Cara Mendengarkan Video Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android

Share:
Cara Mendengarkan Video Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android. Halo, jumpa lagi di sahretech. Mungkin ada kalanya kalian ingin mendengarkan video youtube sambil memainkan aplikasi lainnya. Tapi sayangnya video youtube akan otomatis berhenti saat kita beralih ke aplikasi lain. Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan tips dan trick gimana sih caranya mendengarkan video youtube sambil buka aplikasi lain, penasaran?. Ikuti tipsnya berikut ini.

Kenapa Tidak Menggunakan Youtube Music?

Untuk saat ini "fitur aplikasi bisa dijalankan di belakang layar" hanya bisa dinikmati secara premium saja. Selain itu youtube music hanya untuk musik saja, youtube music tidak berisi berita, kajian atau selain konten musik untuk didengarkan. Karena sedikit terbatas, jadi kita perlu sedikit cara untuk membuatnya bekerja.

Setidaknya ada 3 cara yang bisa kita gunakan, 2 cara tersebut tanpa harus install aplikasi yang macam-macam dan untuk cara ketiga ada aplikasi yang bisa kita download di playstore,  Setiap cara memiliki kekurangannya masing-masing, kalian bebas pilih cara mana yang menurut kalian paling mudah digunakan. Berikut saya sampaikan ulasannya:


Cara Pertama: Menggunakan Split Screen

Bagi ponsel kalian yang sudah mendukung layar split, fitur ini bisa kalian gunakan untuk tetap menikmati suara video youtube sambil membuka aplikasi lain. Di ponsel xiaomi, kalian bisa seret aplikasi youtube ke bagian atas layar untuk mengaktifkan fitur split screen, maka otomatis ponsel akan membuat 2 layar untuk aplikasi yang berbeda. Sayangnya menggunakann mode ini memliliki beberapa kekurangan: Pertama, mode split screen hanya mendukung aplikasi tertentu, jadi tidak semua aplikasi bisa digunakan berbarengan dengan aplikasi youtube saat mode ini. Kedua, saat layar mati, video youtube juga otomatis mati. Contoh split screen dapat dilihat di bawah ini.

Layar dibelah menjadi 2 bagian,
layar atas untuk youtube dan layar bawah untuk whatsapp


Cara Kedua: Memainkan Youtube dari Chrome Browser

Cara praktis kedua kalian bisa menggunakan google chrome untuk tetap menikmati video-video tertentu. Buka google chrome > buka youtube.com > buka titik tiga di pojok kanan atas aplikasi > centang situs desktop. Keluar dari chrome, jika video mati tarik notifikasi di atas layar lalu klik play untuk memutarnya kembali.

Yang perlu diperhatikan dari cara ini adalah kalian harus mengubah tampilan youtube di chrome kalian ke tampilan desktop. Jika tidak, maka video otomatis mati dan tidak akan menampilkan notifikasi saat anda keluar dari aplikasi. Berbeda dengan cara sebelumnya, saat layar ponsel kalian mati suara video akan tetap diputar bahkan video akan terus berganti setiap video selesai diputar. Contoh menonton youtube dalam ukuran desktop.

youtube desktop mode -sahretech
Menjalankan youtube dalam ukuran desktop


Cara Ketiga: Menggunakan Aplikasi Playstore

Saat ini memang benar-benar belum ada aplikasi yang bisa memutar suara dari video youtube dan aplikasi tersebut dijalankan dibelakang layar. Kecuali youtube music. Meski belum ada kalian tetap bisa menggunakan beberapa aplikasi di playstore yang memanfaatkan layar pop-up saat memutar video. Di antara aplikasi yang bisa memunculkan layar pop-up saat memutar video adalah uc browser selain itu kalian bisa menggunakan youtube minimize, atau aplikasi pemutar music youtube yang bukan dari google seperti gambar aplikasi minimize for youtbe background music di bawah ini.

aplikasi pemutar video pop-up -sahretech
Aplikasi pemutar video pop-up


Saat layar pop-up dimunculkan, video bisa digeser kemanapun yang kita inginkan. Tapi layar pop-up tidak bisa dihilangkan, jika dihilangkan maka video juga otomatis mati. Walaupun begitu, kalian bisa mendapatkan suasana atau pengalaman baru dalam menggunakan smartphone


Nah, itulah 3 cara mendengarkan video youtube sambil buka aplikasi lain di android. Semoga tips singkat ini dapat membantu kalian semua. Lebih dan kurannya saya mohon maaf, kalo ada kritik dan saran atau sekirannya ada cara yang lebih mudah dan asik silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini. Karena setiap komentar kalian adalah motivasi bagi kami. Ok sekian dan sampai jumpa di artikel seru lainnya :)

No comments