Cara Membuat Login Google di Wordpress

Share:
Gambar oleh Werner Moser dari Pixabay dan telah diedit oleh sahretech

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat fitur login google di website wordpress. Bagaimana caranya?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Saat ini, fitur google sign-in sudah banyak digunakan di situs-situs besar seperti tokopedia, gojek, shopee dan lainnya. Dan kalian yang membangun website dari 0 juga tetap bisa menggunakan fitur ini. Google sign-in tidak hanya digunakan pada aplikasi berbasis smartphone tapi juga digunakan pada aplikasi berbasis website dan desktop.

Dengan adanya fitur ini, jelas membuat website atau aplikasi yang kita bangun menjadi lebih profesional dan tentunya lebih memudahkan pengguna dalam urusan login. Para pengguna yang telah terdaftar hanya perlu login dengan akun google mereka masing-maing. Apa lagi jika browser yang mereka gunakan telah menyimpan konfigurasi login google yang telah diset sebelumnya, hal ini jelas menambah kemudahan bagi para pengguna.

Disisi lain, kalian tidak perlu memasukkan password login ke dalam aplikasi wordpress. Karena password hanya diminta untuk memverifikasi akun gmail kalian, nantinya wordpress hanya akan menyimpan data email saja, sedangkan password dan data penting lainnya tidak akan disimpan ke dalam wordpress.

Terus gimana cara buatnya?, memang memasang fitur google sign-in terlihat begitu rumit, karena untuk memasang fitur ini, butuh pemahanan coding dan komunikasi api google yang baik. Tapi itu hanya berlaku untuk aplikasi custom atau aplikasi yang dibangun sendiri.

Jika kalian menggunakan wordpress, semuanya sudah disediakan, dan kalian tidak perlu ngoding untuk dapat memanfaatkan layanan ini. Kita akan memanfaatkan plugin yang telah disediakan. Dan saatnya mari kita praktekkan!.

Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Cepat Membuat Back-end Restful API Tanpa Coding dengan Typicode Json Server read more
📰 2. Cara Menggunakan Library Datatable Serverside di Laravel Moodle read more
📰 3. Cara Membuat Import Data Excel ke Database Mysql dengan php read more
📰 4. Cara Membuat Peta Digital dengan Leafletjs, Alternatif Peta Digital tanpa Google Maps API read more


Cara Membuat Login Google di Wordpress

1. Login wordpress → masuk ke menu plugins → tambah baru
2. Lalu cari "Google Apps Login" di pencarian, lalu install dan aktifkan plugin

cara membuat login google di wordpress
Instalasi plugin 



3. Selanjutnya buka menu pengaturan → lalu buka menu google apps login. Lalu kalian akan melihat id client dan secret client yang harus kalian isi seperti gambar di bawah ini

cara membuat login google di wordpress
Halaman setting google sign-in



Id client dan secret client perlu kalian buat terlebih dahulu di console.developers.google.com. Silahkan buka tautan tersebut dan ikuti instruksi cara membuat id client dan secret client seperti di bawah ini.

4. Pertama kalian perlu membuat project terlebih dahulu. Caranya click select a project lalu click new project, seperti gambar di bawah ini.

cara membuat login google di wordpress
Membuat project baru di google developer console


5. Selanjtunya, silahkan tentukan nama project kalian. Disini saya memberi nama project: wordpress login. Untuk location diisi dengan no organisation atau dibiarkan saja. Kemudian klik tombol create untuk membuat project baru.

cara membuat login google di wordpress
Membuat project baru di google developer console



6. Setelah project berhasil dibuat, kalian akan diarahkan ke halaman dashboard. Klik menu 
OAuth consent screen, lalu pilih external dan klik tombol create

cara membuat login google di wordpress
Membuat OAuth consent screen



7. Selanjutnya, isi informasi aplikasi kalian, isi hanya form yang diwajibkan saja, yang lainnya optional bisa kalian isi atau tidak. Form yang wajib adalah app name, user support email, dan developer contact information. Jikas sudah diisi silahkan klik save and continue

cara membuat login google di wordpress
Membuat OAuth consent screen (2)



8. Selanjutnya klik menu credentials yang berada di bilah sebelah kiri. Lalu klik create credentials untuk membuat credentials baru → lalu pilih OAuth Client ID

cara membuat login google di wordpress
Membuat credentials 



9.  Selanjutnya, pada application type pilih web application, lalu scroll ke bawah dan klik add uri. Lalu isilah dengan alamat https://wordpress-kalian.com/wp-login.php. Lihat instruksinya seperti gambar di bawah ini.

cara membuat login google di wordpress
Membuat credentials (2)



10. Selanjtunya kalian akan diberikan id client dan secret client. Nah copylah keduanya dan pastekan di dalam setting wordpress kalian sebelumnya.

cara membuat login google di wordpress
Mendapatkan id client dan secret client



11. Buka kembali wordpress kalian → klik menu pengaturan → klik google apps login, lalu isi main setup dengan id client dan secret client yang telah kalian dapatkan sebelumnya.

cara membuat login google di wordpress
Menambahkan id client dan secret client pada setting wordpress



12. Kemudian logout, dan lihat hasilnya. Maka akan tampil tombol login seperti gambar di bawah ini. Untuk melakuakan login kalian harus memiliki gmail yang sudah didaftarkan terlebih dahulu di dalam wordpress kalian.

cara membuat login google di wordpress
Hasil login google di halaman login wordpress



Tapi tenang, jika belum ada gmail yang terdaftar kalian masih bisa menggunakan cara login seperti sebelumnya. Silahkan tambahkan user baru dengan gmail yang telah terdaftar, lalu coba masuk kembali dengan akun tersebut.

Sekian tutorial cara membuat login google di wordpress. Semoga artikel singkat ini dapat memberikan solusi dan manfaat bagi yang mencarinya. Jika ada yang kurang jelas atau susah dipahami, silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial wordpress keren lainnya. 😁

No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik