Membuat Pencarian Data Berdasarkan Periode Tanggal di Php

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Pada kesempatan yang berbahagia kali ini saya akan membuat tutorial cara membuat filter atau pencarian data menurut periode tanggal recordnya. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Fitur pencarian adalah salah satu fitur yang sangat penting pada aplikasi yang menampilkan data yang sangat banyak. Dengan adanya fitur ini, maka data yang kita cari bisa difilter sesuai parameter yang telah ditentukan. Kebetulan saya juga telah membuat contoh penerapannya pada dua link artikel berikut ini

Link 1: Cara Membuat Fitur Pencarian dengan Php dan Mysql

Link 2: Cara Membuat Fitur Pencarian dengan Dropdown Select pada Php dan Mysql

Selain dua artikel di atas, saya juga akan mengulas cara memfilter data berdasarkan periode atau range tanggal, yang mana konsepnya sama seperti dua artikel di atas. Fitur ini sangat cocok diimplementasikan pada aplikasi finansial atau aplikasi penjualan yang membutuhkan record data dalam kurun waktu tertentu.

Nah, pada studi kasus kita kali ini, saya akan membuat sebuah tampilan web sederhana dimana terdapat form tanggal dari dan tanggal ke, dimana kedua tanggal ini akan kita jadikan parameter untuk menampilkan data sesuai tanggal yang telah dipilih.


Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Cepat Membuat Back-end Restful API Tanpa Coding dengan Typicode Json Server read more
📰 2. Cara Menggunakan Library Datatable Serverside di Laravel Moodle read more
📰 3. Cara Membuat Import Data Excel ke Database Mysql dengan php read more
📰 4. Cara Membuat Peta Digital dengan Leafletjs, Alternatif Peta Digital tanpa Google Maps API read more


Cara Membuat Fitur Pencarian Berdasarkan Periode Tanggal

Cara membuat fitur pencarian berdasarkan periode tanggal sangatlah mudah, meski begitu kalian harus paham terlebih dahulu dasar-dasar CRUD pada php. Dan karena kita hanya akan fokus pada fitur pencariannya saja, maka saya tidak akan membuat Create, Update, dan Delete-nya.

1. Membuat Database dan Tabel

Buatlah sebuah database baru dengan nama latihan, lalu buatlah sebuah tabel di dalamnya dengan nama transaksi. Ikuti gambar di bawah ini untuk melihat struktur lengkap tabel transaksi.
filter data berdasarkan periode di php
Struktur tabel transaksi


Dan jangan lupa untuk mengisikan beberapa data ke dalam tabel transaksi dengan tanggal transaksi yang berbeda-beda.

2. Membuat Halaman Pencarian Data

Buatlah sebuh folder baru dengan nama latihan_pencarian dan buat sebuah file index.php di dalamnya. Copy script di bawah ini dan pastekan ke dalam file tersebut.
    

<html> <head> <title>Latihan Pencarian Tanggal</title> <!-- bootstrap cdn --> <link href="https://cdn.jsdelivr.net/npm/bootstrap@5.0.0-beta3/dist/css/bootstrap.min.css" rel="stylesheet" integrity="sha384-eOJMYsd53ii+scO/bJGFsiCZc+5NDVN2yr8+0RDqr0Ql0h+rP48ckxlpbzKgwra6" crossorigin="anonymous"> </head> <body> <?php $servername = "localhost"; $database = "latihan"; $username = "root"; $password = ""; // membuat koneksi $conn = mysqli_connect($servername, $username, $password, $database); ?> <div class="container mt-4"> <!-- form filter data berdasarkan range tanggal --> <form action="index.php" method="get"> <div class="row g-3 align-items-center"> <div class="col-auto"> <label class="col-form-label">Periode</label> </div> <div class="col-auto"> <input type="date" class="form-control" name="dari" required> </div> <div class="col-auto"> - </div> <div class="col-auto"> <input type="date" class="form-control" name="ke" required> </div> <div class="col-auto"> <button class="btn btn-primary" type="submit">Cari</button> </div> </div> </form> <div class="card"> <div class="card-body"> <table class="table table-striped"> <thead> <tr> <td>No</td> <td>Tanggal Transaksi</td> <td>Keterangan Transaksi</td> <td>Jumlah Transaksi</td> </tr> </thead> <?php //jika tanggal dari dan tanggal ke ada maka if(isset($_GET['dari']) && isset($_GET['ke'])){ // tampilkan data yang sesuai dengan range tanggal yang dicari $data = mysqli_query($conn, "SELECT * FROM transaksi WHERE tgl_transaksi BETWEEN '".$_GET['dari']."' and '".$_GET['ke']."'"); }else{ //jika tidak ada tanggal dari dan tanggal ke maka tampilkan seluruh data $data = mysqli_query($conn, "select * from transaksi"); } // $no digunakan sebagai penomoran $no = 1; // while digunakan sebagai perulangan data while($d = mysqli_fetch_array($data)){ ?> <tr> <td><?php echo $no++; ?></td> <td><?php echo $d['tgl_transaksi']; ?></td> <td><?php echo $d['keterangan_transaksi']; ?></td> <td><?php echo $d['total_transaksi']; ?></td> </tr> <?php } ?> </table> </div> </div> </div> </body> </html>

Dengan menggunakan konsep if-else kita bisa membuat filtering data berdasarkan periode tertentu. Jika data tanggal dari dan tanggal ke ada maka cari data yang sesuai dengan range tanggal tersebut. Tapi jika tidak, maka data akan ditampilkan seluruhnya.

3. Menjalankan Project

membuat pencarian data berdasarkan periode tanggal
Hasil akhir 



Bagimana?, cara membuatnya cukup mudah bukan?. Untuk membuat tampilan web menjadi lebih powerful kalian bisa menambahkan paginasi atau menggunakan datatable serverside untuk mendapatkan tabel dengan full feature.

Sekian tutorial cara membuat pencarian data berdasarkan periode tanggal di php. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah post ini. Sampai jumpa di tutorial php seru lainnya.

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik