Download Aplikasi Jadwal Pelajaran Anti Bentrok dengan Php dan Mysql

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi source code aplikasi penjadwalan, cara menggunakannya, dan sedikit cara untuk membuatnya. Aplikasi ini dibangun menggunakan php dan mysql dan gratis untuk diunduh.


Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman php dan DBMS mysql. Aplikasi ini bisa langsung digunakan untuk membuat real jadwal. Tapi aplikasi ini penuh dengan kekurangan, jadi bisa kalian improvisasi lagi untuk memperbaiki fungsi, tambahan fitur, dan tampilan. Hal yang paling penting pada aplikasi ini adalah penyusunan jadwal pelajaran dimana logikanya sangat dicari, khususnya bagi anak-anak tugas akhir atau skripsi. Klik tombol download berikut ini untuk mengunduh aplikasi




Fitur Aplikasi

  1. Aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman php dan DBMS Mysql, dan untuk mempercantik tampilan menggunakan bootstrap. Support php versi 5+, tapi disarankan untuk menggunakan php versi 7.
  2. Dibangun dengan konsep struktural, mudah dipahami dan diterapkan untuk aplikasi php lainnya.
  3. data semester, data guru, data jam pelajaran, data mata pelajaran, data kelas, dan data jadwal


Preview Aplikasi

aplikasi jadwal sahretech
Tampilan halaman semester



aplikasi jadwal sahretech
Tampilan halaman jam pelajaran



aplikasi jadwal sahretech
Tampilan halaman pelajaran



aplikasi jadwal sahretech
Tampilan halaman jadwal pelajaran



Cara Install Aplikasi

  1. Download xampp di link berikut ini https://www.apachefriends.org/download.html. Lalu lakukan instalasi seperti biasa
  2. Download aplikasi jadwal pelajaran di link berikut ini https://drive.google.com/file/d/1b0b3dztZ-Drda1gs_sh4drUy39OMqLhf/view?usp=sharing
  3. Ekstrak dan pindahkan folder ke dalam folder xampp/htdocs
  4. Buka xampp control panel, lalu start apache dan mysql
  5. Buka phpmyadmin, caranya buka browser lalu ketik alamat url berikut ini http://localhost/phpmyadmin
  6. Masih di phpmyadmin, buat sebuah database baru dengan nama jadwal. Caranya pada menu databases silahkan masukan jadwal lalu create
  7. Masih di phpmyadmin, import file jadwal.sql yang berada di dalam folder aplikasi yang telah didownload sebelumnya. Caranya masuk ke database jadwal, lalu klik tab import lalu choose file file berekstensi jadwal.sql yang ada di folder downloadan lalu klik go.
  8. Buka tab baru di dalam browser, lalu ketika alamat url berikut ini http://localhost/apk_jadwal. Aplikasi siap digunakan.



Cara Menggunakan Aplikasi

  1. Masuk ke menu semester lalu tambahkan semester, jangan lupa aktifkan semester dengan cara mengklik tombol gembok.
  2. Masuk ke menu guru lalu tambahkan beberapa guru
  3. Masuk ke menu jam pelajaran lalu tambahkan jam pelajaran, masukkan jam ke, mulai dan akhir jam tersebut.
  4. Masuk ke menu mata pelajaran lalut tambahkan beberapa mata pelajaran.
  5. Masuk ke menu kelas lalu tambahkan kelas, isi nama kelas dan semester kelas. Kelas akan dimunculkan berdasarkan semester aktif saat pengisian jadwal. Sehingga jadwal kelas semester genap dan ganjil dapat berbeda.
  6. Masuk ke menu jadwal lalu klik tombol detail. Isi data mata pelajaran dan guru. Jika daftar kelas tidak muncul maka aktifkan terlebih dahulu semester di menu semester.

Logika dan Cara Membuat Aplikasi

Untuk membuat sebuah jadwal kalian harus memilki beberapa data seperti: data guru, data jam, data pelajaran, data kelas dan data semester. Mungkin bisa menambahkan data-data lainnya. Tapi yang jelas untuk membuat aplikasi jadwal harus ada data-data di atas.

CRUD guru, jam, pelajaran dan kelas tidak saya jelaskan disini. Karena prosesnya hanya CRUD biasanya. Bahkan untuk membuat percobaan, jadwal dengan data dummy juga bisa dilakukan. Jika ini pertama kalinya kalian belajar php, saya sudah membuat artikel tentang CRUD php di tautan berikut ini
Perhatikan gambar preview jadwal pelajaran di atas. Penjelasan logika untuk membuat jadwal sebagai berikut:
  1. Siapkan data semester, data pelajaran, data guru, data jam pelajaran, dan data kelas
  2. Input mata pelajaran sesuai dengan hari, jam, dan kelas yang dipilih. Tidak ada pencegahan untuk mata pelajaran yang sama di hari dan jam yang sama pada kelas yang berbeda. Mata pelajaran yang sama tidak dihitung bentrok.
  3. Tidak boleh memilih guru sebelum memilih pelajaran terlebih dahulu. Jika tidak sengaja memilih guru maka akan muncul pesan notifikasi isi pelajaran terlebih dahulu.
  4. Input mata pelajaran dan guru dibuat menjadi satu tabel. Dimana input data pelajaran adalah new record(data baru) dan input data guru adalah edit record(edit data yang sudah ada).
  5. Saat input guru, edit proses dilakukan. Dimana form akan mengambil data kelas, jam, hari dan semester aktif lalu dilakukan pemeriksaan apakah guru tersebut sudah terdaftar di hari, jam, dan semester yang sama. Jika sudah ada maka input guru gagal dan muncul notifikasi guru sudah mengisi di kelas tertentu.

Adapun logika pemrogramannya sebagai berikut. Untuk detailnya bisa kalian lihat pada file detail_jadwal.php


#set variabel id_jadwal, id_guru, id_kelas, id_jam, id_pelajaran, hari if(id_guru kosong){ if(mata pelajaran sudah ada){ #tambah mata pelajaran }else(mata pelajaran tidak ada){ #edit mata pelajaran }else(id_guru ada){ if(id_jadwal belum ada){ #kembali ke halaman sebelumnya, dan tampilkan notif isi pelajaran terlebih dahulu }else(id_jadwal sudah ada){ if(guru sudah ada di jam + hari yang sama){ #kembali ke halaman sebelumnya, dan tampilkan notif guru sudah mengisi di kelas lain }else(guru belum ada di jam + hari yang sama){ #tambah data dan kembali ke halaman sebelumnya } } }

Logika menampilkan data berbeda dengan logika input data jadwal pelajaran. Untuk menampilkan data kita hanya perlu memanfaatkan data lalu mengolahnya agar dapat ditampilkan. Tapi tidak hanya menampilkan, kita juga perlu mengirim data setiap ada perubahan pada form select. Untuk scriptnya bisa kalian lihat pada file detail_jadwal.php

Looping terjadi pada bagian row ke-2. Dimana kita melooping data jam dan hari. Tiap jam dan hari memiliki sub looping di dalamnya yaitu data mata pelajaran dan guru yang mengajar. Logikanya, tampilkan mata pelajaran dan guru sesuai jam + hari + kelas. id kelas kita dapatkan saat menekan tombol detail, jam kita dapatkan dari row ke..n, sesuai posisinya. dan hari kita dapatkan dengan melooping jumlah hari.




Sekian tutorial kali ini, semoga membantu dan bisa jadi referensi belajar pemrograman dengan bahasan dan logika yang berbeda. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama.


4 comments:

  1. Replies
    1. iya mas sama-sama. bisa coba liat artikel yang lain hehe...

      Delete
  2. bang mau nanya
    code sourcenya sangat berguna untuk tugas akhir saya. kalau untuk menambah kode harus memakai bootstrap kah? karena saya penjadwalannya menggunakan metode algoritma genetika

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung. bootstrap hanya untuk tampilan mas, tidak menggunakan bootstrap aplikasinya tetap jalan. tapi tampilannya akan sangat-sangat berantakan

      Delete

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik