Cara Merubah URL Blogspot dengan Domain Sendiri

Share:

Cara Merubah URL Blogspot dengan Domain Sendiri. Assalamualaikum, halo semuanya, kembali lagi di sahretech. Kali ini kita akan membahas tutorial seputar blog khususnya platform blogger, dalam pembahasan bagaimana cara merubah URL blogspot dengan custom domain sendiri biar blog kalian terlihat lebih kece dan profesional. Penasaran?, ayo ikuti tutorialnya berikut ini!


Apa itu TLD?

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti, mungkin saya akan sedikit menjelaskan apa itu TLD. yap TLD itu adalah singkatan dari top level domain. Eleman ini biasanya diletakkan setelah tanda titik atau dot terakhir pada domain bisa .com, .net, .edu, .org, dan lainnya, semisal google.com, youtube.com, atau blogspot.com. Semua contoh tersebut adalah contoh top level domain, dimana tidak ada pembatas diantara nama domain dan titik akhir. Top level domain inilah yang akan kita gunakan untuk merubah subdomain di blogspot.com pada artikel kali ini.


Cara Merubah URL Blogspot dengan TLD

1. Hal yang harus kalian persiapkan terlebih dahulu adalah mempersiapkan alamat domainnya. Kalian bisa membeli domain di idwebhost, domainesia, hostinger atau penyedia jasa domain lainnnya di google. Dalam tutorial ini saya menggunakan domain yang saya beli di idwebhost, jika kalian belum punya domain, kalian bisa membelinya di idwebhost agar tutorial ini mudah dimengerti, tapi jika kalian sudah memiliki domain di tempat lain tidak masalah, ikuti saja tutorial ini dan cari persamaannya, karena cara dan intinya tetap sama.

idwebhost
halaman idwebhost


Selain itu, pada tutorial kali ini saya menggunakan tampilan baru di blogspot. Jika kalian terbiasa menggunakan tampilan lama, coba untuk mengikuti tutorial ini sejenak, setelah domain custom kalian berhasil di terapkan kalian dapat mengembalikannya ke mode sebelumnya.

2. Ok selanjuntya, masuk ke blogspot kalian masing-masing, lalu pilih menu setelan, cari memublikasikan dan klik domain kustom, lalu isi nama domain yang telah kalian beli sebelumnya lalu klik simpan

setting url 1-sahretech


3. Akan muncul error dengan tulisan berwarna merah, tapi jangan khawatir error tersebut terjadi karena domain custom kalian belum terhubung dengan hosting domain kalian. Lalu ada nama dan tujuan yang perlu kalian copy itu adalah CNAME yang akan didaftarkan di menu DNS penyedia layanan hosting kalian, lihat gambar berikut ini untuk melihat detail tulisan yang dicopy.

CNAME-sahretech
Copy CNAME dari Blogger 


Setiap penyedia layanan hosting memiliki tampilan dan menu-menu yang berbeda tapi intinya sama. Kalian perlu memasukkan teks yang dicopy sebelumnya ke dalam daftar DNS baru di hosting yang kalian beli, ikuti persamaannya pada tahap 4 berikut ini.

4. Masuk ke hosting kalian masing-masing, cari dan pilih menu domain, pilih domain yang telah kalian daftarkan sebelumnya lalu pilih lagi menu kelola DNS, lalu pastekan teks yang kalian copy tadi ke dalam daftar DNS seperti gambar di bawah ini.

setting DNS di penyedia layanan domain
Setting DNS di layanan penyedia domain


5. Setelah seluruh tahapan pada tutorial ini selesai dikerjakan, selanjutnya tunggu proses propagansi dns 6 hingga 8 jam kedapan. Jika ada kendala, kalian bisa menghubungi customer support layanan hosting kalian, mereka akan senang hati membantu 24 jam setiap hari 😄

Ok, sekian tutorial Cara Merubah URL Blogspot dengan Domain Sendiri. Semoga dapat membantu kalian semua, kurang lebihnya saya mohon maaf, apabila ada yang masih bingung dengan cara di atas, silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial komputer keren lainnya. 😄


No comments