5 Aplikasi Browser Tercepat dan Terbaik untuk Diinstal di PC atau Smartphone

Share:
5 aplikasi browser terbaik
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Mayoritas pengguna internet memilih menggunakan browser terbaik untuk diinstal di gadget mereka. Penyebabnya karena mereka menginginkan pengalaman kenyamanan seperti kecepatan loading dan keamanan peramban web saat sedang berselancar di dunia Maya.


Saat ini banyak sekali jenis aplikasi browser untuk PC maupun smartphone. Namun terkadang pengguna tidak mendapatkan browser yang sesuai dengan keinginannya. Web browser itu sendiri sebenarnya adalah suatu aplikasi atau software yang membantu penggunanya agar dapat menjelajahi, menyajikan dan mengambil konten yang ada di semua sumber informasi di internet. Pastikan Kalian sebagai pengguna menginstal aplikasi penjelajah web di PC ataupun smartphone yang sesuai dan mendukung kebutuhan aktivitas kalian. Berikut ini 5 browser tercepat dan terbaik yang dapat kalian pertimbangkan :


1. Google Chrome

Google Chrome adalah pilihan terbaik jika kalian menginginkan kecepatan loading, keamanan saat browsing, konfigurasi yang sederhana dan tampilan yang minimalis saat berselancar di Internet. Teknologi mesin rendering web kit adalah fitur utama peramban web ini yang mampu menyokong diberbagai perangkat seperti Windows, macOs , Linux, IOS, Android dan Chrome OS

google chrome
Google chrome, sumber: https://www.maxmanroe.com



Pengguna dapat menyimpan riwayat internet, riwayat unduhan, mengelola daftar bookmark, incognito mode atau mode penyamaran, mengelola profil dan lainnya. Mayoritas pengguna komputer/laptop memilih peramban ini karena selain memiliki kecepatan, google Chrome juga mempunyai fitur bandwidth saving sehingga bisa menghemat pemakaian paket data Smartphone. 

Sayangnya browser ini menggunakan RAM dalam operasinya, sehingga RAM harus cukup tinggi. Data pengguna browser ini juga akan tersimpan di server Google untuk kebutuhan iklan dan lainnya.

No Kelebihan Kekurangan
1 Desainnya Ramping Masalah privasi dengan pelacakan google
2 Nyaman dan aman dipakai Penggunaan RAM yang tinggi
3 Dapat diinstall di berbagai platform Kustomisasi yang terbatas
4 Memiliki kecepatan akses yang tinggi
5 Dapat disinkronisasi ke berbagai device
6 Memiliki banyak ekstensi
7 Tersambung ke berbagai aplikasi google
8 Fitur lengkap untuk dan nyaman untuk developer
9 Desainnya Ramping


2. Mozilla Firefox

Fitur yang lebih lengkap menjadikan Mozilla Firefox sebagai salah satu browser terbaik yang pernah ada. Apalagi update terbaru Mozilla Firefox yang dikenal sebagai Firefox Quantum memiliki kecepatan yang lebih dibanding versi sebelumnya. Beberapa fitur Mozilla Firefox antara lain : reading note, pembaca PDF, add-on, sinkronisasi web notification, bookmark dll.

mozilla firefox
Mozilla firefox, sumber: https://www.maxmanroe.com



Walaupun sedikit lebih lambat dari google Chrome, Firefox tetap menjadi opsi utama untuk sebagian pengguna internet karena memiliki fitur yang keren. Pada versi mobile, pengguna bahkan bisa memblokir iklan secara otomatis dan terlindungi dari pelacakan pada peramban pribadi. Berikut kelebihan dan kekurangan Mozilla Firefox :

No Kelebihan Kekurangan
1 Tema, ekstensi dan plugin dapat disesuaikan dengan mudah masalah kompatibilitas pada beberapa webste
2 Fitur keamanan yang kuat proses pengunduhan lambat karena laman web menjalankan banyak aplikasi, plugin atau ekstensi tambahan
3 Fitur mutlti tab memudahkan pengguna untuk melakukan multitasking menghabiskan banyak resource (RAM)
4 Mudah diinstall, diupdate atau dihapus Kustomisasi terbatas
5 Antar muka yang mudah dan kaya addon
6 Dapat menjelajah internet tanpa menyimpan cookies dan riwayat peramban


3. Opera

Opera termasuk salah satu browser tercepat dan ringan untuk PC/laptop dan smartphone. Desain tampilan nya sederhana dengan sidebar dibagian kiri yang memudahkan pengguna mengoperasikannya. Fitur pilihan bahasa, fitur keamanan, fitur speed dial , fitur restore sessions adalah beberapa fitur di peramban ini. Namun kekurangan nya, pengguna tidak dapat membaca halaman web tertentu secara utuh karena melakukan kompres pada file javascript. Berikut kelebihan dan kekurangan Opera

opera browser
Opera browser, sumber: https://www.maxmanroe.com



No Kelebihan Kekurangan
1 Cepat dan responsif
2 fitur keamanan yang canggih dan selalu up to date
3 memiliki fitur VPN sehingga pengguna bisa membuka website yang diblokir
4 gampang diinstal, di update dan dihapus
5 proses download halaman web lebih cepat dan aman
6 ringan dan tidak menghabiskan sumber daya pada hard Drive komputer


4. UC Browser

Meskipun kurang familiar dibanding peramban sebelumnya namun cukup banyak dipakai untuk perangkat PC/ laptop. Beberapa fitur pada UC browser antara lain: fast download, cloud sync, data compresion dll.

uc browseer
Uc browser, sumber: https://www.maxmanroe.com



No
Kelebihan Kekurangan
1 memiliki kecepatan tinggi bahkan pada saat kecepatan internet rendah halaman antar muka yang kurang nyaman terutama untuk pengguna baru
2 menu yang nyaman, mudah dimengerti dan semua fungsi utama terlihat penggunaan aktif RAM yang menyebabkan penangguhan pengoperasian paralel sehingga mengalami freez dan lambat karena kekurangan RAM komputer
3 memiliki fitur transmisi ke perangkat lain contohnya televisi boros baterai saat beroperasi
4 menggunakan algoritma kompresi data yang unik integrasi tidak berfungsi pada beberapa aplikasi. Misalnya koneksi YouTube tidak akan terbuka di aplikasi YouTube.
5 mode penyamaran yang memungkinkan pengguna dapat mengunjungi situs secara anonim tanpa menyimpan data kunjungan di riwayat peramban. terlalu banyak pilihan
6 dapat melakukan sinkronisasi dengan perangkat seluler menggunakan penyimpan cloud butuh banyak ruang


5. Dolphin browser

Setelah mengalami beberapa perbaikan, Dolphin menjadi salah satu aplikasi browser tercepat dan terpopuler di perangkat Android. Karena memiliki mesin gkalian dengan webkit dan dolphin Jetpack menjadikan alternatif terbaik untuk platform android dan mendukung gerakan multi sentuh. Fitur kalianlannya antara lain : opsi blokir iklan, pemutar video HTML 5, tab bar, flash player, incognito browsing dll.

dolphin browser
Dolphin browseer, sumber: https://www.maxmanroe.com





No
Kelebihan Kekurangan
1 Bisa menggunakan banyak tab untuk penjelajahan all in one sedikit lebih lambat saat startup
2 dukungan flash Drive ( khusus android) bisa mengalami error saat melakukan remote sistem file jarak jauh
3 adanya opsi membagikan dan sinkronisasi tautan dengan mudah menggunakan Facebook, Evernote, box dan platform lainnya
4 mempunyai sonar cerdas untuk pencarian suara
5 mempunyai sonar cerdas untuk pencarian suara
6 dapat di kustomisasi dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakai



Demikian pembahasan artikel kali ini. Setiap peramban pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan kalian agar aktivitas berselancar kalian di internet lebih produktif. Sekian artikel tentang 5 aplikasi browser tercepat dan terbaik untuk diinstal di pc dan smartphone. Semoga bermanfaat, salam dan samapi jumpa di artikel keren lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik