Apa itu Blog, Beda Blog & Website, Sejarah dan Manfaat Blog

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap apa itu blog, perbedaan blog dan website, struktur umum pada blog, sejarah singkat blog, dan manfaat memiliki blog. Ayo ikuti pembahasannya berikut ini.


 

Pengertian Blog

Blog adalah situs web media online yang berisi konten berupa artikel, foto & video yang dikelola oleh seseorang atau beberapa penulis secara bersamaan. Penulis atau pengelola blog biasa disebut dengan blogger. Tema atau pembahasan blog biasanya fokus pada area tertentu saja. Misalnya gaya hidup, keuangan, kesehatan, teknologi, kuliner, dsb.

pengertian blog
Ilustrasi gambar blog



Di Indonesia sendiri, sudah banyak blogger yang sukses di dunia blogging dan mengahasilkan jutaan bahkan ratusan juta rupiah tiap bulannya. Diantaranya ada Trinity, Sugeng Riyadi, Sasyachi, Iwan Banaran dan masih banyak lagi. Selain dikelola secara individual, blog juga banyak digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk menaikan SEO website utama mereka atau untuk menjual produk mereka dari platform blog. Ada banyak fitur dan manfaat dari blogging yang tentunya menguntungkan bagi bisnis.


Perbedaan Blog dan Website

Website adalah kumpulan halaman online yang dapat diakses melalui Internet menggunakan domain atau url. Situs web sering kali berisi informasi tentang produk atau layanan. Karena Sebagian besar berisi informasi tentang layanan atau produk. Maka website biasanya bersifat statis, dan sangat jarang diupdate baik dari sisi konten maupun desain.

Website juga biasa digunakan sebagai portfolio atau image dari sebuah perusahaan atau organisasi tertentu. Orang-orang akan mencari informasi tentang suatu produk atau layanan dari website mereka. Sedangkan dari sisi kepemilikan, website biasa dimiliki oleh organisasi atau bisnis bukan atas nama perorangan atau sekelompok orang.

website microsoft
Website resmi microsoft



Blog adalah salah satu jenis website yang berisikan konten seperti artikel bisa berupa opini, pengalaman, tips dan informasi pengetahuan. Dari sisi konten, blog memiliki konten yang lebih dinamis dan biasa diupdate secara teratur, sedangkan website lebih statis dan jarang diupdate. Penting untuk selalu mengupdate blog dengan konten yang berkualitas, karena dengan kontenlah blog bisa terus hidup dan hal itu juga yang menentukan kesuksesan suatu blog.



tokopedia blog
Tokopedia blog



Sejarah Blog

1994: Justin Hall membuat jurnal pribadi online dengan nama links.net. Halamannya tersebut masih sangat sederhana, hanya berlatar belakang putih tanpa gambar.

1997: Jorn Barger memperkenalkan istilah weblog. Weblog adalah kombinasi dari web dan log yang artinya catatan atau aktivitas internet. Pada tahap ini, blog sudah memiliki fitur post terbaru sampai post terlama.

1999: Nama blog dipopulerkan oleh perancang situs web yang Bernama Peter Merholz. Di blog miliknya, dia sangat menyukai permainan kata dan tidak menyangka istilah blog akan sangat berdampak besar dan dijadikan istilah. Di tahun ini pula, muncul platform blog seperti livejournal, blogger, dan xanga.

2001: Enda Nasution memperkenalkan blog di Indonesia. Kiprahnya di dunia blogging membuatnya mendapat julukan "Bapak Blogger Indonesia". Pada tanggal 27 Oktober 2007, ia juga memulai pesta blog dengan blogger Indonesia lainnya. Dan akhirnya tanggal tersebut juga menjadi hari blogger nasional.

2003: Google resmi mengambil alih atau mengakuisisi platform blogger. Pada tahun yang sama, pesaing Blogger, WordPress juga lahir. Keduanya sama-sama mudah digunakan dan gratis

2018: WordPress menjadi platform blog paling popular digunakan. Wordpress saat ini tidak hanya digunakan untuk membuat blog saja, tapi juga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam jenis website, bahkan website jual beli sekalipun. Wordpress saat ini memiliki plugin yang sangat lengkap dengan komunitas yang besar.


Manfaat Memiliki Blog

1. Media Publikasi

Selain media cetak, media sosial, website, atau video streaming seperti youtube. Blog juga bisa digunakan sebagai media publikasi. Kalian yang punya hobi menulis dengan tulisan yang Panjang bisa menggunakan blog sebagai media publikasi certa atau pengalaman kalian.

Bahkan blog bisa menjadi media publikasi yang cukup efektif untuk mempromosikan tulisan bahkan suatu produk jika blog yang kalian miliki sudah popular dengan view yang bisa mencapai puluhan bahkan ratusan ribu perharinya. Tak jarang pula ada orang yang akan berkomentar atau mengirim email kepada kalian untuk bekerjasama mempromosikan produk yang mereka miliki di blog kalian.

2. Portfolio

Di zaman modern yang serba internet saat ini, apapun bisa di-onlinekan, termasuk portfolio yang kalian miliki. Kalian bisa membuat blog dengan beragam tulisan yang sesuai minat dan skill kalian, lalu buatlah laman kosong untuk menampung cv, profil dan portfolio kalian.

Atau sebaliknya, saat kalian melamar kerja di sebuah perusahaan, kalian bisa mencantumkan blog yang kalian miliki di portfolio kalian tersebut. Apalagi jika kalian sudah terbiasa dengan blog, maka itu bisa menjadi skill tambahan dan meningkatkan peluang kalian untuk diterima di sebuah perusahaan.

3. Sebagai Media Catatan dan Pengingat

Selain media publikasi dan portfolio online, blog juga bisa kalian manfaatkan sebagai media pengingat atau catatan saat kalian lupa. Kalian bisa mengisi blog dengan catatan pengalaman atau ilmu yang kalian ketahui. Jadi saat kalian lupa, blog bisa menjadi salah catatan praktis (cheatsheet) yang bisa kalian gunakan kapapun.

4. Sebagai Media Penghasil Uang

Ini adalah salah satu alas an kenapa saya mau terus-tersuan menulis di blog. Blog bisa menghasilkan uang dengan cara memasang iklan seperti google adsense atau menawarkan jasa publikasi prdouk milik orang lain dengan bayaran yang telah disepakati Bersama.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak blogger yang sudah berhasil mendapatkan uang puluhan bahkan ratusan juta tiap bulannya hanya dari blog. Jadi bagi kalian yang punya hobi menulis dan sekaligus ingin mendapatkan penghasilan tambahan, blog bisa menjadi salah satu platform yang bisa kalian coba.


Sekian artikel singkat kali ini tentang apa itu blog, perbedaan blog & website, sejarah singkat dan manfaat blog. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel keren dan berkualitas lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik