Cara Membuat Website Kamu Jadi Multi Bahasa di Wordpress

Share:
Gambar oleh Werner Moser dari Pixabay

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan yang berbahagia kali ini saya akan memberikan tutorial berkaitan dengan wordpress. Tutorial itu adalah, cara membuat website multi bahasa. Penasaran?, ayo ikuti tutorial selengkanpnya berikut ini.



Membuat website menjadi multi bahasa bermanfaat untuk menaikkan traffic dan kunjungan audiens. Tapi jika kalian bekerja sendiri, membuat website multi bahasa tidaklah mudah. Kenapa?, karena kalian perlu menyalin semua post dan setting dasar website menjadi bahasa yang akan ditranslate.

Ada cara lain yang bisa kalian gunakan jika tidak mau ribet membuat page dan post dengan bahasa yang berbeda. Caranya dengan menggunakan plugin. Ada beberapa plugin yang bisa kalian gunakan secara gratis, tapi kali ini kita akan mencoba Gtranslate. Settingannya mudah sekali, dan tersedia banyak mode untuk disesuaikan dengan website kalian. Ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Baca Artikel Lain ✨
📰 1. Cara Membuat Konfirmasi Email Registrasi di Laravel read more
📰 2. Cara Membuat Fitur Authentication dan Reset Lupa Password pada Laravel 7 read more
📰 3. Cara Mudah Memasang Template Bootstrap di Laravel read more


Cara Membuat Website Menjadi Multi Bahasa

1. Masuk ke halaman dashboard wordpress kalian masing-masing.
2. Klik menu plugin → tambah baru, lalu cari gtranslate di pencarian
3. Gtranslate muncul di pencarian pertama, lalu klik pasang sekarang → lalu aktifkan

membuat multi bahasa-sahretech
Install plugin gtranslate



4. Setelah plugin diaktifkan, buka menu pengaturan pilih → gtranslate
5. Pada bagian widget look, pilih bagaimana widget akan ditampilkan, jika kalian merubahnya makan otomatis widget preview akan ditampilkan disebelah kanan.
6. Lalu pada bagian show in menu, pilih bagian menu mana yang akan ditampilkan. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

cara membuat multi bahasa-sahretech
setting gtranslate



7. Scroll ke bawah lalu ceklis bahasa apa saja yang ingin ditranslate.

cara membuat multi bahasa-sahretech
Cara setting multi bahasa


8. Jika sudah selesai, scroll lagi ke bawah dan klik tombol simpan perubahan untuk menerapkan plugin ini pada website kalian.

9. Buka website kalian, lalu tampilannya akan tampak seperti di bawah ini. Coba kalian pilih salah satu bahasa untuk ditranslate, maka hasilnya semua text termasuk post kalian akan otomatis ditranslate ke bahasa yang dituju.

cara membuat multi bahasa-sahretech
Hasil plugin gtranslate



Selain setting singkat di atas, kalian juga bisa memberikan setting yang berbeda, seperti memberikan warna widget, menampilkan widget translate mengambang, memberikan ukuran bendera, dan membuat translate bahasa secara manual(pro). Translasi secara manual biasanya digunakan jika translasi bahasa kurang tepat.

Bagaimana mudah bukan?. Sekian tutorial cara membuat website kamu jadi multi bahasa di wordpress. Semoga tutorial ini dapat membantu, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Sampai jumpa di tutorial menarik lainnya.


No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik