3 Alasan Kenapa Kamu Harus Menulis Artikel di Internet

Share:
3 Alasan Kenapa Kamu Harus Menulis Artikel di Internet. Halo semuanya kembali lagi di sahretech, pembahasan kali ini cukup berbeda dengan pembahasan-pembahasan sebelumnya, jika kalian awalnya tidak tertarik menulis artikel di internet coba untuk mampir di artikel ini dan baca sampai habis pembahasannya. 3 alasan ini memang alasan yang saya simpulkan sendiri, tapi 3 alasan ini akan sangat penting untuk karir dan masa depan kalian, mau tau apa 3 alasan tersebut?. Baca artikel selengkapnya di bawah ini.

Menulis sudah menjadi kebiasaan orang-orang hebat dari zaman dahulu, mereka membuat buku tidak hanya untuk menyalurkan ilmu yang mereka miliki, tapi juga agar mereka selalu diingat sejarah, karena dengan menulis kamu tidak akan dilupakan sejarah, bukumu akan selalu dibaca oleh generasi setelahmu. Seperti kutipan berikut ini :

Orang boleh pandai setinggi langit. Tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan sejarah. -Pramoedya Ananta Toer

Dengan semakin canggihnya teknologi, cara menulis pun bergeser. Awalnya manusia menulis di atas batu kemudian di atas kertas hingga akhirnya manusia dapat menulis secara digital menggunakan komputer. Meski rasanya tidak sama dengan menulis di atas kertas, tetap saja ini akan menjadi alasan kenapa kamu harus menulis. Intinya artikel ini membahas tentang: ngetik artikel di internet, jadi bukan buat tulisan tangan.


Dikenang Sejarah

Seperti yang sempat saya singgung di atas. Tulisanmu akan menjadi bacaan orang setelahmu. Tidak penting jika kamu adalah orang yang pintar tapi tidak pernah menulis. Karena nama bisa hilang dalam sejarah sedangkan tulisan tidak. Saya pikir ini juga berlaku untuk artikel yang ditulis di internet, kamu perlu membuat sebuah blog pribadimu sendiri, tulislah dengan tulisan yang baik, bermanfaat dan original tentunya, dan buatlah artikel di internet sebanyak-banyaknya maka orang-orang akan melihat tulisanmu dan mendapatkan manfaat darinya.



Meski tidak sama seperti menulis di atas kertas, tapi ini merupakan hal yang dapat kamu lakukan jika kamu merasa membuat buku membutuhkan waktu yang lama. Apalagi anak-anak digital zaman sekarang sangat senang menulis cerita, status, pengalaman, dan berbagai macam tulisan lainnya di internet. Daripada nulis yang nggak jelas, gimana kalo menulis artikel bermanfaat di blog pribadi kalian masing-masing?. Secara tidak langsung hal ini menjadi history internetmu, permanent untuk selamanya.

Portfolio

Banyak hal bisa kita jadikan portfolio, salah satunya blog. Buatlah blog yang menarik dengan tulisan yang baik dan bermanfaat, lalu lampirkan di CV kalian. Jika kalian rajin menulis dan banyak views ini menjadi nilai tambah bagi kalian untuk melamar kerja, kalian bisa buat di halaman portfolio dengan mendeskripsikan blog kalian semenarik mungkin.



Selain sosial media, perusahaan akan mencari tahu siapa kamu di internet. Jadi usahkan buatlah artikel yang bermanfaat, tidak mengandung ujaran kebencian, tidak mengandung kata-kata kasar, dan tidak mengandung hal-hal negatif lainnya.

Jika background kalian adalah IT dan kalian mengulas banyak hal tentang teknologi bisa jadi artikel yang kalian buat mencerminkan pengalaman dan skill kalian, sehingga mereka tertartik untuk mempekerjakan kalian. Intinya apapun latar belakang kalian, buatlah ekosistem blog kalian sebaik mungkin, karena orang bisa melihat siapa kalian dari tulisan yang kalian buat.

Cari Duit

Alasan terakhir adalah alasan yang paling rasional kenapa orang mau terus-terusan menulis termasuk saya. Saya awalnya tidak tertarik menulis artikel di internet sampai akhirnya saya tahu bahwa itu bisa menghasilkan. Jadi google adsense tidak hanya ada di youtube, tapi juga ada di blog dan aplikasi android. Persyaratan untuk menampilkan iklan google adsense di blog dengan di yotube sangat jauh berbeda. Menurut saya, syarat iklan di blog sangat mudah. 
  • Kita tidak perlu mengumpulkan subscriber
  • Menggunakan domain TLD, 
  • Buatlah 10 - 20 artikel
  • Jangan copas dan nulis asal-asalan di internet.
  • Views page kurang lebih 1000 perhari.
Mungkin berbeda dengan syarat yang diberikan google, tapi intinya syarat di atas bisa menjadi parameter untuk layak atau tidaknya blog kita menampilkan iklan di internet. Dan yang paling penting, syarat setiap waktu bisa berubah tergantung dengan kebijakan google.



So, bagaimana?. Apakah ada hal yang menarik bagi kalian untuk menulis di internet?. Seberapa pentingnya ada pada kalian masing-masing dan yang paling menarik adalah alasan terakhir. Itu adalah opsi yang keren untuk mencari uang di internet. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentar kalian di bawah ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya. :)

1 comment: