Cara Mengganti Template Blogger dengan Template Sendiri

Share:

Halo semua, kembali lagi di sahretech. Ketika kalian pertama kali membuat blog dengan platform blogger, blogger memberikan template bawaan, blogger juga telah menyediakan beberapa template custom yang bisa kita gunakan, tetapi masalahnya template-template yang disedikan oleh blogger tidak begitu menarik dan purpose penggunaannya pun terkadang tidak sesuai dengan niche blog yang kita miliki. 

Maka salah satu solusi agar blog yang kita punya terlihat lebih keren dan profesional adalah dengan menggunakan template yang telah kita download sendiri. Baiklah, pada tutorial kali ini saya akan membahas cara mengganti template blogger dengan template sendiri, ayo ikuti tutorialnya berikut ini!



Cara Mengganti Template Blogger dengan Template Sendiri

Pertama-tama sebelum kita masuk ke tutorial inti, kalian perlu menyiapkan tema blogger yang telah kalian miliki sebelumnya. Jika kalian belum memiliki tema custom yang akan dipasang, saya menyarankan kepada kalian untuk mendowloadnya di link berikut ini https://gooyaabitemplates.com.

Disana terdapat banyak sekali jenis tema yang bisa kita sesuaikan dengan niche blog yang kita miliki. Kalian bisa mencari tema sesuai dengan kategori style, feature, topics dan column. Jika kalian telah memilih salah satu tema yang ada, downloadlah tema tersebut!.

gooyabitemplate


1. Setelah kalian mendownload tema, ekstrak tema tersebut. Pada tema yang telah kalian ekstrak tadi terdapat beberapa folder dan file di dalamnya, kita hanya perlu menggunakan file berekstensi .xml nantinya simpan file ini untuk diupload pada blog nantinya. 

isi tema yang telah diekstrak

2.Selanjutnya masuk ke akun blogger kalian masing-masing. Lalu klik menu tema pada bilah menu yang terpadat di sebelah kiri. Lalu klik panah yang terdapat di sebelah "sesuaikan" dan pilih pulihkan.

Blogger


3. Setelah kalian memilih pulihkan, lalu klik "upload" pada popups dialog yang muncul, lalu cari hasil tema download-an yang kalian miliki sebelumnya, ingat!, yang perlu kita upload hanya file berekstensi .xml. Setelah ketemu, klik open dan tunggu beberapa saat sampai tema berhasil diterapkan.

Upload file tema


Setelah tema berhasil diterapkan, bukalah kembali blog yang kalian miliki. Tampilan berikut ini adalah contoh sebelum dan sesudah tema dipasang. Jika kalian melihat tampilan blog kalian berubah, artinya tahap pemasangan tema berhasil. 

Before upload tema 



After upload tema



Selanjuntya kita akan menemukan beberapa tampilan yang mungkin tidak rapih atau tidak sesuai dengan tema yang kita lihat sebelumnya, itu adalah hal wajar, oleh karena itu kita perlu memperbaikinya dengan membaca documentation yang telah diberikan oleh pembuat tema di dalam folder tema yang telah kita ekstrak sebelumnya.

Setiap tema memiliki documentation-nya masing-masing. Untuk itu, setiap tema harus memiliki dokumentasi agar pengguna lainnya dapat mengkustomisasi sendiri tema yang telah mereka dowload tanpa harus memiliki kemampuan coding.

Sekian tutorial cara mengganti template blogger dengan template sendiri. Semoga bermanfaat bagi kalian semua, kurang lebihnya saya mohon maaf dan apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial keren lainnya 😀

No comments