Cara Membatasi Jumlah Pengguna di Router ZTE atau Router Indihome

Share:

Halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Penggunaan wifi di rumah atau di kantor pada zaman digital seperti saat ini adalah hal yang sangat penting, pasalnya banyak hal yang digunakan di rumah ataupun di kantor mulai dari mengerjakan tugas, streaming video atau hiburan, browsing internet, menggunakan perangkat IOT dan hal-hal lainnya.


User yang ikut menggunakan di jaringan atau router yang sama dengan kita juga ikut membebani kecepatan internet. Sehingga apapun yang diakses akan terasa lambat dan banyak hal menjadi tidak produktif. Kita juga sering kali tidak ikhlas bila di jaringan kita ada yang mengakses dan menggunakannya untuk hal-hal yang berat seperti streaming video atau mendowload file berukuran besar.

Hal seperti ini bisa kita atasi dengan membatasi jumlah user yang menggunakan jaringan kita. Bila hal ini dilakukan menggunakan jaringan smartphone tentu sangatlah mudah, karena kita tinggal menonaktifkan hotspotnya saja, lantas bagaimana kalo kasusnya menggunakan router, bagaimana cara kita membatasi jumlah user tersebut?


Cara Membatasi Jumlah Pengguna di Router ZTE atau Router Indihome

Sebagai bahan tutorial kali ini, saya akan menggunakan zte zxhn f609 atau router milik indihome. Tidak masalah menggunakan seri zte lainnya atau bahkan merk lainnya. Karena biasanya setting di router lain tidak jauh berbeda dengan router-router lainnya. Berikut cara membatasi jumlah user di router zte:

1. Pertama kalian akses alamat ip berikut ini http://198.162.1.1 di browser. alamat akses router ini biasa ada di bagian buku manual atau di bagian bawah router. Jika alamat di atas tidak dapat diakses kalian bisa mencoba untuk membuka cmd dan menjalankan perintah ipconfig untuk melihat default gatewaynya. Berikut ini adalah gambar login router zte zxhn f609.

router zte sahretech
Halaman login router




2. Lalu masukkan username dan password router kalian, jika kalian baru pertama kali mengaksesnya halaman login router silahkan masukkan "user" pada form input username dan passoword. Tapi jika masih gagal, coba untuk mengingat kembali username dan password yang telah diberikan oleh teknisi provider sebelumnya jika kalian sama sekali tidak mengubahnya.

Atau pilihan terakhir, kalian bisa mereset router ke pengaturan pabrik dengan menekan tombol reset yang ada di router zte tersebut. Lalu masuk kembali ke halaman login router dengan memasukkan "user" pada form username dan password.

Jika berhasil masuk maka tampilannya akan tampak seperti gambar di bawah ini. Dimana di tengah halaman berisi informasi tentang device yang digunakan, sedangkan di bilah sebelah kiri terdapat menu-menu setting dan informasi lainnya.

sahretech
Halaman dasboard router



3. Selanjutnya buka menu network → SSID Settings, lalu akan muncul beberapa pengaturan diantaranya jumlah setting user atau maximum client yang bisa kita setting untuk router tersebut. Untuk router zte zxhn ini memiliki kapasitas user sebanyak 32 device, artinya kalian tidak bisa mengatur lebih dari 32 device/user.

Masukkan jumlah maximum clients yang kalian inginkan. Lalu tekan tombol submit untuk mengkonfirmasi perubahan. Sampai tahap ini kalian telah berhasil mengatur jumlah user pada sebuah router.

sahretech
Setting Jumlah User



Untuk mengecek keberhasilan kalian, silahkan menghubungkan maximal user + 1 user untuk memastikan setting kalian berhasil.


Sekitan tutorial cara membatasi jumlah penggunan di router zte atau router indihome. Semoga artikel kali ini bermanfaat, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan tinggalkan komentar kalian di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial keren lainnya. 😁

No comments

Kalo baca, tolong kasih komentar dong!. Karena komentar kalian membantu kami menyediakan informasi yang lebih baik