Inilah Deretan Produk Google yang Gagal

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Dalam dunia teknologi dan internet, google telah banyak meluncurkan produk-produk yang sangat inovatif. Bahkan beberapa produk diantaranya sangat populer digunakan oleh masyarakat dunia, seperti google search, youtube, gmail, android dan masih banyak lagi. 

Meski terkenal sebagai raksasa teknologi dan banyak mengeluarkan produk-produk hebat, ternyata google juga pernah membuat produk-produk gagal. Apa saja produk-produk google yang dianggap gagal?. Berikut ini daftar produk gagal milik google yang mungkun belum banyak kalian tahu. 



1. Google Glass

Google glass adalah kacamata pintar yang dapat menampilkan informasi dari internet pada kacanya dan dapat dioperasikan melalui suara. Google glass dirilis pada bulan Februari 2013 dan mulai dipasarkan pada tahun 2014. 

google glass
Google Glass with frame, by: Mikepanhu, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Alih-alih menampilkan informasi. Google glass ternyata mendapat banyak kecaman dari masyarakat. Pasalnya kacamata ini bak mata-mata yang dapat merekam secara diam-diam dan mengganggu privasi orang lain.

Karena alasan itulah banyak tempat melarang penggunaan google glass, pada akhirnya google memberhentikan produksi alat ini dan menggantinya dengan google glass enterprise edition yang diluncurkan pada tahun 2019 dan hanya tesedia utuk mitra saja.


2. Project Ara

Project ara adalah ponsel dengan model modular. Modular artinya sebuah smartphone terdiri dari modul-modul seperti kamera, baterai, dsb, yang mana modul-modul ini dapat dibongkar pasang. Keuntungan dari ponsel ini kalian tidak perlu membeli ponsel baru, cukup mengganti modul-modul tertentu saja. Keuntungan lainnya adalah mengurangi limbah elektronik.


Projact Ara, by: Maurizio Pesce from Milan, Italia, CC BY 2.0, via Wikimedia Commons

Project yang sangat inovatif ini nyatanya gagal direalisasikan dan distop oleh google sebelum dirilis pada tahun 2017. Sumber dari Reuters menyebutkan proyek ini dihentikan google dalam rangka untuk merampingkan bisnis mereka.

Tentang apakah proyek ini terus dilanjutkan atau tidak dipublikasi masih tidak jelas. Tapi beredar kabar bahwa google ingin menjual lisensi teknologi ini kepada vendor lain untuk dikembangkan ulang. Jadi menurut kalian masalahnya apa ini guys?, kira-kira proyek ini bener-bener realitstis untuk dikerjakan dan diimplementasikan kepada masyarakat luas atau tidak.


3. Google Plus

Google plus adalah salah satu sosial media besutan google yagn lahir pada tahun 2011. Google berniat menyaingi facebook dengan memanfaatkan pengguna gmail yang begitu besar. Meski awalnya memiliki atensi masyarakat yang begitu besar. Google plus akhirnya harus diberhentikan pada bulan April 2019 dengan alasan sepi peminat. Google plus gagal bersaing dengan sosial media lain dan kegagalan ini sekaligus menambah daftar proyek dan aplikasi google yang pernah gagal.




4. Picasa

Picasa adalah aplikasi foto yang diakuisisi oleh google pada tahun 2004. Pada tahun tersebut picasa menjadi salah satu website foto paling populer, hal ini lah yang membuat google tertarik untuk membelinya. Tapi sayangnya, kepopuleran picasa tidak dapat bertahan lama. Pada tahun 2016 silam google secara resmi menutup aplikasi picasa dan menggantinya dengan google photos. Picasa sepi peminat karena kalah bersaing dengan aplikasi edit foto dan video lainnya.

5. Google Wave

Google wave adalah aplikasi dengan fungsi yang serupa dengan hangout. Aplikasi ini memungkinkan pengguna dapat megirim pesan dan mengedit dokumen. Aplikasi yang dulu sempat digadang-gadang dapat menggantikan gmail ternyata harus diberhentikan dan masuk ke dalam daftar produk google yang gagal. Alasannya aplikasi ini terlihat sangat membingungkan bagi pengguna. Maka pada akhirnya google menutup aplikasi pada tahun 2010 tepatnya satu tahun setelah aplikasi ini dirilis.



Ternyata masih ada beberapa produk besutan google lainnya yang dinyatakan gagal. Berikut ini daftar list produk google yang pernah gagal.

No Produk Penjelasan
1 Google Nexus (2010 - 2016) Sekarang google nexus digantikan dengan google pixel
2 Google Reader (2005 - 2013) Aplikasi pembaca
3 Google Talks (2005 - 2017) Aplikasi pesan instan digantikan dengan hangouts, messages dan duo
4 Chromecast Audio (2015 - 2019) pemutar musik
5 Quick Office (2004 - 2014) Aplikasi perkantoran digantikan dengan google docs
6 Google latitude (2009 - 2013) Aplikasi lokasi
7 Google Video (2005 - 2012) Aplikasi video streaming
8 Google Buzz (2010 – 2011) Aplikasi pesan instan
9 Google Offers(2011-2014) Aplikasi diskon dan kupon


Ok, sekian artikel tentang inilah deretan produk google yang gagal. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik