Pengertian Social Credit System, Cara Kerja, Dampak, dan Alasannya

Share:
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap apa itu social credit system yang diterapkan oleh pemerintah Cina, lau bagaimana cara kerjanya, apa dampaknya bagi masyarakat, dan apa alasan pemerintah Cina menerapkannya. Ayo ikuti pembahasannya di bawah ini.



Pengeritan Social Credit System

Dalam upaya mengontrol sikap dan perilaku masyarakatnya, Pemerintah negara Cina menerapkan sebuah sistem yang disebut Social Credit System. Tujuan sistem ini dibuat adalah untuk membuat takaran kelayakan warganya, tiap warga akan diberikan penilaian sesuai dengan perilaku mereka masing-masing.

jika perilaku mereka tidak bertentangan maka nilai atau kredit mereka akan bertambah, dan sebaliknya jika perilaku mereka bertentangan maka nilai atau kredit mereka akan berkurang. Baik dan buruknya nilai kredit seseorang akan mempengaruhi kehidupannya, pemerintah akan memberikan bantuan dan mempermudah hidup bagi mereka yang memiliki angka kredit yang baik, dan sebaliknya jbagi mereka yang memiliki angka kredit rendah semua urusan dipersulit hingga pemerintah enggan memberikan bantuan.

china cctv
Gambar Ilustrasi China dan CCTV



Hal-hal yang direkam pemerintah Cina dari awal berlakunya kebijakan adalah perilaku online, riwayat pekerjaan, rekaman kriminal, laporan pengeluaran serta pajak tahunan. Dan agar tidak ada sisi gelap yang tersembunyi, sekitar 200 juta CCTV dipasang oleh pemerintah Cina di setiap penjuru wilayah nya.

Persiapan perencanaan dan uji coba terhadap jutaan orang telah dilakukan pemerintahan Cina sejak 2014 dan akan resmi dijalankan di tahun 2020. Di tahun 2015 ada delapan perusahaan swasta terpilih yang direkrut oleh Bank sentral Cina untuk terlibat , diantaranya adalah Tencent dan Alibaba. Dan setelah 2020 barulah pemerintah Cina akan menginklusi seluruh sektor dan industri. Pembangunan dengan menggunakan sistem monitoring real- time juga akan dilakukan guna mengawasi kegiatan online, emisi serta pelacakan kendaraan.

Tindakan besar maupun kecil dari setiap perilaku seseorang akan dinilai. Sistem ini mewajibkan warganegara nya berlomba- lomba menunjukkan perilaku yang baik. Hal ini disebabkan karena semua aspek kehidupan mereka sangat bergantung pada skor yang dihasilkan, seperti kelayakan mendapatkan kredit, kelayakan menerima subsidi, akses sarana umum dan kelayakan mendapatkan investasi.


Cara Kerja Social Credit System.

Dengan social credit system, pemerintah Cina akan mengawasi semua aktivitas - aktivitas yang dikerjakan warganya di semua aspek kehidupan baik saat melakukan perjalanan, saat berbelanja dan banyak hal lain lagi melalui media seperti 200 juta CCTV yang tersebar juga melalui nomor identitas yang dihubungkan secara langsung terhadap catatan perilaku setiap warga.

Selain catatan dari CCTV, catatan juga bisa didapatkan dari laporan warga langsung, catatan pengeluaran, sosial media, dan masih banyak lagi. Supaya social credits system dapat terwujud, pemerintah Cina menggalang kerjasama dengan beberapa perusahaan yang terhubung langsung dengan aktivitas warga . Misalnya bank, creditchine.gov.cn yang merupakan situs pemantau perpajakan serta administrasi turis.

Setelah mendapatkan data perilaku masyarakatnya, kemudian akan diolah dan dinilai apakah perilaku tersebut sudah benar atau salah oleh pihak yang berwenang. Hasil penilaian ini akan tersambung secara langsung dengan social credit system Dan dari hasil tersebut pemerintah bisa melihat, memantau serta memutuskan apakah mereka patut diberi hadiah atau malah mendapat hukuman.


Hadiah dan Hukuman yang Akan Diterima Warga

Hadiah ataupun hukuman bentuknya sangat beragam. Untuk sanksi hukuman biasanya berupa pembatasan pergerakan dalam berbagai hal seperti pembelian tiket pesawat, kereta dan barang mewah atau mahal, menyewa gedung perkantoran serta akan dipublikasikannya nama warga tersebut di situs resmi pemerintahan, hingga ringtone hp pun akan diganti dengan peringatan tentang skor sosial yang rendah.

Sedangkan hadiah yang didapat karena nilai skor yang tinggi biasanya berupa semua hal yang membantu aspek kehidupan warga tersebut. Misalnya mendapatkan potongan harga pembayaran biaya energi, deposit, hingga kemudahan dalam urusan mencari jodoh lewat media online dan situs kencan.

Social credit system memberikan dampak secara luas tidak hanya secara individual melainkan juga pada keturunan selanjutnya dari warga tersebut. Dengan kata lain, Orang tua yang memiliki skor kredit sosial yang tinggi dapat dengan mudah memasukkan anaknya ke sekolah atau universitas terkenal serta berkualitas tinggi, sebaliknya orang tua dengan skor kredit sosial rendah akan kesulitan dalam mengenyam pendidikan di tempat terbaik. Secara tidak langsung, Lingkungan pergaulan termasuk teman dengan nilai sosial kredit yang rendah juga akan berpengaruh terhadap kehidupan kita.


Alasan Cina Mengadopsi Sistem Kredit Sosial.

Pemerintah Cina berpendapat bahwasanya social credit system dibutuhkan untuk membangun kepercayaan. Rencana-rencana pemerintah Cina yang terdapat dalam sebuah dokumen tahun 2014 menjelaskan dengan catatan bahwa social credit system " menjaga kepercayaan tidak cukup dihargai, harga untuk menghancurkan kepercayaan cenderung lebih rendah".

Menurut Seorang peneliti dari Mercator Institute For China Studies, Mareike Ohlberg, masyarakat Cina memiliki masalah tentang kepercayaan. Masalah itu bisa berupa kualitas makanan, polusi, hingga gaji pekerja yang tidak dibayarkan. Namun menurut Jing Zeng seorang peneliti dari university of Zurich, pemerintah akan memberikan sanksi untuk perusahaan-perusahaan yang melakukan hal-hal negatif tersebut.

Samantha Hoffman, dari Australian Strategic Policy Institute mengatakan “Jika menyelesaikan masalah adalah tujuan yang sebenarnya, Chinese Communist Party (CCP) tidak akan membutuhkan social credit system. Karena sistem tersebut didesain hanya untuk melakukan satu hal, yaitu menegakkan dan memperluas kekuatan CCP.” Samantha juga menambahkan bahwa social credit system hanyalah sebuah langkah berbasis teknologi yang bisa mempersatukan kekuatan politik dengan perkembangan sosial dan ekonomi.

Sekian artikel kali ini tentang pengertian social credit system, cara kerja, dampak dan alasannya. Semoga bermanfaat, jangan lupa comment dan share artikel ini, dan sampai jumpa di artikel keren dan menarik lainnya. :D

Kata Kunci Pencarian: sosial kredit sistem, social credit system, kediktatoran digital, sosial kredit Cina, xu xiadong, pemerintah china, nilai kredit sosial

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik