Cara Membuat Fungsi Global atau Custom Helper di Laravel

Share:
sahretech

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Kali ini saya akan berbagi tutorial cara membuat fungsi global atau yang kita sebut dengan helper, dimana helper ini bisa dicustom dan digunakan di file mana saja, saat kita membutuhkannya. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini.


Meski laravel telah menyediakan banyak fungsi global yang bisa kalian gunakan, tapi tetap saja nantinya kita butuh untuk mengembangkan helper versi kita ktia sendiri. Hadirnya helper di laravel fungsinya sangat sederhana, dimana kita tidak perlu mengulang codingan yang sama di setiap halaman yang membutuhkannya, jadi tinggal buat fungsinya sekali di helper lalu kalian bebas menggunakannya dimana saja.


Kalian bisa membuka link berikut ini untuk melihat semua helper yang sudah disediakan oleh laravel di versi 7 https://laravel.com/docs/7.x/helpers, untuk melihat helper dari versi laravel lainnya, tinggal kalian sesuaikan versi laravelna saja.


Membuat Custom Helper

Setelah sedikit membahas apa itu helper, saatnya kita membuat helper milik kita sendiri. Pada contoh di bawah ini saya akan menggunakan laravel versi 7, tapi jika kalian punya versi laravel di bawah itu tidak menjadi masalah.

1. Buat sebuah folder baru dengan nama Helper di dalam folder app. Kemudian buatlah sebuah file baru dengan nama helpers.php di dalam folder Helper.

sahretech
Folder Laravel




2. Nah, sekarang kalian bebas membuat fungsi miliki kalian sendiri, untuk contoh kali ini saya akan membuat sebuah fungsi format rupiah. Dimana setiap angka yang dipasangi fungsi ini dan memiliki angka lebih dari tiga akan langsung di format menjadi rupiah.
Copy script di bawah ini dan pastekan di dalam file helpers.php



<?php function rupiah($angka){ $hasil_rupiah = "Rp " . number_format($angka,2,',','.'); echo $hasil_rupiah; }


3. Selanjuntya kita perlu mendaftarkan helper yang kita buat sebelumnya di composer.json agar fungsi berjalan dan tidak menghasilkan error. Buka file composer.json lalu tambahkan script berikut di bagian autoload

sahretech
Edit file composer.json




4. Langkah terakhir sebelum kita bisa menggunakan custom helper yang kita buat adalah menjalankan perintah composer dump-autoload pada terminal . Jalankan perintah composer dump-autoload seperti gambar di bawah ini.

sahretech
Menjalankan composer dump-autoload






5. Selanjutnya kita masuk ke tahap percobaan. Disini saya akan mencobanya di file blade. Bukalah file blade apa saja yang ada lalu tambahkan script di bawah ini.

sahretech
Menambahakn custom helper




Terakhir, jalankan perintah php artisan serve buka browser kalian, lalu lihat hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini

sahretech
Hasil implementasi fungsi/helper custom




Bagaimana caranya mudah bukan?, sekian tutorial cara membuat fungsi global atau custom helper di laravel. Semoga bermanfaat bagi kalian semua, dan jika ada yang ingin didiskusikan bersama silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial pemrograman keren lainnya 😃

No comments

Jangan lupa kasih komentar ya!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik