Pengertian Sistem Operasi, Jenis-jenisnya, dan Fungsinya

Share:
Istilah perangkat lunak dan perangkat keras lazimnya akan kita temui pada sebuah komputer. Kali ini yang akan kami bahas adalah tentang pengertian sistem operasi dan jenis-jenis nya yang notabene merupakan salah satu bagian dari software atau perangkat lunak. Ok, ayo ikuti pembahasannya berikut ini.


Pengertian Sistem Operasi

OS atau Operating System atau dikenal sebagai sistem operasi adalah kumpulan dari berbagai program kontrol komputer yang dibuat oleh produsen komputer dengan mempertimbangkan format dan fungsionalitas perangkat keras.

OS juga digunakan untuk mengelola semua program yang terdapat di komputer, juga memiliki kemampuan untuk mengontrol penyimpanan data dan mengelola semua program yang berjalan dari perangkat keras. Tanpa sistem operasi ini, komputer Kalian tidak akan dapat dipakai karena OS lah yang menjadi tempat untuk menyimpan semua program aplikasi.

Intinya OS adalah penghubung antara hardware dan aplikasi yang digunakan. Dengan bantuan system operasi, camera, ram, storage, keyboard, dan komponen hardware lainnya dapat berfungsi dan digunakan sesuai kebutuhan tiap aplikasi.


Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Membuat Notifikasi Realtime dengan php dan Jquery read more
📰 2. Cara Membuat Hide/Show Input Password dengan Javascript dan Bootstrap read more
📰 3. Cara Mencegah Multiple Submit dan Cara Menggunakan Spinner Bootstrap sebagai Indicator Loading pada Php read more


Jenis-jenis Sistem Operasi Komputer

Ada banyak jenis system operasi yang dibuat saat ini, tapi saya hanya akan merangkum beberapa system operaasi yang popular dan sering digunakan oleh masyarakat bumi. Jenis-jenisnya akan dibahas di bawah ini:


Microsoft Windows

Mayoritas komputer di seluruh dunia ini memiliki program dari sistem operasi Microsoft Windows. Karena mayoritas computer dunia menggunakan windows, masyarakat jadi lebih mudah memilih komputer dengan spesifikasi, merk dan harga yang sesuai dengan keinginan mereka.

Windows memiliki sifat multitasking dan multiuser, hal ini membuatnya sangat digemari para pemakai komputer. Saat tulisan ini dibuat, windows sudah mengeluarkan versi windows 11 sebagai penerus dari windows 10 yang diluncurkan pada tahun 2015.

sistem operasi windows 11
Windows 11

 

Kelebihan system operasi windows lainnya adalah support dengan banyak jenis aplikasi yang ada, mulai dari enterprise sampai ke aplikasi utilitas. Windows juga sangat ramah dengan para gamers, pilihan games yang bisa dimainkan di os ini sangat lengkap. Para gamers pastinya akan memilih os windows dibandingkan dengan os lainnya.


Sistem Operasi LINUX

Linux merupakan sistem operasi pengembangan dari UNIX . Diciptakan oleh Linus Torvalds , seorang mahasiswa asal Finlandia di tahun 1991. Linux bersifat open source, sehingga siapapun bisa ikut mengembangkan system operasi ini. Dan yang paling penting linux itu gratis, jadi tidak perlu cari yang bajakan. Tools seperti terminal dengan perintah-perintah yang lebih lengkap di bandingkan os pesaingnya, membuat linux menjadi sangat bersahabat dengan para programmer. Linux juga digunakan oleh banyak server di dunia, alasannya karena lebih ringan dan kebal terhadap virus.

Terdapat juga berbagai macam jenis linux, yang biasa disebut dengan distro linux. Distro linux adalah sebutan untuk sistem operasi yang dibangun menggunakan kernel linux, contohnya seperti ubuntu, centos, kali linux, dan banyak lagi macam-macamnya.  

sistem operasi linux
Linux mint, The Linux Mint team, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons 



Oh iya, linux juga digunakan sebagai dasar dari pembuatan system operasi android. Jadi statement pengguna linux lebih sedikit dibading windows sudah tidak berlaku sekarang, karena saat ini banyak orang menggunakan smartphone android yang mana android itu dibuat di atas kernelnya linux.

Sayangnya untuk pengguna awam atau pengguna windows yang beralih ke linux, mereka menganggap linux lebih sulit dioperasikan dibandingkan windows. Alasannya karena cara instalasi aplikasi di linux sulit, adaptasi UI yang berbeda dengan windows dan tidak tersedia banyak aplikasi seperti di windows.


Mac OS

Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System, sebuah sistem operasi berbasis GUI yang dirilis oleh perusahaan Apple Computer di tahun 1984. Di masa itu, teknologi Mac OS dianggap paling canggih dan mutakhir. Tapi sayangnya mac os hanya tersedia di perangkat mac saja, hal ini juga yang membuat pengguna mac os kalah jauh dibandingkan windows.

Mac Os Big Sur
BigSur, Apple Inc., CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

 

Meski begitu, mac os memiliki banyak keunggulan, banyak orang menyebutnya sebagai system operasi pertengahan di antara windows dan linux. Sistem operasi ini juga dikenal dengan UI yang cantik, eksklusif dan banyak fitur mewah lainnya yang tidak kita temui di os pesainngnya.

Keunggulan lainnya, mac os disarankan untuk para developer dan designer. Terintegrasi dengan produk apple lainnya, mudah digunakan dan aman terhadap serangan seperti malware dibangun di atas system UNIX.

Karena hanya tersedia di perangkat mac, maka kalian harus membeli perangkat mac atau macbook. Dan untuk memiliki mac atau macbook kalian perlu merogoh kantong yang lebih dalam dibandingkan computer dengan os windows atau linux.



Fungsi Sistem Operasi

Dibawah ini ada beberapa fungsi sistem operasi antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai pengatur perangkat keras pada komputer
  2. Bisa menjalankan perintah dasar pada komputer
  3. Dapat mengatur dan mengorganisir berbagai macam Aplikasi
  4. Bisa menterjemahkan bahasa Program untuk fungsi antar muka (Graphic user interface/GUI)
  5. Dapat mengoptimalkan perangkat komputer



Sekian dulu artikel kita kali ini tentang pengertian sistem operasi, jenis-jenisnya, dan fungsi dari sistem operasi. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Sampai jumpa di artikel teknologi dan komputer keren lainnya. :D

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik