Download Aplikasi Pantau Covid 19 Indonesia dan Tutorial Cara Mengambil Data Corona dengan CURL

Share:

Aplikasi Pantau Covid 19 Indonesia adalah aplikasi berbasis web yang dibuat sebagai media informasi penyampaian data terkait kasus covid 19 yang terjadi di Indonesia. Data meliputi seluruh kasus positif di Indonesia, kasus positif di tingkat provinsi, kasus sembuh, meninggal dan data pasien yang dirawat di rumah sakit.

Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan sangat mudah dihosting, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran khususnya bagi anak-anak informatika yang ingin belajar tentang pemrograman php dan integrasi sistem. Download aplikasi di link berikut ini.



Selain menggunakan bahasa php, aplikasi yang dibangun menggunakan template sb admin 2 yang telah menggunakan bootstrap 4 sehingga tampilannya dapat sesuai dengan ukuran perangkat apapun. Sedangkan data yang digunakan tidak bersumber dari database internal melaikan data api yang di dapat dari https://data.covid19.go.id/public/api/update.json dan https://data.covid19.go.id/public/api/prov.json sehingga data yang digunakan resmi dari pemerintah.



Preview Aplikasi

dashboard aplikasi corona sahretech
Halaman Dashboard


Halaman Rekap Harian Corona Sahretech
Halaman Rekap Harian


Data Corona Per-Provinsi
Halaman Data Per-Provinsi



Cara Menggunakan Aplikasi di Local

Sebelum menjalankan aplikasi ini di local, kalian perlu menyiapkan xampp terlebih dahulu. Jika sebelumnya kalian telah memiliki xampp yang telah terinstall, pastikan extensi CURL telah dihidupkan terlebih dahulu.

  1. Pertama unduh aplikasi di link berikut ini http://beteshis.com/3v1J
     letakkan aplikasi di dalam folder htdocs dan ekstrak aplikasi tersebut. 
  2. Jalankan xampp control panel, lalu hidupkan apache web service
  3. Buka browser lalu jalankan localhost/corona
  4. Meski dijalalankan lewat laptop atau pc local, kalian perlu menghidupkan jaringan internet untuk mengambil resource data dari internet.


Cara Mengambil Data Json Menggunakan CURL

Untuk akses data api yang saya pakai kalian bisa menuju ke link berikut ini :
data corona update tiap provinsi: https://data.covid19.go.id/public/api/prov.json

Jika diakses maka akan menampilkan data yang banyak sekali. Untuk membuat data-data tersebut lebih menarik dan mudah dibaca, kalian perlu membuat front-end aplikasinya. Disini saya akan menjelaskan cara pengambilan datanya dengan menggunakan CURL.

akses data json sahretech
Akses data json


Halaman index.php

Pertama buka file index.php terlebih dahulu. Di dalam file tersebut kalian akan menemukan include('data_update.php'). Artinya semua hal seperti: (fungsi, variabel, tag html, dll) yang ada di dalam file data_update.php dapat digunakan pada file yang menginclude-nya.

File tersebut berisi fungsi CURL untuk mengambil data dari api dan ditampilkan pada halaman index.php. Buka file data_update.php dan perhatikan isinya atau jika kalian tidak mendownload aplikasinya maka perthatikan script berikut ini.


<?php

  // cara menggunakan CURL untuk http request langkah-langkahnya:
  // 1. curl init
  // 2. curl setopt 
  // 3. curl exec
  // 4. curl close 
  // untuk caranya ikuti script di bawah ini 

  $curl = curl_init();
  curl_setopt($curl, CURLOPT_URL, "https://data.covid19.go.id/public/api/update.json");
  curl_setopt($curl, CURLOPT_RETURNTRANSFER, 1);
  $output = curl_exec($curl);
  curl_close($curl);

  $data = json_decode($output, true);
?>

Untuk melakukan http request atau pengambilan data dari internet ada 4 hal yang mesti digunakan seperti penejelasan script di atas, barulah kemudian datanya ditampung pada variabel $data untuk digunakan pada setiap file yang dinclude. Pada tutorial kali ini buatlah sebuah file baru dengan nama test.php lalu isi scriptnya seperti di bawah ini


<?php

// include file data_update.php untuk menggunakan variabel yang ada di dalamnya
include('data_update.php');


//tampilkan data-datanya di bawah ini

//masuk ke update, masuk ke total, lalu masuk ke jumlah positif untuk mendapatkan valuenya
echo $data['update']['total']['jumlah_positif'];

//jarak
echo "<br>";

//masuk ke update, masuk ke total, lalu masuk ke jumlah dirawat untuk mendapatkan valuenya
echo $data['update']['total']['jumlah_dirawat'];

//jarak
echo "<br>";

//masuk ke update, masuk ke total, lalu masuk ke jumlah sembuh untuk mendapatkan valuenya
echo $data['update']['total']['jumlah_sembuh'];

?>

Untuk mendapatkan value dari total positif, total dirawat, total sembuh kalian perlu mengakses datanya secara spesifik. Akses data-data tersebut disesuaikan dengan keynya masing-masing dan agar pembacaan data-data json menjadi lebih mudah kalian perlu melakukan instalasi json viewer di browser yang kalian gunakan. Lihat gambar berikut ini untuk menyesuaikan.


cara mengambil value data json sahretech
Cara mengambil value data json


Halaman rekapharian.php

Untuk memanipulasi data rekap harian sedikit berbeda dengan manipulasi data di atas. Karena data yang satu ini banyak, maka kita perlu melakukan looping(perulangan). CURL yang digunakan sama seperti sebelumnya jadi kita tinggal melooping data-datanya saja. Buat sebuah file baru dengan nama test2.php lalu isi scriptnya seperti di bawah ini.


<!-- buat tabel dengan garis tepi 1 -->
<table border=1>
    <tr>
        <th width="150px">Tanggal</th>
        <th>Meninggal</th>
        <th>Sembuh</th>
        <th>Positif</th>
        <th>Dirawat</th>
        <th>Positif Kumulatif</th>
        <th>Sembuh Kumulatif</th>
        <th>Meniggal Kumulatif</th>
        <th>Dirawat Kumulatif</th>
    </tr>
    <?php include('data_update.php'); ?>                            <!-- include data_update.php untuk menggunakan variabel di dalamnya  -->
    <?php foreach($data['update']['harian'] as $d){ ?>              <!-- karena datanya banyak maka kita lakukan pengungalangan dengan menggunakan foreach -->
    <tr>
        <td><?php echo $d['key_as_string'];?></td>                  <!-- tampilkan tanggal -->
        <td><?php echo $d['jumlah_meninggal']['value']; ?></td>     <!-- tampilkan jumlah meninggal -->
        <td><?php echo $d['jumlah_sembuh']['value']; ?></td>        <!-- tampilkan jumlah sembuh -->
        <td><?php echo $d['jumlah_positif']['value']; ?></td>       <!-- tampilkan jumlah positif -->
        <td><?php echo $d['jumlah_dirawat']['value']; ?></td>       <!-- tampilkan jumlah dirawat -->
        <td><?php echo $d['jumlah_positif_kum']['value']; ?></td>   <!-- tampilkan jumlah positif kumulatif dari hari-hari sebelumnya -->
        <td><?php echo $d['jumlah_sembuh_kum']['value']; ?></td>    <!-- tampilkan jumlah sembuh kumulatif dari hari-hari sebelumnya -->
        <td><?php echo $d['jumlah_meninggal_kum']['value']; ?></td> <!-- tampilkan jumlah meninggal kumulatif dari hari-hari sebelumnya -->
        <td><?php echo $d['jumlah_dirawat_kum']['value']; ?></td>   <!-- tampilkan jumlah dirawat kumulatif dari hari-hari sebelumnya -->
    </tr>
    <?php } ?>
</table>

Untuk melooping data kita gunakan foreach. Akses datanya masuk ke update > masuk ke harian lalu lakukan perulangan. Untuk mengakases datanya, sperti jumlah_meninggal: $d['jumlah_meninggal']['value']. Maka semua data jumlah meniggal akan diurutkan dari awal hingga data terakhir.

akses data array dengan foreach sahretech
Akses data array dengan foreach



Untuk mengasah kemampuan kalian dalam melakukan http request atau pengambilan data api kalian bisa baca artikelnya berikut ini https://www.sahretech.com/2019/12/study-case-membuat-website-berita.html. Artikel tersebut mengulas cara membuat aplikasi berita dengan bootstrap dan CURL.



Download Aplikasi Pantau Covid 19 Indonesia dan Tutorial Cara Mengambil Data Corona dengan CURL. Semoga bermanfaat bagi kalian semua, kurang lebihnya saya mohon maaf, dan apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar kalian di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial dan aplikasi menarik lainnya.:)


No comments