Cara Menggunakan AutoCorrect di Ms. Word Untuk Memperbaiki kalimat yang sering Typo

Share:
Cara Menggunakan AutoCorrect di Ms. Word Untuk Memperbaiki kalimat yang sering Typo. Assalamualaikum, halo semuanya kembali lagi di sahretech. Bicara tentang fitur Ms. Word, ada hal menarik dan sangat membantu para penulis dalam membuat tulisan. Yaitu fitur autocorrect, Seperti apa fungsi dan cara menggunakannya, ikuti tutorialnya berikut ini !.


Autocorrect atau koreksi otomatis, adalah salah satu fitur yang ada di Ms. Word yang berfungsi untuk mereplace kata yang salah dengan kata yang benar. Selain itu fitur ini juga bisa kalian memanfaatkan untuk membuat autotext. Jadi, mungkin dalam pembuatan tulisan ada kalimat-kalimat panjang yang sering muncul, tapi kalian males ngetik, ya udah tinggal diset aja dengan fitur autocorrect ini.





Cara Menggunakan Fitur Autocorrect di Ms. Word

  • 1. Buka microsoft word -> pilih menu file -> pilih menu options
cara menggunakan autocorrect - sahretech
Cara Menggunakan Autocorrect 

  • 2. Pada jendela yang muncul pilih Proofing -> pilih autocorrect options
cara menggunakan autocorrect - sahretech
Cara Menggunakan Autocorrect

  • 3. Ketik kata yang sering salah pada kolom sebelah kiri dan kata yang benar di kolom sebelah kanan contoh: yuor menjadi your, apotik menjadi apotek, resiko menjadi risiko, antri menjadi antre dll. 
Cara Menggunakan Autocorrect
  • 4. Jika sudah klik add lalu klik ok, lalu coba kalian membuat sebuah kata typo yang sudah diset sebelumnya kemudian tekan spasi maka Ms. Word otomatis akan memperbaiki kata-kata tersebut.




Cara Menggunakan Fitur Autocorrect di Ms. Word Sebagai Autotext

Seperti yang sudah sempat saya singgung di atas, fitur autocorrect juga bisa kita gunakkan untuk membuat autotext, logika penggunaanya sama seperti cara sebelumnya, cukup menuliskan kata yang sudah diset, kemudian tekan spasi dan akan muncul kalimat panjang yang telah kita set sebelumnya. Contohnya seperti gambar di bawah ini :

menggunakan autocorrect untuk autotext


Meskipun fitur ini bukan ditujukan untuk hal tersebut, tapi tidak masalah yang penting tidak mengganggu performa penulisan. 

Lalu, bagaimana kalo text yang mau direplace adalah judul cover, daftar isi, atau kalimat-kalimat yang mengandung banyak style penulisan ?. jawabannya, tidak bisa, karena fitur ini hanya dibuat untuk mengoreksi kata yang salah menjadi kata yang benar. Untuk pertanyaan di atas, Ms. Word telah menyiapkan fitur QuicksParts untuk menyimpan kalimat-kalimat yang panjang dengan style. Untuk pembahsan bagaimana cara menggunakan quick parts bisa kalian cari di google.

Ok sekian tips & trick cara menggunakan autocorrect di Ms. Word untuk memperbaiki kalimat yang sering typo. Semoga dapat membantu, lebih dan kurangnya saya mohon maaf, apabila ada pertanyaan, kritik dan saran, silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya :)


No comments