Cara Freeze/Membekukan Baris dan Kolom di Excel Cepat, Mudah dan Lengkap!

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan trick bagaimana cara membekukan(freeze) baris dan kolom pada aplikasi excel. Bagaimana caranya?, mari ikuti tutorialnya berikut ini.


Freeze atau mode beku digunakan untuk menahan baris atau kolom tertentu agar saat halaman discroll ke bawah atau ke samping header baris atau kolom tetap dapat terlihat. Fitur freeze ini cukup bermanfaat, apalagi jika kalian bekerja dengan data excel yang cukup banyak. 

Freeze untuk baris biasanya digunakan untuk menandakan kelompok isi dari setiap kolom. Jadi saat kalian scroll halaman ke bawah, kalian akan tetap mengetahui fungsi kolom tersebut untuk diisi dengan data apa. Sedangkan freeze untuk kolom biasanya digunakan untuk memebekukan kolom subjek, seperti nama, brand dan sebagainya.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Membuat Notifikasi Realtime dengan php dan Jquery read more
📰 2. Cara Membuat Hide/Show Input Password dengan Javascript dan Bootstrap read more
📰 3. Cara Mencegah Multiple Submit dan Cara Menggunakan Spinner Bootstrap sebagai Indicator Loading pada Php read more



Cara Freeze Baris Pertama

Untuk membekukan baris pertama, caranya klik tab view → lalu klik freeze panes → lalu klik freeze top row. Panduannya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

cara freeze baris dan kolom pada excel
Freeze baris pertama



Saat baris pertama difreeze, akan terlihat garis di sepanjang baris pertama, jika discroll ke bawah maka baris pertama tidak akan tertutupi. Cara pertama ini juga cukup mudah terapkan, kalian juga tidak perlu memblok baris yang dipilih untuk membekukan baris.


Cara Freeze Kolom Pertama

Selain membekukan baris, excel juga dapat membekukan kolom pertama. Caranya hampir sama dengan cara di atas, silahkan klik tab view → lalu klik freeze panes → lalu klik freeze first column. Panduannya bisa kalian ikuti seperti gambar di bawah ini.

cara freeze baris dan kolom excel
Freeze kolom pertama



Saat kolom pertama difreeze, akan terlihat garis disepanjang kolom pertama, jika kalian scroll halaman ke samping maka kolom pertama akan tetap terlihat dan tidak tertutupi. Cara ini cukup mudah, kalian juga tidak perlu meblok kolom yang akan difreeze.

Cara Freeze Lebih Dari Satu Baris

Nanti ada kalanya kalian akan menemukan masalah dimana harus memebekukan beberapa baris. Misalnya baris pertama digunakan untuk judul lalu di baris kedua digunakan untuk header tiap kolom. Nah membekukannya mudah sekali.

Misalnya kalian ingin membekukan row 1 dan 2. Maka silahkan kalian seleksi row ketiga. Lalu klik tab view → lalu klik freeze panes → dan pilih freeze panes lagi. Silahkan lihat panduannya pada gambar di bawah ini.

cara freeze baris dan kolom pada excel
freeze lebih daris 1 baris



Cara Freeze Lebih Dari Satu Kolom

Untuk membuat freeze lebih dari satu kolom caranya sangat mudah sekali, stepnya juga sangat mirip dengan cara membuat freeze lebih dari satu baris. Misalnya kalian ingin membekukan kolom 1 dan 2, maka silahkan seleksi kolom ke 3. Lalu pilih tab view → lalu pilih freeze panes → lalu pilih freeze panes kembali. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti gambar di bawah ini.

cara freeze baris dan kolom excel
freeze lebih dari satu kolom



Cara Menghilangkan Freeze

Untuk menghilangkan freeze tidak bisa hanya menggunakan shortcut CTRL + Z saja. Cara untuk menghilangkannya adalah, silahkan kalian buka tab view lalu pilih freeze panes, lalu klik unfreeze panes, maka otomatis semua freeze akan hilang baik pada baris atau kolom.

cara freeze baris dan kolom excel
unfreeze kolom dan baris


Ok sekian artikel tips dan trick kali ini dalam pembahasan cara freeze/membekukan baris dan kolom di excel secara cepat dan mudah. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah post ini. Sampai jumpa di tutorial dan tips excel lainnya di sahretech.


No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik