Cara Merubah Warna Sel pada Google Spreadsheet Secara Otomatis

Share:

Cara Merubah Warna Sel pada Google Spreadsheet Secara Otomatis. Assalamualaikum, halo semuanya kembali lagi di sahretech, Google spreadsheet adalah aplikasi lembar kerja layaknya aplikasi excel, memiliki fungsi, performatan dan banyak fitur lainnya. Pada kali ini saya akan membahas salah satu fitur yang sangat membantu para karyawan untuk memanipulasi data meraka agar lebih mudah, yaitu fitur performatan bersyarat. Bagaimana cara menggunakannya?, ikuti tutorialnya di bawah ini.



Sebelum kita masuk ke tutorial utama, hal yang perlu diingat adalah bahwa google spreadsheet memiliki fitur-fitur umum yang sama dengan micrososft excel, meski beberapa hal tidak dimiliki oleh excel ataupun google spreadsheet, jadi kalau kalian adalah pegguna excel atau sebaliknya, tutorial ini tidak menjadi masalah untuk diikuti, karena intinya tetap sama, ikuti saja dan cari persamaannya.


Cara Menggunakan Fitur Performatan Bersyarat di Google Spreadsheet

1. Masuk ke google spreadsheet kalian masing-masing, buat lembar kerja baru atau gunakan yang sudah ada
2. Klik menu format lalu klik format bersyarat, maka akan muncul sebuah kotak dialog baru di bilah sebelah kanan.
formatbersyarat gspreadsheet
Membuat Format Bersyarat di Google Spreadsheet

3. Pilih rentang yang ingin kalian warnai, atau jika ingin melakukan format lebih dari 1 sel kalian dapat memblok beberapa area sel yang ada. Lalu isi aturan format, disini saya memilih format teks jika teks berisi nilai 1, lalu pilih gaya performatan yang ingin kalian terapkan pada sel yang telah kalian pilih, kalian dapat merubah gaya teks, merubah font, merubah warna teks, atau merubah warna sel. Karena judul tutorial kita kali ini adalah format warna, maka kita akan pilih gaya sel dengan warna hijau lalu klik selesai
formatbersyarat pada google spreadsheet


4. Lakukan percobaan dengan mengisi salah satu sel yang telah kalian isi performatan bersyarat dengan angka 1, dan hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini. 


Ini adalah contoh dasar bagaimana cara menggunakan performatan bersyarat pada google spreadsheet, kalian bisa improvisasi lagi dengan menggabungkan fungsi-fungsi lain dan dengan contoh yang lebih variatif lagi.

Ok, sekian tutorial kali ini tentang Cara Merubah Warna Sel pada Google Spreadsheet Secara Otomatis. Semoga bermanfaat bagi yang membaca, jangan lupa tinggalkan komentar dan share artikel ini jika kalian suka. Sampai jumpa di tutorial menarik lainnya. 😄

No comments