Kenalan dengan Edmodo, Media Belajar Online Seru Layaknya Sosial Media

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Selain facebook, twitter, instagram, youtube dan sosial media lainnya, terdapat salah satu aplikasi media sosial yang dapat kalian gunakan sebagai media kegiatan belajar mengajar yaitu edmodo.



Edmodo adalah jejaring sosial yang lebih diperuntuhkan untuk kegiatan belajar mengajar. Guru atau pengajar dapat membuat forum atau kelas, dan pelajar dapat masuk ke dalam kelas tersebut hanya apabila guru mengundang mereka.

Disadur dari wikipedia, edmodo adalah perusahaan teknologi pendidikan yang menawarkan alat komunikasi, kolaborasi, dan pembinaan untuk guru dan sekolah k-12. Edmodo didirikan pada tanggal 1 September 2008, bermarkas di San Mateo, California. 

edmodo sahretech
Tampilan awal edmodo


Edmodo memiliki banyak sekalai fitur-fitur yang bisa menunjang keperluan KBM di kelas, gayanya pun seperti facebook atau seperti media sosial kebanyakan. Dimana murid maupun guru dapat saling berkirim pesan dan menulis status informasi yang berkaitan dengan kelas mereka. 


Di masa pandemi seperti ini, jelas guru dan manajemen sekolah harus mencari cara agar pembelajaran tetap berlangsung efektif. Maka salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah belajar menggunakan sosial media seperti: edmodo. Dengan menggunakan edmodo, guru dapat lebih mudah mengatur kelas dan murid-murid yang ada di dalamnya.

edmodo sahretech
Edmodo getting started



Selain manajemen kelas, keutungan lain yang diberikan edmodo adalah

  1. Pengajar dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen-dokumen lainnya. Sehingga guru dapat dengan mudah membagikan materi pelajaran di dalam satu tempat dengan menggunakan edmodo.
  2. Selain berbagi catatan, pengajar bisa menginformasikan banyak hal seperti sosial media pada umumnya. Pengajar bisa mengirimkan info seperti tidak bisa berhalangan masuk, jadwal ujian, aturan kelas, dan bahkan peringatan kepada murid-muridnya.
  3. User interface seperti jejaring sosial facebook sehingga para pengajar dan murid nayaman saat menggunakannya.
  4. Pengajar dapat memberikan tugas, quiz atau ujian yang dapat diset waktu mulai dan waktu habis.
  5. Model Ujian online dengan edmodo dapat disesuaikan dengan jenis soal seperti multiple choice, true or false, short answear, dan essay.

Kalian bisa mengakses situs ini di www.edmodo.com. Cara joinnya mudah sekali, kalian bisa mendaftar akun dengan mengisi biodata diri berupa nama, username, password dan kode grup jika kalian memiliki kode grup. Atau kalian bisa mendaftar langsung dengan menggunakan google, microsoft, atau apple account.

Tampilan antarmuka dari edmodo bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.
edmodo sahretech
Tampilan beranda edmodo



Tampilan yang disajikan sangat sederhana, dimana kalian bisa dengan mudah mencari informasi di menu atas, samping kiri dan kanan pada beranda edmodo ini. Di sebelah foto profil kalian bisa melihat notifikasi yang masuk, kemudian di bagian bawahnya kalain bisa melihat quiz, dan soal-soal apa saja yang telah dikerjakan dan terlambat dikerjakan. Sedangkan di sebelah kiri layar terdapat nama-nama group dan kelas yang kalian ikuti.

edmodo sahretech
Tampilan Quiz Online Edmodo




Bagaimana?, apakah kalian sekarang tertarik menggunakan edmodo sebagai sarana pembelajaran modern saat pandemi seperti sekarang ini?

Demikian artikel tentang edmodo, media belajar online seru layaknya sosial media. Semoga bermanfaat, jika kalian merasa informasi ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian yang lainnya. Dan apabila ada yang ingin didiskusikan terkait dengan artikel di atas, silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.😃



No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik