Cara Merubah Localhost Xampp Menjadi Domain Sendiri

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial cara merubah localhost pada xampp menjadi alamat domain sendiri, sesuai yang kalian inginkan. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Xampp adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat server local yang dapat berdiri sendiri dan mendukung banyak sistem operasi.  Menggunakan apache server, bahasa php, dan DBMS mysql, sehingga pengguna tidak perlu menginstall aplikasi yang diperlukan satu persatu. Aplikasi ini sangat populer di kalangan web developer dan sangat mudah digunakan.

untuk mengakses alamat server local, kalian tinggal menggunakan http://localhost maka halaman dashboard xampp akan muncul. Tapi banyak orang bertanya-tanya, gimana sih caranya merubah localhost menjadi domain yang diinginkan?. Caranya mudah guys, kalian hanya perlu merubah beberapa setting yang ada di system windows, dan apache servernya.

Baca juga artikel: Cara Mengakses Localhost Komputer dengan menggunakan Smartphone


Cara Merubah Localhost Xampp Menjadi Domain Sendiri.

1. Buka C:\Windows\System32\drivers\etc lalu buka file hosts
2. Tambahkan domain baru. Contoh domain: privateserver.com atau kalian perhatikan gambar di bawah ini
Note: Biasanya file akan menolak untuk disimpan. Solusinya save as file di tempat lain lalu replace folder etc dengan file hosts yang kalian simpan

sahretech



3. Buka C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-vhosts.conf lalu tambahkan scipt di bawah ini di bagian paling bawah.



<VirtualHost *:80> ServerAdmin admin@privateserver.com DocumentRoot "C:\xampp\htdocs\privateserver" ServerName privateserver.com ServerAlias privateserver.com ErrorLog logs/privateserver.com.log CustomLog logs/privateserver.com.log combined <Directory "C:\xampp\htdocs\privateserver"> Options Indexes FollowSymLinks Includes ExecCGI AllowOverride All Order allow,deny Allow from all Require all granted </Directory> </VirtualHost>

Jika kalian perhatikan, script di atas dengan bagian script yang ada di dalam file httpd-vshosts.conf sama persis. Kalian tinggal menghapus tanda # yang ada di depan baris, untuk mengaktifkan data domain baru. Tapi pada contoh kali ini agar tidak pusing, kalian copy saja script di atas dan langsung pastekan.

4. Terakhir, simpan dan restart apache kalian. Lalu testing dengan menjalankan privateserver.com. Kalian juga tetap bisa mengakses http://localhost. Hasilnya akan sama dengan domain baru yang kalian buat sebelumnya.

sahretech
Hasil akhir setelah dirubah




Sekian tutorial cara merubah localhost xampp menjadi domain sendiri. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini dan mari kita diskusikan bersama. Happy coding dan sampai jumpa di tutorial keren lainnya.

No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik