Membuat Rest API dari CMS Wordpress

Share:

Membuat Rest API dari CMS Wordpress. Assalamualaikum, halo semuanya kembali lagi di sahretech, kali ini saya akan membahas hal yang tidak kalah seru, berkaitan dengan wordpress dan jalan untuk membuat aplikasi mobile kalian, tutorial apakah itu?. Yap, yaitu tutorial cara merubah data-data di dalam wordpress manjadi data json yang nantinya dapat diolah menjadi aplikasi lain.



Cara Membuat Rest API di Wordpress

Untuk masuk ke tutorial inti, kalian perlu memiliki sebuah wordpress aktif dan disarankan sudah online, artinya wordpressnya tidak di dalam PC atau laptop kalian ya. untuk versi wordpressnya bebas tapi diusahkan versi terbaru, kenapa hal ini ditanyakan, karena takutnya wordpress dengan versi lawas tidak support plugin yang akan kita gunakan.

1. Masuk ke akun wordpress kalian masing-masing.

2. Masuk ke manu plugin → tambah baru → ketik di pencarian,  Wordpress REST API (Version 2). Kemudian klik pasang sekarang, lalu aktifkan.

sahretech pasang plugin api di wordpress
Pasang Plugin Wordpress REST API


3. Sampai tahap ini kalian telah berhasil membuka data json dari wordpress kalian, untuk cara mencobanya kalian bisa menuliskan alamat url kalian/wp-json/wp/v2. Contohnya: http://mutiarasunnah.ponpes.id/wp-json/wp/v2. hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Tampilan data JSON
Tampilan data JSON


Tampilan halaman data JSON akan tampak tidak beraturan seperti gambar di atas, agar kalian lebih mudah memahaminya tambahkan ekstensi yang ada di chrome web store dan cari json reader. Setelah kalian install json reader tampilan data json kalian akan lebih rapih dan lebih mudah dibaca.

4. Ok saya tahu bahwa bukan data tersebut yang ingin kalian gunakan dalam pembuatan aplikasi mobile kalian, di atas hanya url dasar untuk mengakses data wordpress kalian, ada banyak url yang bisa kalian kunjungi untuk mendapatkan data-data lainnya sesuai dengan yang kalian inginkan. Untuk itu, coba kalian kunjungi dokumentasinya berikut ini https://developer.wordpress.org/rest-api/.

5. Jika kalian merasa dokumentasinya sulit dipahami, coba untuk langsung masuk ke halaman berikut ini https://developer.wordpress.org/rest-api/reference/.  Disana ada banyak referensi endpoint yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan 

dokumentasi plugin rest api sahretech

Nah, dengan begini kalian bisa membuat berbagai macam aplikasi mobile atau aplikasi- nya dengan menggunakan data mentah yang kalian ambil dari wordpress kalian masing-masing. Sebenarnya ada banyak plugin sejenis, tapi karena saya masih menggunakan yang ini dan tentunya ini adalah plugin salah satu rekomendasi penydia hosting, jadi saya pake deh.

Jika kalian baru pertama kali membuka data json api, kalian bisa membaca tutorial saya yang lain dimana tutorial tersebut mengajarkan bagaimana caranya mengolah data json api menjadi sebuah aplikasi yang menarik. Berikut ini contoh tutorialnya: https://www.sahretech.com/2019/12/study-case-membuat-website-berita.html

OK, sekian artikel Membuat Rest API dari CMS Wordpress, semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Jika ada pertanyaan dan saran silahkan tinggalkan pesan kalian di kolom komentar di bawah ini. Selamat jumpa di artikel tutorial dan pemrograman seru lainnya 😄


No comments