Jangan Buang Laptop Bekasmu, Berikut Cara Memanfaatkan Harddisk Bekas Laptop Rusak

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Punya laptop rusak?, jangan buru-buru dibuang bangkainya ya sob, karena tips berikut ini bisa kalian gunakan untuk memanfaatkan kembali salah satu komponen penting di laptop kalian sob, komponen itu adalah harddisk, gimana caranya? ayo ikuti artikelnya berikut ini.

Jika kalian punya laptop bekas dalam tanda kutip rusak. Bisasanya masih ada beberapa komponen yang bisa kalian gunakan ulang untuk ditanam di laptop lain atau digunakan untuk kebutuhan eksternal. Komponen-komponen tersebut adalah, ram, harddisk, keyboard, dvd, wireless card, dan komponen-komponen lainnya yang biasanya dapat dilepas(tidak onboard).


Nah, kompon-komponen tersebut harus kalian coba dulu sob, karena siapa tahu komponen-komponen tersebut masih bisa berfungsi dan dapat digunakan untuk laptop-laptop lainnya. Dan kalo kalian nggak bisa test komponen-komponen tesebut sendirian, saya sarankan untuk diperiksa oleh mas-mas reparasi komputer saja, biasanya gratis kok, klo cuma ngetes. Hehehe...


Cara Memanfaatkan Harddisk Laptop Rusak

Di artikel kali ini saya tidak akan membahas komponen-komponen lain selain harddisk, jadi klo kalian mengharapkan pembahasan ram, atau komponen lainnya  jangan diskip ya, dibaca aja sampai bawah, terus kasih komentar dan share ya 😃. Sebelum masuk ke pembahasan inti, kalian harus memastikan bahwa harddisk kalian tidak rusak ya.


Menjadikan Harddisk Laptop Rusak Sebagai Harddisk Eksternal

Harddisk bekas laptop rusak kalian bisa kalian jadikan harddisk eksternal sob, kalian tinggal beli enclosure atau casing harddisknya saja. Kalian bisa membeli casing harddisk di toko-toko online seperti shopee, bukalapak, atau tokopedia. Harganya bervariatif mulai dari 70.000-an sampe ratusan ribu. Pilihannya juga banyak kok ada yang dari plastik bening, plastik berwarna atau dari metal.

Kalian juga harus pastikan ya sob ukuran enclosure atau casing harddisk untuk ukuran 2,5 mm ya. Karena klo kalian beli yang ukuran 3,5mm itu harddisknya buat pc. Selain ukuran, kalian juga harus beli yang versi usb 3.0 biar transfer datanya makin kenceng. 

Jadi kalo kalian punya harddisk bekas, bisa kalian pakein baju sob biar bisa dibawak kemana-mana.Jadi klo ukuran flashdisk kalian kurang nih, ada harddisk untuk nyimpen data-data yang lebih besar lagi.

sahretech
contoh hdd enclosure/casing hdd




Tenang aja sob, cara pasangnya gampang. Kalian nggak perlu punya keahlian khusus dan tidak perlu alat-alat khusus untuk membongkar harddisknya. Karena casing ini hanya berupa wadah, agar si harddisk bisa digunakan secara portable dengan menggunakan interface usb. Inget ya sob, kalian tinggal cari kata kuncinya "casing harddisk" atau "enclosure harddisk" atau yang berbau-bau itulah.

sahretech
Casing hdd merk orico




Menjadikan Harddisk Laptop Rusak Sebagai Secondary Harddisk Laptop Lain

Nah cara yang kedua sob, klo kalian merasa penyimpanan ssd laptop kalian penuh dan ada slot harddisknya, kalian bisa menggunakan harddisk bekas ini sob sebagai secondary harddisk. Cara pasangnya mudah kok, biasanya di laptop-laptop yang masih menyediakan slot sata, kalian tidak perlu membongkar habis si laptop, tinggal buka bagian tertentu dan langsung bisa diisi dengan harddisk lain. Contohnya kayak gambar di bawah ini sob

sumber: id.quora.com





Pilihan lain jika laptop kalian tidak menyediakan slot harddisk atau slot harddisk sudah dipake buat ssd. Kalian bisa mengganti Dvd RW dengan harddisk laptop loh. Caranya kalian tinggal beli "Hdd Caddy" aja sob di toko-toko online, harganya juga murah, sekitar 50.000 aja. Gambarnya kayak yang dibawah ini ya.

sahretech
contoh pasang hdd caddy




Gimana keren kan?, kalo laptop-laptop tahun 2015-san biasanya masih ada 3 slot penyimpanan, kayak laptop ane gan. Ada slot harddisk, slot ssd, dan ada slot Dvd RWnya. Itu bisa kita sulap jadi slot memory semua loh sob, keren kan.

Sekian artikel tentan "Jangan Buang Laptop Bekasmu, Berikut Cara Memanfaatkan Harddisk Bekas Laptop Rusak", Semoga artikel singkat ini bermanfaat, dan jika ada yang ingin didiskusikan silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah ini ya sob. Sampai jumpa di artikel keren lainnya 😃



No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik