Tips Cepat Membuat Daftar Pustaka dengan Google Scholer bagi Mahasiswa Akhir

Share:
Tips Cepat Membuat Daftar Pustaka dengan Google Scholer bagi Mahasiswa Akhir. Assalamualaikum, kembali lagi di sharetech, ok bagi kalian para pejuang skripsi atau LTA mimin mau kasih tips mudah membuat daftar pustaka dari google scholer tanpa ngetik tinggal copas aja. Mau tau caranya ikuti tutorialnya di bawah ini.





Cara Cepat Membuat Daftar Pustaka dengan Google Scholer

Google Scholer atau Google Cendekia adalah layanan milik google yang menyediakan banyak sekali referensi seperti jurnal, buku, dan tulisan ilmiah lainnya dalam bentuk text. Bagi mahasiswa, atau bagi para peneliti khususnya layanan ini sangat berguna untuk mendukung tulisan yang mereka buat. Tapi tahukah kamu bahwa ada cara cepat untuk membuat daftar pustaka tanpa harus diketik, lengkap, dan sesuai dengan standar yang berlaku ? caranya mudah sekali, berikut tutorialnya :
  • 1. Buka link berikut ini google scholer
  • 2. Lalu ketik kata atau referensi yang ingin dicari, anda juga akan diberikan rekomendasi pencarian terkait seperti gambar di bawah ini.
google cendekia pencarian - sahretech
Halaman Google Scholer / Google Cendekia

  • 3. pada bagian sidebar, anda bisa mencari referensi berdasarkan tahun, relevance, sesuai tanggal atau custom range yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.
  • 4. Untuk percobaan, kita pilih salah satu referensi yang muncul, lalu klik tanda kutip yang ada di bawah tulisan
google scholer atau google cendekia - sahretech
Google Scholer atau Google Cendekia

  • 5. maka, akan muncul sebuah pop-up yang menampilkan cite atau kutipan dalam berbagai standar, pilih standar APA, karena standar ini, adalah standar yang paling banyak digunakan. setelah semua tulisan terseleksi copy tulisan dengan menekan ctrl + c.  
dialog referensi kutipan - sahretech
Popup referensi kutipan

  • 6. Lalu pindahkan tulisan yang dicopy ke dalam micrososft word, klik ctrl + v untuk mempaste tulisan.

Sekian tips singkat, cara cepat membuat daftar pustaka dengan google scholer. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan, lebih dan kurangnya saya mohon maaf, bagi yang memiliki kritik dan saran silahkan untuk meninggalkan tulisan di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di tutorial berikutnya :)



No comments