Cara Membuat Berbagai Grafik dan Diagram pada Excel

Share:
Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar membuat berbagai macam grafik dengan mudah di aplikasi excel. Ayo ikuti artikel selengkapnya berikut ini.

Data yang disajikan dalam bentuk tabel akan lebih mudah dibaca dan dipahami jika dipresentasikan dalam bentuk grafik atau diagram. Dengan menggunakan grafik atau diagram, list data yang panjang dapat diringkas sehingga hal ini memudahkan orang yang melihatnya untuk memahami seluruh list data yang ada. 

Ada beberapa contoh grafik atau diagram yang biasa kita gunakan untuk membuat laporan, yaitu diagram garis (line chart), diagram lingkaran (pie chart), dan diagram batang (bar chart). Ketiga diagram tersebut akan kita pelajari bagaimana cara membuatnya di aplikasi Ms. Excel.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Study Case : Membuat Website Berita dengan menggunakan NewsAPI dan Bootstrap read more
📰 2. Cara Memuat Website Pencarian Trending dengan Google Trends dan Php read more
📰 3. Apa itu Brute Force Attack dan Berikut Tips Manjur Untuk Mencegahnya Komputer read more


Cara Membuat Diagram Batang (Bar Chart)

Diagram batang atau bar chart adalah diagram yang sering digunakan untuk perbandingan data. Misalnya membandingkan data jenis kelamin, data populasi di beberapa daerah dan contoh-contoh data lainnya yang bisa bandingkan. Data biasa dipresentasikan dalam bentuk bar dengan model vertical atau horizontal. Di dalam excel diagram batang dengan model vertical disebut dengan column chart, sedangkan diagram batang dengan model horizontal disebut dengan bar chart.

1. Untuk membuat diagram batang di dalam Ms. Excel, pertama-tama persiapkan terlebih dahulu list data seperti gambar yang ada di bawah ini. Berikut adalah contoh sebaran data populasi di berbagai negara di dunia.

membuat grafik dan diagram excel
Membuat Diagram Batang (1)




2. Silahkan blok seluruh kolom. Lalu pilih menu insert → klik bar → klik salah satu contoh diagram. Ikuti gambar berikut ini untuk jelasnya.

membuat diagram di excel
Membuat Diagram Batang (2)




Maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini. Di bawah ini adalah gambar bar chart, di sebelah kiri terdapat label negara, lalu populasi tiap negara di wakili dengan batang (bar). Dan di bagian paling bawah adalah perkiraan populasinya.

membuat diagram batang di excel
Membuat Diagram Batang (3)




Cara Membuat Diagram Garis (Line Chart)

Diagram garis atau line chart. Diagram ini biasa digunakan untuk memonitoring suatu entitas dari waktu ke waktu. Misalnya perkembangan penjualan produk dari bulan ke bulan, atau pendapatan, atau frekuensi kecepatan jaringan internet, dsb. Diagram ini digambarkan dalam bentuk garis yang melintang atau memanjang. Jika terjadi kenaikan maka garis akan ikut naik, dan jika terjadi penurunan maka garis akan ikut turun.


1. Untuk membuat line chart, pertama-tama silahkan siapkan contoh datanya seperti gambar di bawah ini. Gambar di bawah ini adalah contoh pemasukan selama beberapa hari di bulan April 2021.

cara membuat diagram garis di excel
Membuat Diagram Garis (1)




2. Selanjutnya blok semua kolom, klik menu insert → pilih line → lalu klik salah satu contoh diagram. Silahkan ikuti gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

cara membuat diagram garis di excel
Membuat Diagram Garis (2)




Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini. Di sisi seblah kiri terdapat jumlah pemasukan, lalu di bagian bawah terdapat tanggal. Data pemasukan dari waktu ke waktu digambarkan dalam bentuk diagram. 

cara membuat diagram garis di excel
Membuat Diagram Garis (3)




Cara Membuat Diagram Lingkaran (Pie Chart)

Diagram lingkaran atau pie chart. Diagram ini biasa digunakan untuk menggambarkan sebaran atau distribusi data sesuai masing-masing entitas yang ada hingga nilainnya mencapai 100%. Diagram ini bisa kita gunakan untuk membandingkan jumlah jenis kelamin, jumlah populasi, dsb.

1. Untuk membuat diagram lingkaran, pertama-tama silahkan siapkan list data seperti gambar di bawah ini. Berikut ini adalah jumlah murid di sebuah sekolah berdasarkan jenis kelaminnya.

Cara Membuat Diagram Lingkaran di excel
Membuat Diagram Lingkaran (1)



2. Kemudian blok seluruh kolom, pilih menu insert → pilih pie, dan pilih salah satu jenis diagram yang ada. Ikuti gambar berikut ini untuk lebih jelasnya.

cara membuat diagram lingkaran di excel
Membuat Diagram Lingkaran (2)




Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini. Sebubah diagram berbentuk lingkaran. data laki-laki diwarnai biru dan data perempuan diwarnai merah.

membuat diagram lingkaran di excel
Membuat Diagram Lingkaran (3)



Jika kalian merasa sulit untuk melihat presentasi dari contoh diagram pie di atas, kalian bisa merubah gaya diagram tersebut agar lebih mudah dibaca. Caranya silahkan klik gambar diagram → klik menu design → lalu pilih salah satu layouts yang ada.

cara membuat diagram dengan excel
Merubah Style Diagram



Sekian tutorial cara membuat berbagai macam grafik dan diagram pada aplikasi excel. Semoga artikel singkat ini bermanfaat. Jika ada kesulitan, silahkan tanya langsung di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial menarik lainnya


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik