Cara Mengatasi Masalah Black Screen pada OBS Studio

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. OBS adalah kepanjangan dari open broadcaster software. Sebuah software screen recoreder dan streaming lintas platfrom yang open source dengan hasil yang memuaskan dan gratis. Tapi ternyata menggunakan OBS sering terkendala black screen atau capture layar tidak tampil, nah di tutorial kali ini saya akan berbagi tips kepada kalian bagaimana memperbaiki masalah black screen pada OBS. Ayo ikuti pembahasannnya berikut ini.



Sebelum kita masuk ke pembahasan inti, saya juga sudah membahas salah satu software gratis untuk screen capture yang hasilnya juga sangat baik, gratis dan tanpa watermark. Artikelnya dapat kalian baca di link berikut ini https://www.sahretech.com/2018/12/cara-mudah-merekam-layar-laptop-dan-pc.html


Salah satu masalah yang mungkin terjadi di laptop atau PC dengan Nvidia Geforce saat menggunakan aplikasi obs adalah layar hitam atau black screen pada display capturenya. Tampilan black screennya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

sahretech
Masalah black screen pada aplikasi OBS



Solusi Pertama, Setting Nvidia Control Panel

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengatur Nvidia laptop atau PC dengan menggunakan integrated graphics, cara ini sangat mudah dilakukan, syaratnya laptop atau PC kalian haru memiliki kartu grafis Nvidia Geforce. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Jika kalian sedang membuka aplikasi OBS silahkan tutup terlebih dahulu

2. Klik kanan pada layar desktop, lalu pilih Nvidia Control panel pada list yang muncul.

3. Setelah Nvidia Control Panel terbuka, selanjutnya pilih menu Manage 3D Settings dan pilih tab program setting

4. Pilih aplikasi OBS pada pilihan select a program to  customize

5. Pilih Integrated Graphics pada pilihan select the prefered graphics for this program

6. Terakhir, tekan tombol apply untuk menerapkan perubahan. Lalu buka kembali aplikasi OBS kalian, dan lihat hasilnya dengan menambahkan display capture pada resorce OBS.

sahretech
Seeting Nvidia Control Panel



Solusi Kedua, Lewat Windows Setting

Jika solusi pertama belum bisa memecahkan masalah black screen, coba untuk menerapkan tips kedua ini. Kita tidak lagi menggunakan pengaturan pada Nvidia Control Panel melainkan menggunakan pengaturan yang diberikan oleh Windows 10. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Pertama buka settings, kalian bisa dengan mudah menemukannnya dengan cara menggunakan pencarian dan mengetikkan kata kunci Settings
2. Pilih System lalu pilih Display
3. Scroll ke bawah sampai kalian menemukan Graphics Setting, lalu silahkan diklik
4. Klik browser lalu pilih OBS executable. Untuk menemukannya, biasa file terletak di C:\Program Files\obs-studio\bin\64bit\obs64.exe
5. Klik option, lalu pilih power saving
6. Sampai tahap ini kalian bisa mencoba ulang OBSnya. Lakukan cara yang sama dengan tahap ke-6 pada solusi pertama untuk mengecek apakah setting OBS sudah berhasil diterapkan.

sahretech
Seeting OBS di windows





Saya pribadi lebih memilih solusi kedua, karena sudah terbukti bisa memecahkan masalah black screen pada aplikasi OBS saya. 

Sekian tutorial singkat cara mengatasi masalah black screen pada OBS Studio. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua, bila ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah ini. Sampai jumpa di artikel tutorial keren lainnya.

2 comments:

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik