

Selanjutnya, agar kolom last_seen dapat diisi kita perlu menambahkannya di bagian fillable pada model users. Buka App/Models/Users.php, lalu tambahkan last_seen di dalam protected $fillable seperti di bawah ini.

    
    
    protected $fillable = [
        'name','email','password','last_seen'
    ];



4. Membuat Laravel Auth dengan Laravel Breeze

Selanjutnya kita akan membuat laravel auth. Laravel auth adalah paket lengkap autentikasi dari laravel berisi fitur login, registrasi, dan reset password lengkap dengan tampilan dan prosesnya. 

4.1 Jalankan perintah berikut ini untuk mendownload paket laravel breeze

composer require laravel/breeze --dev

4.2 Selanjutnya setelah download selesai jalankan perintah di bawah ini secara bergantian untuk menginstall dan melakukan setting terhadap project

php artisan breeze:install

npm install

npm run dev

php artisan migrate



Ok, sekarang laravel auth sudah berhasil diinstall. Run project kalian, maka kalian akan melihat tampilannya sudah berubah seperti gambar di bawah ini. Silahkan input beberapa data user dengan melakukan registrasi ke dalam aplikasi laravel yang dibuat.

 
Cara Membuat Laravel Auth
Membuat Laravel Auth




5. Membuat Middleware UserActivity

5.1 Selanjutnya kita akan membuat middleware useractivity, untuk membuat middleware silahkan kalian jalankan perintah berikut ini.

php artisan make:middleware UserActivity

5.2 Setelah menjalankan perintah di atas. maka sebuah file baru di dalam folder middleware otomatis dibuat. Silahakan buka file tersebut di app/Http/Middleware/UserActivity.php. Ikuti scriptnya seperti di bawah ini.

    

<?php namespace App\Http\Middleware; use Closure; use Illuminate\Http\Request; use Auth; use Cache; use App\Models\User; class UserActivity { /** * Handle an incoming request. * * @param \Illuminate\Http\Request $request * @param \Closure $next * @return mixed */ public function handle(Request $request, Closure $next) { if (Auth::check()) { $expiresAt = now()->addMinutes(2); /* keep online for 2 min */ Cache::put('user-is-online-' . Auth::user()->id, true, $expiresAt); /* last seen */ User::where('id', Auth::user()->id)->update(['last_seen' => now()]); } return $next($request); } }

5.3 Jangan lupa untuk menambahkan middleware yang baru kita buat ke dalam file kernel.php. Silahkan buka filenya di dalam folder app/Http/Kernel.php. Tambahakan middleware seperti di bawah ini.

Mendaftarkan ke Middleware
Mendaftarkan UserActivity ke Middleware


6. Menambahkan Routes

Selanjutnya buka routes/web.php lalu tambahkan script di bawah ini.

    

Route::get('online-user', 'App\Http\Controllers\UserController@index');


7. Membuat UserController

Selanjutnya buatlah sebuah controller baru dengan nama UserController.php di dalam folder app/Http/Controllers lalu tambahkan scriptnya seperti di bawah ini.
    

<?php namespace App\Http\Controllers; use Illuminate\Http\Request; use App\Models\User; class UserController extends Controller { /** * Display a listing of the resource. * * @return \Illuminate\Http\Response */ public function index(Request $request) { $users = User::select("*") ->whereNotNull('last_seen') ->orderBy('last_seen', 'DESC') ->paginate(10); return view('users', compact('users')); } }


8. Membuat View User

Step terakhir adalah membuat tampilan dari list user yang sedang aktif. Caranya buatlah sebuah file bari dengan nama users.blade.php di dalam folder resources/views. Lalu copy script di bawah ini dan paste ke dalam file tersebut.
    

<!DOCTYPE html> <html lang="en"> <head> <meta charset="UTF-8"> <meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0"> <meta http-equiv="X-UA-Compatible" content="ie=edge"> <title>Document</title> <link href="https://cdn.jsdelivr.net/npm/bootstrap@5.0.2/dist/css/bootstrap.min.css" rel="stylesheet" integrity="sha384-EVSTQN3/azprG1Anm3QDgpJLIm9Nao0Yz1ztcQTwFspd3yD65VohhpuuCOmLASjC" crossorigin="anonymous"> </head> <body> <div class="container mt-4"> <table class="table table-bordered data-table"> <thead> <tr> <th>No</th> <th>Name</th> <th>Email</th> <th>Last Seen</th> <th>Status</th> </tr> </thead> <tbody> @foreach($users as $user) <tr> <td>{{ $user->id }}</td> <td>{{ $user->name }}</td> <td>{{ $user->email }}</td> <td> {{ Carbon\Carbon::parse($user->last_seen)->diffForHumans() }} </td> <td> @if(Cache::has('user-is-online-' . $user->id)) <span class="text-success">Online</span> @else <span class="text-secondary">Offline</span> @endif </td> </tr> @endforeach </tbody> </table> </div> </body> </html>

Ok, saatnya kita uji coba. Jalankan perintah php artisan serve. Lalu buka browser dan jalankan url berikut ini http://127.0.0.1:8000/online-user. Jika semua step sudah diikuti dengan benar maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

cara menampilkan user yang online di laravel
Tampilan Akhir




Sekian tutorial kali ini tentang cara menampilkan user yang sedang online di laravel. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan ajukan pertanyaan di bawah ini atau langsung tanya ke fanpsage sahretech. Terima kasih, dan sampai jumpa di tutorial lainnya. :D


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik

Tidak boleh menyertakan link atau promosi produk saat berkomentar. Komentar tidak akan ditampilkan. Hubungi 081271449921(WA) untuk dapat menyertakan link dan promosi