Cara Mudah Menghilangkan URL Public pada Laravel

Share:

Halo semua, kembali lagi di sahretech. Pada tutorial kali ini kita akan mengulas cara menghilangkan tulisan public pada url saat kita mengakses project laravel yang kita buat. Jika kalian sedang mencari solusi dari judul masalah di atas maka ini adalah artikel tutorial yang tepat buat kalian. Ayo ikuti tutorialnya berikut ini!.

Tulisan public pada url project terkadang membuat risih dan tidak terlihat profesional, disisi lain orang bisa menebak bahwa kita menggunakan framework laravel. Terlepas dari keamanan yang dipakai, orang yang sudah tahu laravel akan tahu juga struktur folder yang ada di dalamnya. 

Untuk lebih jelasnya, jika kalian upload project laravel tanpa membuang publicnya maka orang lain bisa mengakses folder-folder yang ada di luar public dengan cara membuang /public dan langsung mengarah ke folder lain seperti folder bootstrap, folder resources atau folder-folder lainnya.


Cara Menghilangkan URL Public pada Laravel 

Sebelum memulai, kalian perlu mempersiapkan folder project laravel dan xampp. Folder laravel yang kalian miliki harus berada di dalam htdocs ya, karena kali ini kita tidak akan menjalankan php artisan serve command. Perhatikan pula gambar di bawah ini!, gambar di bawah ini adalah gambar dari struktur root dari projek laravel kalian jika belum diutak-atik.

Isi root folder laravel sahretech
Isi root folder projek laravel



1. Buatlah sebuah folder baru di dalam root folder laravel kalian. Untuk penamaan folder bebas, tapi disini saya menggunakan nama laravel. Lalu copy semua isi folder project kecuali folder public ke dalam folder laravel yang telah kita buat sebelumya. Untuk contohnya dapat kalian lihat pada gambar di bawah ini.

Folder root laravel sahretech
Folder root laravel setelah folder dan file lainnya dipindahkan ke folder laravel


2. Buka folder public, lalu keluarkan file index.php dan .htaccess dari folder public. Sehingga susunan file yang ada di root project seperti gambar di bawah ini.

laravel sahretech
folder .htaccess dan index.php setelah dikeluarkan dari folder public


3. Buka file index.php yang telah kita keluarkan sebelumnya. Dan gantilah 2 baris yang ada di dalamnya seperti gambar berikut ini. Ingat!, samakan nama folder yang telah kita buat sebelumnya di tahap 1 pada path require dalam gambar di bawah ini.

Merubah path require pada index.php



4. Save!, lalu buka project kalian di browser dengan mengetikan localhost/nama_project. Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini. Jika terjadi kesalahan, coba perhatikan kembali instruksi setiap tahap yang telah saya berikan sebelumnya.

Pada gambar yang ada di bawah ini terlihat ada tulisan /latihan yang mendahului /laravel7, ini karena projek laravel7 saya berada di dalam folder latihan, hal ini tidak menjadi masalah yang penting kalian telah berhasil menghilangkan url publi yang ada sebelumnya.

Penampakan projek laravel setelah url public dihilangkan



5. Eits, belum selesai tahap 4 ada tahapan selanjutnya untuk menghidari error atau path tidak ditemukan saat menggunakan fungsi asset(  ). Solusinya kalian buka file helpers.php yang terletak di vendor\laravel\framework\src\illuminate\foundation\helpers.php. Kemudian cari function asset($path, $secure = null) dan tambahkan public/ pada isi fungsinya seperti gambar di bawah ini.

Menyesuaikan path fungsi asset()

6. Jalankan kembali project kalian, dan coba untuk menjalankan fungsi asset( ) pada file views yang ada, seperti import file css, dan js.

Sekian tutorial cara mudah menghilangkan URL public pada laravel. Semoga artikel kali ini dapat membantu kalian semua, kurang lebihnya saya mohon maaf dan apabila ada tulisan yang kurang dimengerti silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar di bawah ini. Selamat jumpa di tutorial keren lainnya. Happy Coding 😀

2 comments: