Pengertian Captcha dan Manfaatnya Bagi Website

Share:
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pernahkah saat kalian mengunjungi sebuah website dan ingin melakukan aksi tertentu seperti login atau memberikan komentar misalnya, lalu website tersebut merespon dengan memberikan challenge kepada kalian?. Jika iya, itulah yang disebut captcha.




Terkadang kita menganggap captcha sebagai hal yang menyebalkan, karena captcha bisa muncul berkali-kali dan terkadang challenge yang diberikan sedikit merepotkan. Tapi dibalik hal yang menyebalkan tersebut, captcha memiliki banyak sekali fungsi bagi sebuah website.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas fungsi-fungsi captcha bagi sebuah website. Tapi tidak hanya itu, untuk menambah pengetahuan kalian, saya juga akan menjelaskan pengertian captcha dan contoh-contoh captcha yang ada saat ini. Penasaran?, ayo ikuti selengkapnya berikut ini.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Study Case : Membuat Website Berita dengan menggunakan NewsAPI dan Bootstrap read more
📰 2. Cara Memuat Website Pencarian Trending dengan Google Trends dan Php read more
📰 3. Apa itu Brute Force Attack dan Berikut Tips Manjur Untuk Mencegahnya Komputer read more


Pengertian Captcha

Agar website Kalian terhindar dari spam, kalian membutuhkan fitur keamanan yang menjamin website kalian diakses manusia bukan oleh robot. Fitur inilah yang disebut Captcha. Umumnya Captcha terdiri dari rangkaian huruf dan angka. Lalu bagaimana cara kerjanya?
 
Contoh captcha, Scooooly, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Cara kerja captcha sangat sederhana, biasanya captcha muncul dengan berbagai model challenge atau tes. Contoh tesnya seperti memilih gambar yang sesuai, memasukan rangkaian huruf atau angka, operasi matematika dasar, menebak gambar, dsb. Kebanyakan robot spam tidak dapat melewati tes ini, apalagi jika tes pada captcha dapat berubah-ubah. Maka yang dapat mengerjakan tes tersebut hanyalah manusia. Makanya, terkadang captcha menulis “verify whether you are human or robot” artinya captcha sebagai verifikator apakah pengguna website tersebut adalah manusia atau robot.

Captcha biasanya terletak di bagian registrasi, login, atau form komenter. Ya fungsinya tidak lain dan tidak bukan mencegah robot untuk mendaftar dengan akun palsu atau memberikan komentar-komentar yang tidak jelas. Lalu apa saja fungsi captcha sebagai penghambat spam untuk website Kalian? Simak pembahasan lebih lanjut.


Manfaat Menggunakan Captcha bagi Website

1. Mencegah Registrasi Akun Palsu

captcha di website dapat melindungi form registrasi website Kalian dari serangan akun palsu. serangan akun palsu jangan Kalian remehkan. Database yang banyak dipenuhi akun palsu akan mempengaruhi efektivitas email Kalian. Mengapa?. Bila Kalian mengirim email marketing ke sebuah akun palsu, email tersebut tidak akan masuk ke suatu inbox.

jika jumlah email marketing yang terpental itu makin banyak, penyedia email seperti Gmail, Yahoo, atau Outlook akan menilai reputasi alamat email Kalian buruk. Saat reputasi email kalian semakin rendah, penyedia email akan mengarahkan email marketing Kalian ke folder spam para penerima. Akibatnya email marketing Kalian tidak akan efektif. akun palsu juga dapat mencuri data penting di website Kalian. Misalnya seperti data pribadi Kalian.


2. Mencegah Komentar Spam di Website atau Blog

Kalian pasti sering menemukan komentar spam pada blog ataupun website toko kalian. Contohnya adalah komentar yang mempromosikan suatu barang, atau komentar yang tidak jelas dan biasanya menyertakan link ke sebuah website. 

Jika hal ini sering terjadi, jangan sampai kalian abaikan, Karena komentar-komentar yang ada bisa membuat pengunjung website risih dan akhirnya membuat rusak reputasi website Kalian. Mesin pencari seperti Google juga akan menetapkan website dengan komentar spam sebagai spam virus dan menyebabkan website Kalian dihapus dari mesin pencarian Google.


3. Mengamankan Transaksi Jual Beli Online di Website

Belajar dari kasus yang dialami Supreme. Saat itu Supreme merilis dan menjual produk limited edition di hari tertentu. ada banyak robot yang melakukan pembelian dalam jumlah besar, Tujuannya agar produk ekslusif itu dijual dengan harga lebih mahal.

Sehingga pembeli asli tidak mendapatkan produk dengan harga asli dan harus membayar dengan harga lebih tinggi. Bahkan ada beberapa robot spam yang menetapkan biaya keanggotaan bagi para pembeli Supreme. Bila kasus ini terjadi pada produk eksklusif toko online Kalian, customer experience toko online Kalian tentu akan memburuk. Dan mengancam reputasi brand Kalian bukan? Dengan menggunakan Captcha maka hal ini bisa diatasi.


Jenis-jenis Captcha

1. reCaptcha Google

Captcha keluaran Google ini dianggap yang paling sulit ditembus robot, tetapi sangat mudah digunakan manusia. reCaptcha Google memiliki dataset dan dokumentasi yang terbagi jadi dua versi, yaitu: google reCaptcha v2 dan google reCaptcha v3. Google reCaptcha v3 menyediakan verifikasi keamanan otomatis dan dinilai lebih sederhana dibandingkan dengan Google reCaptcha v2. Contoh cara kerjanya:

google recaptcha
Pilih gambar yang sesuai, google recaptcha



Website toko online punya kalian memiliki traffic tinggi tetapi konversinya rendah. Kemudian Kalian ingin mengetahui traffic tinggi itu sebenarnya berasal dari pengunjung asli atau robot. Kalian bisa memasukkan Google reCaptcha pada masing-masing halaman website toko online. seperti pada halaman login, atau review produk.

Google reCaptcha akan melakukan pemindaian otomatis pada aktivitas pengunjung. Seperti memindai postingan pelanggan di halaman review. captcha akan langsung menghapus postingan tersebut bila terdeteksi sebagai aktivitas bot. pelanggan Kalian akan lebih percaya dengan halaman review Kalian. Sebab, komentarnya asli dan terbebas dari bot.


2. Text Captcha

Text captcha adalah captcha yang terdiri dari rangkaian huruf, angka, atau kombinasi keduanya. Captcha jenis ini mewajibkan pengguna agar memasukkan susunan angka, huruf atau kombinasi angka dan huruf yang ditampilkan. pengguna website yang memiliki gangguan penglihatan akan dimudahkan dengan captcha ini. Tapi juga memiliki banyak celah untuk dijebol oleh robot spam karena kemudahannya itu.

Contoh captcha, ScoooolyCC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons


3. Picture Recognition Captcha

Pengunjung diharuskan untuk memilih bagian foto yang sudah ditentukan sebelum mengakses sebuah halaman website. captcha memerintahkan pengunjung untuk memilih bagian gambar rambu lalu lintas atau gambar benda tertentu. Robot spam tidak memiliki kemampuan dalam mengenali gambar. captcha jenis ini lebih efektif untuk mencegah serangan spam. Tetapi jelas aktivitas mengenali gambar akan memakan waktu pengguna website.

sumber: arphaworb.com



4. Math Captcha

Math captcha adalah captcha yang berisi challenge atau tes hitung-hitungan sederhana. Dapat berupa penjumlahan atau pengurangan, biasanya pengguna tinggal memasukkan hasil perhitungannya dan melakukan submit untuk melakukan aksi tertentu.

math captcha
sumber: forum.openbulet.dev



5. 3D Captcha

3D captcha merupakan captcha berbasis teks atau angka dengan konsep tiga dimensi. Karena tingkat kesulitan captcha ini lebih tinggi sehingga sulit pula ditembus bot spam. Namun pengguna bisa melakukan reload bila merasa kesulitan dalam membaca Captcha tersebut.


Ok sekian artikel kali ini tentang pengertian captcha dan manfaatnya bagi website. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya. :D



No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik